eBiologi.com

Satuan Kehidupan dalam Komponen Biotik Penyusun Ekosistem

Komponen penyusun ekosistem terdiri atas mahluk hidup (biotik) dan mahluk tak hidup (abiotik). Sebagai contoh, ekosistem sawah tersusun atas beragam jenis hewan dan tumbuhan. Mereka hidup bersama-sama dan melakukan hubungan timbal balik satu sama lain melalui suatu pola interaksi. Nah, pola interaksi ini bisa terjadi pada satuan kehidupan dalam ekosistem yang bermacam-macam, baik itu satuan individu, populasi, komunitas, ekosistem itu sendiri, bioma, dan biosfer.

1. Individu

Satuan Kehidupan dalam Komponen Biotik Penyusun Ekosistem
Pernahkah kamu melihat seekor kambing atau seekor angsa atau sebatang pohon kelapa? Seekor kambing atau seekor angsa dinamakan individu. Demikian pula dengan sebatang pohon kelapa. Individu adalah satuan makhluk hidup yang paling kecil, terdiri atas dirinya sendiri. Bahkan kamu sendiri juga termasuk satuan individu.  Nah, sekarang dapatkah kamu menyebutkan individu lainnya yang ada di sekitar tempat tinggalmu?

2. Populasi

Sekumpulan kambing di dalam kandang disebut dengan populasi kambing. Sekumpulan ikan lele di dalam kolam disebut dengan populasi ikan lele. Jika dalam kolam tersebut ditumbuhi juga dengan sekumpulan teratai, maka di dalam kolam itu juga terdapat populasi teratai.

Populasi ikan lele dalam ekosistem kolam

Populasi ikan lele dalam kolam

Kumpulan individu-individu yang sama membentuk populasi. Populasi adalah sekumpulan individu sejenis yang hidup di dalam suatu habitat tertentu. Dari contoh di atas, dapatkah kamu menyebutkan contoh populasi yang lain?
  1. Kepadatan populasi adalah jumlah atau besarnya populasi persatuan luas. Misalnya kepadatan populasi kelapa sawit adalah 142 pohon per hektar, atau kepadatan populasi ulat sutra adalah 20 ulat per m2.
  2. Perubahan populasi adalah perubahan jumlah satuan individu dalam populasi yang dalam satu satuan luas dan berlangsung selama jangka waktu tertentu.perubahan populasi dapat terjadi karena imigrasi dan emigrasi.
  • Imigrasi adalah pertambahan populasi yang disebabkan oleh adanya kelahiran (natalitas) dan pendatang dari tempat yang lain,
  • emigrasi adalah berkurangnya populasi yang disebabkan oleh adanya kematian (mortalitas) dan perginya individu ke tempat yang lain.

3. Komunitas

Perhatikanlah kolam ikan yang ada di rumah kamu! Di dalam kolam ikan tersebut, akan terdapat sekumpulan ikan lele, sekumpulan teratai, sekumpulan ganggang, dan sekumpulan kodok. Nah, sekumpulan populasi yang hidup di dalam air kolam ini disebut komunitas kolam.

Komunitas adalah sekumpulan bermacam populasi makhluk hidup yang tinggal dalam suatu habitat tertentu. Suatu komunitas disusun dari semua populasi yang hidup dan saling berinteraksi satu sama lain dalam suatu habitat dan waktu tertentu.

4. Ekosistem

Komunitas ikan lele selalu berhubungan dengan mahluk mati di dalam kolam yang meliputi air, tanah, udara, dan sinar matahari. Komunitas tidak bisa terlepas dari pengaruh lingkungan di sekitarnya. Antara komunitas dan lingkungan saling berinteraksi dan membentuk suatu sistem ekologi yang dikenal dengan istilah ekosistem.

Ekosistem adalah suatu kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi satu sama lain dan membentuk hubungan timbal balik yang berkelanjutan. Oleh karena itu, ekosistem disebut pula sebagai sistem lingkungan (sistem ekologi).

5. Bioma

Ekosistem memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ekosistem yang kecil akan membentuk ekosistem yang lebih besar. Seluruh ekosistem di muka bumi ini akan membentuk satu ekosistem yang lebih besar yang disebut bioma, contohnya bioma gurun.

6. Biosfer

Biosfer adalah bagian luar planet bumi yang mencakup daratan, udara, dan air, sebagai tempat kehidupan berlangsung. Dalam pengertian geofisiologi, biosfer dapat diartikan sebagai sistem ekologis global yang menyatukan semua makhluk hidup dan interaksinya antara satu sama lain atau interaksinya dengan lingkungannya. Biosfer dapat pula diartikan sebagai kumpulan bioma.

Nah, itulah penjelasan mengenai beberapa satuan kehidupan dalam komponen penyusun ekosistem. Untuk lebih jelasnya, silakan kamu lihat ilustrasi pada gambar piramida di atas ya!

0 Response to "Satuan Kehidupan dalam Komponen Biotik Penyusun Ekosistem"