eBiologi.com

Pengertian Bioteknologi Konvensional Dan Modern Serta Contoh Produknya

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat telah membuat penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari semakin gencar dilakukan. Pemanfaatan teknologi mikroorganisme bukan hanya berlangsung secara konvensional, melainkan telah menggunakan peralatan modern yang canggih untuk menghasilkan produk yang lebih banyak guna memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas. Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar pengertian bioteknologi serta jenis dan contoh-contoh penerapannya, mulai dari penerapan bioteknologi konvensional hingga penerapan bioteknologi modern. Silakan disimak!

Pengertian Bioteknologi

Secara harfiah, pengertian bioteknologi terdiri atas 2 kata yaitu bio (yang berarti hidup) dan teknologi (yang berarti ilmu terapan). Dari 2 asal kata tersebut, pengertian bioteknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu terapan atau teknologi yang menggunakan atau memanfaatkan mahluk hidup sebagai komponen utama dalam pembuatan produk baik dalam bentuk barang maupun jasa yang berguna bagi kehidupan manusia.

Pengertian Bioteknologi

Sejalan dengan pengertian di atas, bioteknologi menurut Wikipedia juga diartikan sebagai salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup (virus, fungi, bakteri, dan lain-lain) atau produk yang dihasilkan dari makhluk hidup (seperti enzim maupun alkohol) dalam kegiatan produksi barang dan jasa yang dibutuhkan manusia.

Adapun dalam kehidupan sehari-hari, kita sebetulnya juga telah akrab dengan penggunaan bioteknologi. Tempe dan oncom, tape, keju, yogurt, dan kecap merupakan beberapa contoh penerapan bioteknologi tradisional yang sering kita temui selama ini. Terlepas dari contoh tersebut, ternyata masih banyak contoh-contoh penerapan bioteknologi yang mungkin belum kita ketahui. Contoh-contoh penerapan bioteknologi tersebut terbagi menjadi 2 macam, yaitu contoh penerapan bioteknologi konvensional (tradisional) serta penerapan bioteknologi modern.

Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Contohnya

Bioteknologi konvensional atau biasa juga disebut bioteknologi tradisional adalah suatu penerapan bioteknologi yang telah digunakan sejak ilmu pengetahuan masih belum berkembang pesat, penggunaannya terbatas pada peran organisme melalui teknik fermentasi yang terjadi dalam skala kecil, dan prosesnya masih sangat sederhana. Adapun beberapa contoh penerapan bioteknologi konvensional dapat kita temui dalam proses pembuatan bahan pangan yang menerapkan teknik fermentasi seperti tape, anggur, tempe, oncom, kecap, tauco, dan lain sebagainya. Untuk contoh bioteknologi konvensional secara lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel ini.

Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Contohnya

Pengertian Bioteknologi Modern dan Contohnya

Berbeda dengan bioteknologi konvensional atau tradisional yang umumnya masih menggunakan alat dan cara kerja yang sederhana, pengertian bioteknologi modern dianggap sebagai suatu terobosan baru dalam perkembangan ilmu biologi. Bioteknologi modern adalah penerapan bioteknologi yang telah menggunakan alat dan cara kerja yang canggih, dilakukan dalam keadaan bersih dan steril, kualitas produk lebih baik, dan kuantitas hasil produk yang dibuat lebih banyak.

Pengertian Bioteknologi Modern dan Contohnya
Adapun dalam jenis bioteknologi ini, penerapan tidak hanya mengandalkan kerja mikroba melalui fermentasi, melainkan sudah bermain di ranah manipulasi terhadap susunan genetis mikroba yang digunakan, misalnya melalui penyusupan gen. Beberapa contoh penerapan bioteknologi modern antara lain kultur jaringan, pemuliaan tanaman melalui rekayasa transgenik, produksi obat-obatan antibiotik, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak contoh bioteknologi modern, kami sarankan untuk mengunjungi artikel ini.

Nah, demikianlah pemaparan sekilas mengenai pengertian bioteknologi konvensional dan modern beserta beberapa contoh penunjangnya. Semoga bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat untuk kita semua. Salam.

2 Responses to "Pengertian Bioteknologi Konvensional Dan Modern Serta Contoh Produknya"