eBiologi.com

Penyebab Pencemaran Udara karena Aktivitas Manusia

Pencemaran udara dapat terjadi karena 2 penyebab, yaitu karena aktivitas manusia dan peristiwa alam. Peristiwa alam yang menjadi penyebab pencemaran udara misalnya kebakaran hutan, letusan gunung berapi, erosi angin, penyebaran serbuk sari, penguapan senyawa organik, atau peristiwa radioaktivitas alami. Kendati demikan, penyebab pencemaran udara yang terjadi karena peristiwa alam umumnya tidak terlalu sering terjadi dan dampaknya pun tidak terlalu membahayakan bagi kelangsungan hidup umat manusia. Lain halnya dengan penyebab pencemaran udara karena aktivitas manusia.

Penyebab Pencemaran Udara karena Aktivitas Manusia

Secara umum, sebetulnya penyebab pencemaran udara karena aktivitas manusia memiliki sangat banyak varian. Namun, ke semuanya itu telah eBiologi golongkan menjadi 3 hal, yaitu emisi dari kegiatan industri dan manufaktur, pembakaran bahan bakar fosil, serta karena aktivitas rumah tangga dan pertanian.

Penyebab Pencemaran Udara karena Aktivitas Manusia

1. Emisi dari Kegiatan Industri dan Manufaktur

Di daerah industri dan pabrikasi, kamu pasti akan banyak melihat cerobong asap yang didirikan tinggi menjulang tinggi ke arah ke langit. Cerobong-cerobong tersebut mengeluarkan banyak kepulan asap. Asap yang keluar ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara. Asap ini merupakan kumpulan banyak gas karbon monoksida, senyawa organik, dan senyawa kimia yang merusak kualitas lingkungan udara baik di sekitar tempat itu, maupun di kawasan global.

2. Membakar Bahan Bakar Fosil

Pasca era industri, transportasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Mobil dan truk berat, kereta api, kapal dan pesawat terbang semua membakar banyak bahan bakar fosil untuk bisa bergerak. Emisi dari mesin mobil mengandung polutan primer dan sekunder. Ini adalah penyebab utama pencemaran udara yang paling sulit untuk dikelola.

Asap dari knalpot kendaraan-kendaraan tersebut berisi gas polutan berbahaya seperti karbon monoksida, oksida nitrogen, hidrokarbon dan partikulat matter.  Ke semua gas polutan ini akan membuat masalah pernapasan bagi setiap organisme yang menghirupnya. Selain itu, jika mereka bereaksi dengan gas lain di lingkungan, mereka bisa menimbulkan efek lanjut yang lebih berbahaya bagi kelangsungan ekosistem, misalnya efek rumah kaca.

3. Rumah Tangga

Produk-produk rumah tangga seperti pengharum ruangan, pengusir nyamuk, hair spray, serta pendingin ruangan tanpa disadari ternyata juga ikut andil dalam terjadinya masalah pencemaran udara. Mereka mengeluarkan senyawa CFC atau Cloro Flouro Carbon yang jika terlepas ke udara dalam jangka waktu lama akan membuat kerusakan di lapisan ozon dan menyebabkan efek rumah kaca.

4. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan adalah penyebab pencemaran udara yang selama ini meresahkan banyak negara. Selain mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem, kebakaran hutan menyebabkan banyak senyawa berbahaya hasil pembakaran terlepas ke udara. Daerah hutan gambut di pulau Sumatera dan Kalimantan adalah beberapa daerah yang sangat rawan mengalami bencana ini.

Nah, itulah beberapa penyebab pencemaran udara yang selama ini dapat terjadi di sekitar lingkungan kita. Ketahui apa saja polutan yang menjadi penyebab pencemaran udara di artikel selanjutnya.

0 Response to "Penyebab Pencemaran Udara karena Aktivitas Manusia"