eBiologi.com

4 Sumber Penyebab Pencemaran Tanah

Di sekitar lingkungan kita, tentu ada banyak kegiatan yang menjadi penyebab pencemaran tanah. Saat kita membuang sampah misalnya, secara tidak langsung kita rupanya telah ikut andil dalam merusak ekosistem tanah melalui pemberian bahan-bahan pencemar yang sulit terdekomposisi ke tanah. Adapun sebagai khalifah di muka bumi, pencemaran tanah yang selama ini terjadi tentunya perlu mendapat perhatian serius. Melalui penanggulangan dan pengenalan apa saja penyebab pencemaran tanah kita dituntut untuk bisa menyediakan lingkungan hidup yang nyaman bagi generasi penerus kita di masa yang akan datang.

Penyebab Pencemaran Tanah

Seperti dijelaskan di atas bahwa penyebab pencemaran tanah sangat beragam jenisnya. Namun secara umum sumber penyebab-penyebab tersebut sejatinya dapat dikelompokan oleh beberapa hal berikut.

1. Limbah Padat dan Cair

Limbah padat dan cair adalah 2 penyebab pencemaran tanah yang paling utama. Limbah padat yang masuk ke dalam tanah akan membuat kerusakan ekosistem tanah dan mematikan banyak organisme. Terutama limbah padat anorganik yang sulit terdekomposisi, kita harus melakukan upaya-upaya pengolahan melalui daur ulang agar ia tidak dibuang begitu saja dan membuat tingkat kesuburan tanah menurun.

Limbah padat organik juga bukan berarti tak harus diperhatikan. Limbah semacam ini meski mudah terdekomposisi, bila dibiarkan juga akan menjadi salah satu penyebab pencemaran udara.

Sumber Penyebab Pencemaran Tanah
Limbah cair umumnya dihasilkan oleh industri. Salah satu karakteristik yang paling penting dari limbah cair adalah tingkat keasamannya yang tinggi. Limbah cair yang sangat asam bila langsung dibuang ke tanah tentu akan menjadi penyebab pencemaran tanah sehingga membuat banyak organisme tanah mati. Oleh karena itu, diperlukan teknologi semacam instalasi pengolahan limbah cair agar sebelum di buang, limbah tersebut tidak lagi membahayakan bagi kelangsungan ekosistem yang ada di tanah. Salah satu yang termasuk limbah cair ini misalnya air cucian baju kita, limbah cair tahu, dan limbah industri.

2. Pestisida dan Pupuk

Banyak petani di Indonesia yang menggunakan pupuk anorganik, pestisida, dan insektisida untuk meningkatkan hasil panen tanaman budidayanya supaya lebih tinggi. Di satu sisi, hal ini tentu bagus karena kita akan mendapatkan lebih banyak makanan, tetapi di sisi lain penggunaan bahan-bahan tersebut akan membuat tanah pertanian jadi tercemar residu atau sisa racun dan menjadi salah satu penyebab pencemaran tanah.

Penggunaan pupuk anorganik, pestisida, dan insektisida seringkali membuat banyak organisme tanah seperti serangga dan hewan kecil tewas, dan hewan yang lebih besar yang memakan hewan kecil (seperti dalam rantai makanan) juga dirugikan. Pada akhirnya, residu dan sisa racun tersebut tercuci oleh hujan dan dari waktu ke waktu, mereka akan berakhir badan air dan menyebabkan pencemaran air.

3. Bahan kimia

Industri kimia dan pembangkit listrik tenaga nuklir menghasilkan limbah yang harus disimpan di suatu tempat. Begitupun dengan produksi pupuk, insektisida, pestisida, dan farmasi yang juga menghasilkan banyak limbah padat maupun cair. Dalam beberapa kasus, limbah-limbah tersebut memang disimpan dan diolah dengan cara yang ramah lingkungan, tetapi pada beberapa kasus lain, industri membuang limbahnya secara langsung ke tanah di sekitar lingkungannya sehingga limbah-limbah tersebut menjadi penyebab pencemaran tanah.

4. Deforestasi

Manusia dan hewan sangat bergantung pada pohon dalam banyak hal. Seperti dijelaskan dalam daur oksigen, pohon menyerap karbondioksida dari udara dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk banyak kehidupan. Pohon menyediakan kayu untuk manusia dan habitat bagi banyak hewan tanah, seperti serangga dan burung. Pohon juga membantu mengisi tanah dan membantu mempertahankan nutrisi yang hanyut. Sayangnya, kita telah mengurangi jutaan pohon untuk keperluan kayu, konstruksi, pertanian dan pertambangan, dan tidak pernah menanam pohon baru kembali. Ini juga merupakan salah satu penyebab pencemaran tanah yang perlu diketahui. Penebangan pohon yang tanpa konservasi akan membuat kesuburan tanah menjadi rusak.

Nah, itulah keempat penyebab pencemaran tanah yang perlu kita hindari. Mengapa perlu dihindari? Karena pencemaran tanah akan menimbulkan banyak dampak negatif bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi. Apa saja dampaknya? Simak pada pembahasan di artikel selanjutnya.

0 Response to "4 Sumber Penyebab Pencemaran Tanah"