eBiologi.com

Mengenal Bagian-Bagian Akar secara Morfologi dan Anatomi

Akar merupakan bagian tumbuhan yang terdapat di bagian paling bawah dan tertancap di dalam tanah. Seperti halnya organ tumbuhan yang lain, akar pun memiliki bagian-bagian. Apa saja bagian-bagian akar tersebut? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Peranan utama akar tumbuhan adalah sebagai penopang bagi tumbuhan itu sendiri, memperkokoh tumbuhan agar tidak roboh serta sebagai organ penyerapan air dan mineral hara yang digunakan untuk proses metabolisme tumbuhan. Akar terdiri dari bagian luar dan dalam.

Bagian-bagian Akar Tumbuhan

Akar tumbuhan terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut dapat terlihat dari luar maupun dari dalam akar.

Bagian luar akar tumbuhan (MORFOLOGI AKAR)

Bagian luar akar dapat terlihat secara kasat mata. Pada tumbuhan utuh, penampakan akar tumbuhan yang dipotong secara membujur terlihat pada gambar di bawah ini.

Bagian-Bagian Akar
Gambar morfologi bagian luar akar tumbuhan

Secara umum akar tumbuhan terdiri atas:
  1. Leher akar. Merupakan bagian yang menghubungkan antara akar dengan batang tumbuhan.
  2. Batang akar. Batang akar meliputi bagian antara leher akar dan ujung akar
  3. Cabang akar. Merupakan cabang-cabang akar yang tumbuh dari sisi-sisi di akar utama
  4. Rambut akar. Rambut-rambut halus yang bercabang-cabang yang tumbuh dari sel-sel epidermis yang tumbuh dekat ujung akar, berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan hara mineral.
  5. Ujung akar. Merupakan bagian paling bawah dari akar tumbuhan yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra)
  6. Tudung akar (kaliptra). Terdapat di bagian paling ujung dari akar yang berfungsi untuk melindungi akar terhadap kerusakan pada saat menembus partikel tanah.

Akar terdiri dari tiga zona pertumbuhan, yaitu daerah diferensiasi, daerah pemanjangan, dan daerah pembelahan sel. Daerah meristematik pada akar terdapat di bagian ujungnya yang mana sel-selnya selalu aktof membelah. Pada bagian ujung terdapat tudung akar yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam akar tumbuhan.

Bagian dalam akar tumbuhan (ANATOMI AKAR)

Jika bagian akar dipotong secara melintang, maka bagian-bagian dalam dari akar dapat terlihat melalui mikroskop.

Bagian-Bagian Akar
Gambar struktur anatomi akar tumbuhan

Bagian terluar dari akar disebut epidermis, lalu korteks, endodermis dan silinder pusat (stele).

Epidermis
Sel epidermis akar berdinding tipis, tersusun rapat dan biasanya tidak memiliki kutikula sehingga mudah ditembus air. Pada bagian epidermis ini tumbuh rambut-rambut akar. Pertumbuhan rambut-rambut akar menyebabkan permukaan akar lebih luas sehingga proses penyerapan lebih efisien.

Korteks
Setelah epidermis terdapat korteks yang tersusun atas jaringan parenkim. Sel-sel korteks berbentuk relatif bulat (isodiametris) dengan ruang interseluler yang jelas. Air dan garam-garam mineral yang masuk melalui bulu akar akan melewati sel-sel korteks melalui ruang-ruang interseluler yang disebut dengan peristiwa transportasi ektravasikuler secara apoplas.

Endodermis
Endodermis merupakan jaringan antara korteks dan silinder pusat atau stela. Jaringan ini terdiri dari satu lapis sel dengan dinding sel yang tebal dan mengandung lilin. Di jaringan endodermis ini terjadi pengaturan pemasukan air ke dalam jaringan angkut yang berada di dalam silinder pusat.

Silinder pusat (stele)
Silinder pusat atau stele merupakan bagian terdalam dari anatomi akar. Jaringan pembuluh primer dikelilingi oleh kumpulan sel yang disebut jaringan perisikel yang terletak berdampingan. Jaringan perisikel ini bersifat meristematis dan mampu membentuk cabang akar. Bagian dalam perisikel ini terdapat jaringan sekunder, floem dan xilem.

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian akar tumbuhan, baik ditinjau secara morfologi maupun secara struktur anatomi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Bagian-Bagian Akar secara Morfologi dan Anatomi"