eBiologi.com

7 Fungsi Batang bagi Tumbuhan Lengkap dengan Gambar dan Contoh

Batang (caulis) adalah salah satu organ dasar tumbuhan berpembuluh yang menjadi tempat bertumpu dan tumbuhnya berbagai bagian tumbuhan lainnya. Batang bagi tumbuhan memiliki beragam fungsi. Fungsi batang bagi tumbuhan tersebut antara lain sebagai sarana pengangkutan, membantu efisiensi penangkapan cahaya matahari, tempat tumbuhnya organ generatif, membantu efisiensi penyerbukan dan penyebaran benih secara alami, tempat penyimpanan cadangan makanan, dan sebagai organ reproduksi vegetatif.

Fungsi Batang bagi Tumbuhan

Secara lebih jelas, berikut ini kami telah paparkan 7 fungsi batang bagi tumbuhan tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasinya. Silakan disimak.

Fungsi Batang

1. Sebagai Sarana Pengangkutan

Salah satu fungsi penting batang adalah sebagai lajur pengangkutan air dan mineral penting (unsur hara) yang diperoleh melalui penyerapan akar menuju daun dan sebagai lajur pengangkutan fotosintat (hasil fotosintesis) dari daun menuju seluruh bagian tumbuhan. Fungsi batang yang satu ini sangat ditunjang oleh jaringan xilem dan floem. Untuk lebih jelasnya mengenai kedua jaringan tersebut, Anda dapat berkunjung ke artikel ini.


2. Membantu Efisiensi Penangkapan Cahaya Matahari

Dalam melakukan proses fotosintesis, tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk proses pemasakan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat. Jumlah cahaya matahari ini akan bergantung dari seberapa besar tanaman. Oleh karena itu, untuk tanaman yang berukuran besar kebutuhan cahaya matahari untuk proses fotosintesis tentu akan semakin besar. Dalam hal ini batang berfungsi untuk memperluas tajuk tumbuhan agar penangkapan cahaya matahari dapat berjalan secara lebih efisien sehingga kebutuhan tumbuhan akan cahaya matahari dalam fotosintesis dapat tercukupi.

3. Tempat Tumbuhnya Organ-Organ Generatif

Batang juga berfungsi sebagai tempat tumbuh organ-organ generatif tumbuhan. Terutama pada tumbuhan yang bersifat kauliflori seperti belimbing, kakao, atau nangka. Tumbuhan kauliflori adalah tumbuhan yang bunganya dapat tumbuh di bagian batang utama tanpa bantuan tangkai induk (pedunculus) atau tangkai bunga (pedicellus).

4. Membantu Efisiensi Penyerbukan

Fungsi Batang bagi Tumbuhan
Fungsi batang bagi tumbuhan selanjutnya terkait dengan proses perkembangbiakan tanaman, Batang membantu terjadinya efisiensi proses penyerbukan yang dibantu oleh angin (anemogami). Semakin tinggi batang suatu tanaman, maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya penyerbukan. Hal ini terjadi karena laju angin yang cepat pada daerah yang lebih tinggi membuat benang sari akan semakin mudah terlepas dan masuk ke dalam kepala putik.

5. Membantu Efisiensi Pemencaran Benih

Batang yang tinggi akan memungkinkan pemencaran benih semakin efisien dan menyebar, terutama pada pemencaran benih yang dibantu oleh angin. Semakin jauh benih memencar, maka proses perkembangbiakan tanaman akan semakin baik karena kelestarian tumbuhan tersebut kian terjaga.

6. Tempat Penyimpanan Cadangan Makanan

Pada tumbuhan tertentu, batang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Tumbuhan-tumbuhan seperti tebu dan sagu misalnya, mereka menyimpan kelebihan fotosintat di bagian batang sebagai cadangan energinya. Begitu pun dengan fungsi batang pada tumbuhan sebagai umbi atau rimpang pada tumbuhan menjalar, seperti bawang merah, kencur, jahe, dan lain sebagainya.

7. Organ Perbanyakan Vegetatif

Beberapa tumbuhan juga menggunakan batang sebagai organ perbanyakan vegetatif. Stolon, rhizoma, atau umbi merupakan batang yang termodifikasi dapat merambat di dalam tanah akan menghasilkan tunas tanaman baru, begitu pun dengan batang singkong yang dapat tumbuh dan membentuk tunas dan akar, serta tanaman-tanaman lain yang dapat diperbanyak menggunakan stek seperti tebu, mawar, katuk, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa fungsi batang bagi tumbuhan yang dapat kami sampaikan. Jika di antara Anda ada yang mengetahui fungsi batang lainnya yang belum tercantum di atas, silakan gunakan kolom komentar untuk memberi masukan. Terimakasih.

0 Response to "7 Fungsi Batang bagi Tumbuhan Lengkap dengan Gambar dan Contoh"