eBiologi.com

Ekosistem Darat : Ini 7 Bioma yang Paling Umum Ditemui

Di bumi ini, kita dapat menemukan bermacam ragam ekosistem. Keragaman ekosistem yang dapat kita temui tersebut terbentuk karena 2 faktor penyusun ekosistem yang juga beragam jenisnya, yaitu faktor biotik dan abiotik. Namun keragaman ekosistem yang ada di bumi ini, sebetulnya dapat kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu ekosistem darat (terestrial) dan ekosistem perairan (akuatik). Kita sendiri sebagai manusia, hidup dalam lingkup ekosistem darat. Oleh karena itu, mengenali beragam jenis ekosistem darat nampaknya cukup penting untuk kita lakukan. Apa saja sih ekosistem darat yang ada di bumi ini? Simak uraian yang eBiologi.com telah rangkum berikut.

Ekosistem Darat

Sesuai dengan namanya, ekosistem darat dapat diartikan sebagai ekosistem yang lingkungan fisiknya adalah berupa daratan. Adapun berdasarkan letak geografisnya, ekosistem darat sendiri dibedakan menjadi beberapa bioma, yaitu bioma gurun, bioma padang rumput, bioma hutan basah, bioma hutan gugur, bioma taiga, dan bioma tundra.

Ekosistem Darat

1. Bioma Gurun

Tak sedikit bioma gurun terdapat di beberapa daerah tropis. Bioma ini biasanya berbatasan langsung dengan bioma padang rumput. Ciri khas dari bioma gurun adalah curah hujannya yang rendah yaitu sekitar 25 cmHg/tahun, perbedaan suhu siang malam yang sangat timpang, serta tingkat kegersangan yang tinggi. Untuk diketahui bahwa suhu siang di bioma gurun bisa mencapai 45°C, sedangkan suhu malam bisa mencapai 0°C.

Ekosistem Darat
Contoh bioma gurun misalnya Gurun Sahara di Afrika

Kondisi komponen ekosistem abiotik yang sedemikian, membuat komponen biotik dari salah satu ekosistem darat ini sangat memprihatinkan. Di bioma gurun, sangat sedikit sekali tanaman semusim yang dapat hidup. Adapun tanaman tahunan yang dapat tumbuh disana umumnya beradaptasi dengan memperkecil luas penampang daunnya sehingga menyerupai duri. Selain itu, tumbuhan di sana juga akan memiliki semacam jaringan yang dapat menyimpan persediaan air. Contoh tumbuhan yang hidup dalam bioma gurun misalnya kaktus, sedangkan contoh hewannya antara lain pengerat, ular, katak, kadal, dan kalajengking.

2. Bioma Padang Rumput

Bioma padang rumput adah salah satu bioma dalam ekosistem darat yang umumnya berada di sekitar wilayah yang membentang antara daerah tropis dan subtropis. Ciri umum dari bioma satu ini adalah curah hujannya berkisar antara 25-35 cm pertahun dengan sebaran yang tidak teratur. Selain itu, daya serap air dan aliran air dalam bioma ini juga berlangsung sangat cepat. Beberapa tumbuhan yang mendominasi dalam bioma ini antara lain tumbuhan terna dan rerumputan. Sedangkan hewannya antara lain bison, singa, jerapah, serangga, tikus, ular, serigala, gajah, kangguru, dan lain sebagainya.

Ekosistem Darat Padang Rumput
Contoh bioma padang rumput di Nusa Tenggara Barat

3. Bioma Hutan Basah

Bioma hutan basah adalah bioma dalam ekosistem darat yang umum terdapat di daerah tropis dan daerah subtropis. Bioma ini memiliki ciri khusus yaitu tingkat curah hujannya tinggi, sekitar 200 – 225 cm per tahun.  Adapaun tumbuhan yang mendominasi adalah pohon-pohon tinggi utama (20 – 40 m) dengan cabang-cabang yang lebar dan daun lebat. Pohon-pohon ini membentuk semacam tudung (kanopi) sehingga daerah di bawahnya memiliki intensitas penyinaran cahaya matahari yang rendah. Kondisi inilah yang membuat bioma hutan basah umumnya punya tumbuhan khas, yang antara lain rotan dan anggrek, dan hewan khas yang antara lain kera, babi hutan, harimau, burung, badak, dan burung hantu.

Ekosistem Darat Hutan Basah Bioma
Contoh bioma hutan basah di Kalimantan

4. Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur adalah bioma dalam ekosistem darat yang umum terdapat di daerah beriklim sedang. Ciri-ciri umu bioma ini adalah curah hujannya yang merata sepanjang tahun. Bioma ini memiliki 4 musim dingin, semi, panas, dan gugur. Adapun jenis pohon yang ada tergolong sangat sedikit dan jarang, dengan hewan antara lain beruang, rubah, rusa, bajing, burung pelatuk, dan sebangsa luwak.

Bioma hutan gugur Ekosistem Darat
Contoh bioma hutan gugur di China

5. Bioma Taiga

Bioma taiga adalah bioma dalam ekosistem darat yang umum terdapat di belahan bumi utara di sekitar daerah pegunungan tropis. Ciri-ciri bioma ini adalah suhu di musim dingin yang sangat rendah. Adapun bioma taiga biasanya tersusun atas kehidupan biotik meliputi tumbuhan konifer, pinus, dan sejenisnya, sedangkan semak dan tumbuhan basah sangat jarang ditemukan. Beberapa hewan yang hidup dalam bioma ini antara lain beruang hitam, ajag, moose, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan saat musim gugur.

Bioma taiga gugur Ekosistem Darat
Contoh bioma taiga di Rusia

6. Bioma Tundra

Bioma tundra adalah bioma dalam ekosistem darat yang umum terdapat di belahan bumi utara di sekitar lingkaran kutub di puncak puncak gunung yang tinggi. Ciri umum dari bioma ini adalah suhu yang sangat dingin dengan tumbuhan yang hidup hanya bertahan selama 2 bulan. Adapun tumbuhan yang dominan dalam bioma ini misalnya sphagnum, tumbuhan biji semusim, lumut kerak, tumbuhan kayu yang pendek, dan rerumputan. Sedangkan hewan yang hidup adalah hewan dengan bulu tebal dan berdarah panas seperti beruang kutub, rusa kutub, dan serangga.

Bioma tundra gugur Ekosistem Darat
Contoh bioma tundra di Kanada

Nah, itulah 7 bioma dalam ekosistem darat yang ada di bumi ini. Jika ada pertanyaan seputar keseimbangan ekosistem darat, lebih lanjut kamu dapat menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Ekosistem Darat : Ini 7 Bioma yang Paling Umum Ditemui"