eBiologi.com

Fungsi Enzim Ptyalin dalam Pencernaan Karbohidrat

Fungsi Enzim Ptyalin - Dalam proses pencernaan karbohidrat, organ pencernaan mengeluarkan beragam jenis enzim untuk membantu mempercepat proses penyerapan makanan. Enzim-enzim yang memiliki peran dalam proses pencernaan karbohidrat disebut dengan enzim karbohidratase. Di antara enzim karbohidratase, enzim ptyalin dan enzim amilase adalah 2 enzim yang paling besar pengaruhnya. Enzim ptyalin sendiri sebetulnya merupakan jenis enzim yang sama dengan enzim amilase, hanya saja ia bekerja lebih dahulu yakni di bagian rongga mulut, sedangkan enzim amilase secara khusus hanya diproduksi oleh pankreas.

Fungsi Enzim Ptyalin

Enzim ptyalin adalah enzim amilase dihasilkan oleh kelenjar saliva (kelenjar ludah) sedangkan air liur yang dihasilkannya adalah produk yang mengandung beragam enzim termasuk salah satunya adalah enzim ptyalin. Enzim ptyalin kadang kali juga disebut dengan enzim alfa-amilase. Peran dan fungsi enzim ptyalin ini adalah sebagai katalisator atau produk yang dapat mempercepat proses hidrolisis karbohidrat menjadi gula sederhana dalam sistem pencernaan makanan.

Fungsi Enzim Ptyalin

Fungsi enzim ptyalin adalah untuk merombak atau mendegradasi zat tepung (pati) menjadi struktur karbohidrat yang lebih sederhana seperti maltosa. Dengan perombakan pati yang dilakukan enzim ptyalin inilah karbohidrat dapat diserap tubuh dan dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh menjadi energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. [Baca Juga : Fungsi Enzim Pepsin]

Tidak seperti jenis enzim amilase lainnya, fungsi enzim ptyalin hanya terbatas pada kemampuan perombakan polisakarida menjadi maltosa dengan ikatan yang lebih pendek. Enzim ptyalin tidak dapat menghidrolisis struktur disakarida menjadi gula sederhana. Kemampuan hidrolisis dan penguraian struktur karbohidrat rantai pendek dilakukan oleh enzim-enzim pencernaan lainnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa enzim ptyalin hanya dapat mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana setingkat disakarida.

Penghasil Enzim Ptyalin dan Mekanisme Kerjanya

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa enzim ptyalin hanya diproduksi oleh kelenjar saliva, kelejar yang letaknya berada dalam rongga mulut. Makanan yang masuk ke mulut secara otomatis menstimulasi kelenjar saliva dalam menghasilkan air liur. Air liur sendiri merupakan bahan yang sangat kaya akan enzim ptyalin.

Enzim ptyalin dalam air liur merombak susunan karbohidrat menjadi glukosa (rantai pendek) persis saat makanan mulai dikunyah. Proses perombakan memang berlangsung cukup lama sehingga kadangkali sebelum enzim ptyalin menyelesaikan tugasnya, makanan sudah kadung tertelan masuk dalam tenggorokan. Akan tetapi, enzim ptyalin yang terikut masuk dalam tenggorokan akan tetap dapat bekerja sebelum makanan memasuki lambung. [Baca Juga : Fungsi Enzim Tripsin]

Enzim ptyalin merupakan enzim yang dapat bekerja di ruang ber-pH tinggi akan terhenti aktivitasnya saat memasuki lambung yang notabene memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Namun, meski tetap dapat bekerja dalam tenggorokan, hasil dan cara kerja enzim ptyalin hanya mampu menjangkau sebagian kecil pati yang terdapat dalam makanan. Sebagian besar pati yang tersisa akan dihidrolisis lanjut oleh enzim amilase yang diproduksi oleh pankreas.

Kita dapat meningkatkan kinerja enzim ptyalin dengan cara mengunyah makanan kita lebih lama untuk memberikan kesempatan ptyalin melakukan tugasnya. Bukti nyata bahwa ptyalin bekerja adalah munculnya rasa manis dari nasi yang kita kunyah lama. Dengan mengunyah makanan secara perlahan hingga lembut, selain dapat mengoptimalkan proses pencernaan mekanis, kita juga telah memberikan kemudahan bagi kerja organ pencernaan di bagian selanjutnya dalam mencerna karbohidrat secara kimiawi.

Demikianlah pemaparan kali ini mengenai fungsi enzim ptyalin dan mekanisme kerjanya. Semoga dapat dipahami dengan mudah dan jika ada pertanyaan mengenai bahasan kali ini, silakan cantumkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Enzim Ptyalin dalam Pencernaan Karbohidrat"