eBiologi.com

9 Fungsi Daun bagi Tumbuhan dan Penjelasan Lengkapnya

Fungsi Daun - Daun merupakan salah satu organ penting tumbuhan selain akar dan batang. Daun merupakan hasil pertumbuhan lateral batang yang tumbuh dari jaringan meristematik tunas. Daun biasanya berwarna hijau (karena banyak mengandung zat hijau daun atau yang biasa disebut klorofil), berbentuk tipis melebar dan mempunyai fungsi utama sebagai ‘dapur’ pada tumbuhan. Di daun inilah makanan untuk tumbuhan ‘dimasak’ melalui proses fotosintesis. Selain berfungsi sebagai tempat pemasakan, daun ternyata juga memiliki beberapa fungsi lain yang tak kalah penting untuk diketahui. Apa saja fungsi-fungsi daun tersebut? Simak uraiannya berikut!

Fungsi Daun pada Tumbuhan

Selain bekerja sebagai organ pemasak dan penghasil makanan bagi pertumbuhan, daun juga memiliki beberapa fungsi penting lain dalam menopang metabolisme tanaman. Fungsi daun pada tanaman tersebut antara lain sebagai pengambilan zat-zat makanan (resorbsi), penyimpanan makanan, pengolahan zat-zat makanan (asimilasi), penguapan air (transpirasi), pernafasan (respirasi), induksi bunga, organ untuk perbanyakan secara vegetatif, organ untuk perangkap serangga, dan untuk menaikkan daun.

Fungsi Daun bagi Tumbuhan

1. Pengambilan zat-zat makanan (resorbsi)

Pengambilan zat-zat anorganik untuk memasak makanannya terutama zat makanan berupa gas yaitu karbondioksida (CO2) yang diambil dari udara melalui celah-celah halus yang disebut mulut daun (stoma). Zat anorganik berupa CO2 yang diserap dari udara ditambah dengan air dan hara yang diserap oleh akar dan dibantuk dengan cahaya matahari akan diproses menjadi zat organik yang diperlukan tumbuhan.

2. Penyimpanan makanan

Selain organ untuk membuat makanan bagi tumbuhan, daun juga berfungsi sebagai organ penyimpan makanan untuk sementara maupun untuk jangka panjang. Pada kondisi lingkungan yang menguntungkan, kadangkala fotosintat yang dihasilkan dari proses fotosintesis melebihi fotosintat yang dibutuhkan.

3. Pengolahan zat-zat makanan (asimilasi)

Asimilasi disebut juga fotosintesis. Hasil dari proses asimilasi berupa asimilat atau juga disebut dengan fotosintat. Pada tumbuhan dikotil, fungsi daun ini terjadi di jaringan parenkim palisade, sedangkan pada tumbuhan monokotli, asimilasi terjadi pada jaringan spons.

4. Fungsi penguapan air (transpirasi)

Di daun, proses transpirasi terjadi melalui stomata dan kutikula. Stomata terdapat pada sisi atas dan sisi bawah daun, namun jumlah stomata yang paling banyak terdapat pada sisi bagian bawah daun. Transpirasi melalui stomata jauh lebih besar daripada transpirasi dari kutikula. Menurut penelitian, penguapan air akibat transpirasi lebih dari 90% dari air yang diserap oleh akar.

5. Fungsi pernafasan (respirasi)

Proses respirasi terjadi di stomata daun. Respirasi adalah aktivitas karbondioksida dan oksigen yang terjadi untuk menunjang proses fotosintesis. Respirasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan bernafas pada fungsi daun.

6. Induksi bunga

Pada tumbuhan, daun melakukan sintesis dan mentranslokasikan florigen ke tunas. Florigen merupakan hormon untuk menginduksi terbentuknya bunga. Oleh karena itulah fungsi daun juga berpengaruh terhadap induksi bunga.

7. Organ untuk perbanyakan secara vegetatif

Daun juga dapat menjadi salah satu alat perbanyakan secara vegetatif alami. Fungsi daun ini dapat dilihat misalnya pada tumbuhan cocor beber. Pada daun daun cocor bebek akan tumbuh tunas (disebut juga tunas daun) yang dapat tumbuh menjadi tumbuhan utuh. Selain itu, perbanyakan menggunakan daun juga dapat dilakukan melalui teknik kultur jaringan.

8. Organ untuk perangkap serangga

Daun dapat digunakan sebagai perangkap bagi serangga, setelah serangga masuk maka daun kemudian melepaskan enzim dan mencerna mereka sebagai salah satu nutrisi bagi tumbuhan itu sendiri. Fungsi daun ini misalnya dapat kita temukan pada tumbuhan pitcher dan sundew.

9. Untuk menaikkan daun

Pada beberapa tanaman, kita dapat menemukan adanya selubung daun yang berfungsi untuk menaikkan daun ke atas. Fungsi selubung daun tersebut dapat dilihat misalnya pada tanaman pisang.

Demikianlah 9 fungsi daun pada tumbuhan lengkap dengan pembahasannya. Dari pemaparan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa daun ternyata memiliki banyak peranan bagi keberlangsungan metabolisme tumbuhan. Semoga pengetahuan Anda mengenai fungsi daun semakin bertambah dengan adanya artikel ini. Terimakasih.

0 Response to "9 Fungsi Daun bagi Tumbuhan dan Penjelasan Lengkapnya"