eBiologi.com

14 Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya [+Gambar]

Dalam ilmu biologi, peran mikroskop kita sadari tentu sangat besar. Tanpa alat yang ditemukan oleh Zacharias Janssen pada tahun 1608 ini, penelitian-penelitian kehidupan renik atau bagian terkecil dari mahluk hidup tentu akan suli untuk dilakukan. Kendati demikian, kita tentu menyadari bahwa saat ini banyak dari kita yang tak tahu bagaimana cara menggunakan mikroskop. Jangankan untuk mengetahui cara menggunakan dan merawatnya, lha bagian bagian mikroskop dan fungsinya saja kadang kita tidak tahu.

Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya

Menyadari pentingnya keterampilan menggunakan mikroskop dalam pembelajaran ilmu biologi, tentu dirasa perlu bagi kita sebagai siswa-siswi sekolah untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan mikroskop dengan terlebih dahulu mengenali bagian bagian mikroskop dan fungsinya secara detail. Berikut ini silakan dipahami gambar mikroskop dan bagian-bagiannya.


  1. Lensa okuler adalah lensa yang letaknya dekat dengan mata observer. Lensa ini berfungsi untuk membentuk bayangan maya, tegak, diperbesar dari lensa objektif.
  2. Lensa objektif adalah lensa yang berada dekat dengan objek yang diamati. Lensa ini  berfungsi untuk membentuk bayangan nyata, terbalik, diperbesar. Pembesaran dari lensa objektif dapat diatur oleh bagian revolver yang ada pada mikroskop.
  3. Tabung mikroskop atau tubus adalah bagian mikroskop berbentuk tabung yang berfungsi mengatur fokus serta menghubungkan lensa okuler dengan lensa objektif.
  4. Makrometer atau pemutar kasaradalah bagian mikroskop yang berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan cepat.
  5. Mikrometer atau pemutar halus adalah bagian mikroskop yang berfungsi menaik-turunkan tabung mikroskop dengan lambat. Ukurannya umumnya lebih kecil dibanding makrometer.
  6. Revolver adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengatur perbesaran lensa objektif.
  7. Reflektor adalah bagian mikroskop yang berfungsi memantulkan cahaya dari cermin ke objek yang diamati melewati lubang yang ada di meja objek. Reflektor terdiri dari dua jenis cermin, yaitu cermin datar dan cermin cekung. Cermin datar digunakan saat cahaya yang dibutuhkan terpenuhi, sedangkan cermin cekung digunakan saat kondisi kurang cahaya. Cermin cekung berfungsi mengumpulkan cahaya.
  8. Diafragma adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk.
  9. Kondensor adalah bagian mikroskop yang berfungsi mengumpulkan cahaya. Alat ini bisa putar dan dinaik-turunkan.
  10. Meja kerja atau meja mikroskop adalah bagian mikroskop yang berfungsi untuk meletakkan objek yang diamati.
  11. Penjepit kaca berfungsi sebagai pelapis objek agar tidak bergeser-geser ketika diamati.
  12. Lengan mikroskop berfungsi sebagai pegangan pada mikroskop.
  13. Kaki mikroskop berfungsi penyangga atau penopang mikroskop.
  14. Sendi inklinasi atau pengatur sudut adalah alat atau bagian dari mikroskop yang berfungsi untuk mengatur sudut tegaknya mikroskop.

Nah, itulah ke-14 bagian bagian mikroskop dan fungsinya. Semoga bisa membantu tugas sekolah Anda. Tinggalkan komentar untuk perbaikan artikel bagian-bagian mikroskop dan fungsinya ini jika dirasa perlu. Salam.

1 Response to "14 Bagian Bagian Mikroskop dan Fungsinya [+Gambar]"