eBiologi.com

Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan

Contoh ekosistem alami dan contoh ekosistem buatan adalah 2 hal yang sering ditanyakan oleh guru kita terkait dengan pembelajaran biologi pada bab ekosistem. Tak sedikit siswa yang masih bingung jika diberi pertanyaan ini. Mereka yang sudah mengerti pengertian ekosistem sekalipun, belum tentu bisa menjawab pertanyaan tentang contoh-contoh ekosistem tersebut. Nah, menyadari hal tersebut, pada kesempatan kali ini eBiologi.com akan membahas hal tersebut untuk kita pelajari bersama.

Contoh Ekosistem Alami

Contoh Ekosistem Alami
Berdasarkan pada pengertiannya, ekosistem alami dapat didefinisikan sebagai ekosistem yang terbentuk dengan sendirinya oleh proses alam yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Ekosistem alami terbagi ke dalam 2 macam, yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan. Berikut ini adalah contoh ekosistem alami dari 2 macam ekosistem tersebut:
  1. Ekosistem laut adalah contoh ekosistem alami yang didominasi oleh lingkungan perairan dengan kadar garam atau salinitas yang tinggi. Dua per tiga luas permukaan bumi terdiri dari ekosistem ini.
  2. Ekosistem hutan adalah contoh ekosistem alami yang didominasi oleh pepohonan besar dan keragaman organisme yang tinggi. Ada 2 jenis bioma yang terdapat dalam ekosistem hutan, yaitu bioma hutan hujan tropis dan bioma hutan gugur.
  3. Ekosistem sungai adalah contoh ekosistem alami yang didominasi oleh perairan tawar (berkadar garam rendah) yang terus mengalir. Ekosistem ini memiliki kekhasan berupa sedimentasi di setiap dasar substratnya.
  4. Ekosistem gunung adalah ekosistem yang terdapat di daerah jauh di atas permukaan laut. Ekosistem ini memiliki iklim yang dingin.
  5. Ekosistem air terjun adalah contoh ekosistem alami bersifat lotik yang mengalir dengan sangat deras karena berada pada permukaan dengan elevasi yang sangat curam.
  6. Ekosistem gua adalah contoh ekosistem alami yang terbentuk karena rongga dalam pertemuan lempeng batuan bumi. Ekosistem ini identik dengan tempat gelap dan didominasi oleh hewan nokturnal berupa reptil dan kelelawar.

Contoh Ekosistem Buatan

Ekosistem laut sebagai salah satu contoh ekosistem alami

Contoh Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang terbentuk bukan hanya karena kerja alam semata karena dipengaruhi oleh campur tangan manusia. Ekosistem ini memiliki cirikhas berupa keragaman mahluk hidup dan ekologisnya yang cenderung lebih rendah. Berikut ini adalah beberapa contoh ekosistem buatan tersebut:
  1. Ekosistem sawah adalah contoh ekosistem buatan yang sengaja dibangun oleh manusia sebagai tempat budidaya tanaman padi. Berbagai organisme penggangu tanaman seperti serangga dan gulma, serta organisme lain hidup di dalamnya dan melakukan interaksi satu sama lain.
  2. Ekosistem waduk adalah contoh ekosistem buatan yang sengaja dibangun oleh manusia sebagai sarana penampungan air dari ekosistem sungai. Waduk atau bendungan tergolong ekosistem air tawar dengan habitat lentik, karena airnya yang tidak mengalir.
  3. Ekosistem kebun binatang adalah contoh ekosistem yang sengaja dibuat sebagai sarana rekreasi dengan ciri khas berupa banyaknya hewan liar yang dikandangkan.
  4. Beberapa contoh ekosistem buatan yang lain misalnya ekosistem taman, ekosistem tanggul, dan ekosistem akuarium.

Contoh Ekosistem Buatan
Contoh ekosistem buatan: kebun kelapa sawit

Nah, itulah beberapa contoh ekosistem alami dan contoh ekosistem buatan yang mungkin bisa membantu kamu untuk lebih memahami tentang apa yang dimaksud dengan ekosistem. Semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Ekosistem Alami dan Contoh Ekosistem Buatan"