eBiologi.com

Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan [LENGKAP]

Jaringan meristem adalah jaringan tumbuhan yang memiliki sel dengan kemampuan membelah diri sangat cepat melalui mitosis yang berlangsung terus menerus. Fungsi jaringan meristem pada tumbuhan ditunjang oleh kemampuan sel-sel dalam jaringan tersebut yang bersifat embrional. Adapun berdasarkan letak selnya, jaringan meristem dibagi menjadi 3 jenis, yaitu jaringan meristem apikal (ujung), jaringan meristem interkalar atau aksilar (antara), dan jaringan meristem lateral (samping). Pada artikel kali ini kita akan membahas ketiga fungsi jaringan meristem tersebut secara lengkap sebagai tambahan pengetahuan bagi kita semua.

Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan

Seperti sudah dijelaskan pada artikel “Pengertian Jaringan Meristem”, kita mengetahui bahwa fungsi dari jaringan meristem pada tumbuhan adalah sebagai jaringan yang menyokong pertumbuhan tinggi dan besar tanaman. Adapun kemampuan jaringan meristem dalam menyokong pertumbuhan tanaman tersebut ditunjang oleh fungsi dari bagian-bagian jaringan meristem yang antara lain:

Fungsi Jaringan Meristem

1. Fungsi Jaringan Meristem Apikal

Jaringan meristem apikal atau juga disebut jaringan meristem ujung adalah jaringan meristem yang terletak di ujung-ujung tanaman seperti pucuk atau pokok batang dan cabang, maupun ujung-ujung akar. Fungsi jaringan meristem satu ini adalah sebagai jaringan penunjang pertumbuhan tinggi tanaman, penyebaran kanopi cabang dan ranting, serta jaringan yang dapat memperpanjang jangkauan penyerapan akar.

Jaringan meristem apikal memiliki sel-sel yang terus untuk tumbuh memanjang. Adapun pertumbuhan memanjang yang diakibatkan oleh aktivitas jaringan meristem apikal lazim disebut pertumbuhan primer. Oleh karena itu, jaringan yang dibentuk oleh meristem apikal ini juga sering disebut jaringan primer.

2. Fungsi Jaringan Meristem Interkalar

Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan
Jaringan meristem interkalar atau  jaringan meristem antara adalah jaringan meristem yang terletak di antara jaringan-jaringan dewasa, misalnya seperti jaringan pada pangkal ruas batang atau pangkal tangkai ranting. Selain itu, jaringan meristem interkalar juga dapat ditemukan pada batang rumput-rumputan. Adapun fungsi jaringan meristem ini pada tumbuhan adalah sebagai jaringan yang menopang pertumbuhan tinggi tanaman karena memiliki pertumbuhan memanjang lebih cepat seiring pertumbuhan meristem apikal dari 2 ujung tanaman.

3. Fungsi Jaringan Meristem Lateral

Jaringan meristem lateral atau juga disebut meristem samping adalah jaringan meristem yang terletak sejajar dengan permukaan organ, contohnya kambium dan kambium gabus. Jaringan meristem ini berfungsi sebagai jaringan yang membelah dan memperbesar diameter batang atau akar ada tanaman. Pertumbuhan jaringan meristem lateral yang menuju arah samping memungkinkan tumbuh besarnya akar dan batang tanaman. Pertumbuhan jaringan meristem lateral lazim disebut pertumbuhan sekunder. Oleh karena itu, jaringan ini pun kerap disebut jaringan sekunder.

Nah, demikianlah sekilas pemaparan mengenai fungsi jaringan meristem pada tumbuhan. Dari penjelasan kali ini, kita sekarang sudah tahu bahwa jaringan meristem berdasarkan letak dan fungsinya terbagi menjadi 3 jenis yaitu meristem apikal, meristem interkalar, dan meristem lateral. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Jaringan Meristem Pada Tumbuhan [LENGKAP]"