eBiologi.com

6 Polutan Gas Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah salah satu jenis pencemaran lingkungan yang memiliki dampak paling luar biasa bagi kelangsungan kehidupan manusia. Dibanding pencemaran air, tanah, atau pencemaran suara, pencemaran udara perlu mendapat prioritas utama dalam penanggulangannya karena ia bisa menimbulkan masalah yang lebih besar dalam jangka waktu singkat.

Polutan Penyebab Pencemaran Udara

Pencemaran udara terjadi karena adanya bahan pencemar (polutan) yang masuk ke dalam lingkungan udara (atmosfer). Bahan pencemar umumnya berbentuk gas yang mudah menyebar. Adapun beberapa gas paling berbahaya yang tergolong ke dalam jenis polutan penyebab pencemaran udara antara lain karbon monoksida, ozon, timbal, nitrogen dioksida, partikulat matter, dan sulfur dioksida.

1. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil dari kendaraan dan mesin. Polutan ini lebih mudah terikat oleh haemoglobin dibanding oksigen dan bisa memicu timbulnya penyakit jantung, mengakibatkan nyeri dada, dan gejala lainnya.

6 Polutan Gas Penyebab Pencemaran Udara

2. Ozon (O3)

Ozon terbentuk oleh reaksi kimia senyawa organik volatil (VOC) dan NOx dengan bantuan sinar matahari. Polutan ini dapat mengurangi fungsi paru-paru dan menyebabkan gejala pernapasan, seperti batuk dan sesak napas, serta memicu asma jika sampai terhirup oleh manusia.

3. Timbal (Pb)

Timbal umumnya berasal dari industri kilang logam, pembakaran bensin bertimbal di mesin pesawat, pembakaran limbah (sampah), dan manufaktur baterai. Polutan ini jika terhirup oleh manusia bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf, menurunkan IQ, menurunkan minat belajar, memori, dan perilaku negatif pada anak-anak, serta efek kardiovaskular dan ginjal pada orang dewasa.

4. Nitrogen Dioksida (NO2)

Nitrogen dioksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil seperti dalam kegiatan pembangkit listrik, boiler industri besar, kendaraan, dan pembakaran kayu. Polutan ini jika terhirup oleh manusia bisa mengakibatkan penyakit paru-paru dan gejala pernapasan, serta peningkatan kerentanan terhadap infeksi pernapasan.

5. Particulate Matter (PM)

Polutan partikulat matter terbentuk melalui reaksi kimia, pembakaran (misalnya, pembakaran batu bara, kayu, diesel), proses industri, dan pembakaran aspal. Dalam jangka pendek polutan ini dapat memperburuk kesehatan jantung atau paru-paru penyakit dan menyebabkan masalah pernapasan, sedangkan dalam jangka panjang dapat kematian dini.

6. Sulfur Dioksida (SO2)

Sulfur dioksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil (terutama batubara yang tinggi sulfur) pada instalasi pembangkit listrik dan kegiatan industri.  Sulfur dioksida juga bisa terbentuk dari proses alam seperti gunung berapi. Polutan ini jika terhirup oleh manusia akan menyebabkan asma dan membuat sulit bernapas.

Nah, itulah keenam polutan penyebab pencemaran udara yang paling berbahaya untuk kesehatan umat manusia. Semoga bisa membuat kita semakin sadar tentang pentingnya menjaga kelestarian udara kita.

0 Response to "6 Polutan Gas Penyebab Pencemaran Udara"