eBiologi.com

Bagian-Bagian Biji, Gambar, dan Penjelasannya

Fase generatif pada tumbuhan diawali dengan proses penyerbukan dan kemudian proses pembuahan. Pada proses pembuahan bakal buah tumbuh menjadi buah dan bakal biji tumbuh menjadi biji. Di dalam biji terdapat lembaga atau calon tumbuhan baru. Biji merupakan alat perkembangbiakan utama pada tumbuhan biji. Biji sendiri terdiri dari beberapa bagian. Apa saja bagian-bagian biji tersebut? Berikut pembahasannya!

Bagian-Bagian Biji

Biji atau semen merupakan bakal biji dari tumbuhan yang terbentuk setelah proses penyerbukan dan pembuahan. Biji merupakan calon tumbuhan baru yang akan tumbuh jika kondisi lingkungan mendukung. Umumnya biji pada tumbuhan terdiri dari tiga bagian. Bagian-bagian biji tersebut yaitu kulit biji, tali pusar, dan inti biji.

Bagian-Bagian Biji
Gambar bagian-bagian biji

1. Kulit biji (spermodermis)

Bagian-bagian biji yang pertama adalah kulit biji. Kulit biji atau spermodermis berasal dari selaput bakal biji (integumentum). Umumnya kulit biji pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) terdiri dari dua lapisan, yaitu:
  • Lapisan kulit luar (testa). Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung utama dari bagian dalam biji. Lapisan ini mempunyai bentuk yang bervariatif, ada yang tipis, kaku seperti kulit, ada juga yang keras seperti kayu atau batu.
  • Lapisan kulit dalam (tegmen). Lapisan ini lebih tipis seperti selapur dan lebih dikenal dengan kulit ari.

Pada tumbuhan biji telanjang (Gymnospermae) terdapat tiga lapisan kulit biji, yaitu:
  • Kulit luar (sarcotesta). Kulit yang tebal dan berdaging serta mengalami perubahan warna dari muda hingga tua.
  • Kulit tengah (scleroresta). Kulit yang kuat dan keras, berkayu dan menyerupai kulit dalam (endocarpium) pada buah batu
  • Kulit dalam (endotesta). Lapisan kulit ini biasanya melekat pada bagian bagian biji dan berbentuk seperti selaput tipis.

2. Tali pusar (funiculus)

Tali pusar atau funiculus adalah bagian bagian biji berbentuk menyerupai tangkai yang menghubungkan biji dengan tembui. Bila biji masak, biasanya biji akan terlepas dari tali pusarnya ini, dan pada biji hanya tampak bekasnya saja, atau yang lebih dikenal dengan istilah pusar biji.

3. Inti biji (nucleus seminis)

Bagian-bagian biji yang terakhir adalah inti biji. Inti biji merupakan bagian inti pada biji yang dikelilingi oleh kulit biji. Inti biji terdiri dari:

a. Lembaga (embrio)

Lembaga merupakan calon individu baru yang akan tumbuh dari biji pada kondisi lingkungan yang menguntungkan. Pada lembaga ini terdapat calon akar (radicula), daun lembaga (kotiledon), batang lembaga (cauliculus), dan putih lembaga (albumen).

b. Calon akar (radicula)

Calon akar yang berasal dari biji disebut dengan akar lembaga. Pada tumbuhan dikotil, akar ini akan tumbuh terus hingga membentuk akar tunggang.

c. Daun lembaga (kotiledon)

Daun lembaga merupakan daun pertama yang tumbuh pada saat perkecambahan setelah keluarnya akar lembaga. Fungsi dari daun lembaga ini adalah sebagai tempat penimbunan makanan, sebagai alat untuk melakukan fotosintesis, dan sebagai alat penghisap makanan dari putik lembaga untuk lembaga.

d. Batang lembaga (cauliculus)

Berdasarkan posisinya, batang lembaga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu ruas batang lembaga yang terletak di atas daun lembaga (internodium epicotylum) dan ruas batang lembaga yang terletak di bawah daun lembaga (internodium hypocotylum).

e. Putih lembaga (albumen)

Putih lembaga merupakan bagian bagian biji yang berisi cadangan makanan untuk waktu awal pertumbuhan (pada saat perkecambahan) sebelum dapat membuat makanannya sendiri. Tidak semua tumbuhan berbiji mempunyai putih lembaga. Misalnya saja pada tumbuhan polong-polongan (Leguminosae), cadangan makanan disimpan pada daun lembaga (kotiledon).

Berdasarkan jaringan yang menjadi tempat penimbunan cadangan makanan, keberadaan putih lembaga dapat dibedakan menjadi:
  • Putih lembaga dalam (endospermium). Biji dengan putih lembaga dalam biasanya terdapat pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Jaringan ini terdiri dari sel-sel yang berasal dari inti kandung lembaga sekunder yang setelah dibuahi akan terbelah-belah menjadi jaringan penimbun makanan. Misalnya biji pada jagung (Zea mays L.), rerumputan (Graminae)
  • Putih lembaga luar (perispermium). Bagian ini berasal dari bagian luar biji di luar kandung lembaga. Misalnya biji pada lada (Piper nigrum L.)

Demikian pembahasan kita mengenai bagian-bagian biji. Semoga pengetahuan teman-teman mengenai biji semakin bertambah dengan adanya artikel ini.

0 Response to "Bagian-Bagian Biji, Gambar, dan Penjelasannya"