eBiologi.com

Fungsi Rambut Akar dalam Proses Penyerapan Air dan Hara Tanah

Jika teman-teman mencabut akar tumbuhan, maka akan terlihat ada akar-akar yang berukuran lebih kecil dan halus. Akar-akar tersebut dinamakan rambut akar. Rambut akar adalah bagian akar yang memiliki fungsi penting dalam proses penyerapan hara dan air di tanah. Apa saja fungsi rambut akar tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Rambut Akar

Rambut akar adalah bulu-bulu atau rambut berbentuk serabut halus pada akar tumbuhan, biasanya berukuran kecil dan terdapat pada sisi-sisi akar utama atau percabangan akar. Rambut akar merupakan perluasan permukaan dari lapisan epidermis akar yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral mineral hara. Semakin banyak rambut akar maka luas permukaan akar akan semakin besar sehingga memungkinkan tumbuhan untuk menjangkau  air dan mineral hara di tempat yang jauh dari tumbuhan tersebut tumbuh. [Baca : Struktur Anatomi Akar]

Rambut-rambut akar berumur pendek. Ia hidup hanya dua sampai tiga minggu dan kemudian terus menerus beregenerasi melalui pembelahan secara mitosis. Ukuran rambut akar sangat kecil (berdiameter 5-17 mikrometer dengan panjang antara 80-1500 mikrometer), bersel tunggal, dan panjangnya hanya beberapa milimeter dari akar. Umumnya rambut akar tidak memiliki kutikula sehingga pergerakan air dan mineral hara dari tanah masuk ke pembuluh akan lebih mudah.

Fungsi Rambut Akar
Gambar akar tumbuhan dan struktur rambut akar pada tumbuhan

Fungsi Rambut Akar

Fungsi utama rambut akar adalah untuk mencari celah di antara partikel tanah dan memudahkan proses penyerapan air dan mineral hara. Air dan mineral hara yang telah diserap kemudian dibawa ke bagian lain dari akar tumbuhan. Asam disekresikan oleh rambut akar ini. Asam akan membantu melarutkan mineral hara dalam bentuk ion sehingga mineral hara lebih mudah dibawa dan diangkut di dalam akar. [Baca : Struktur Akar Tunggang]


Struktur Rambut Akar

Rambut akar terletak di sisi-sisi sebelah akar. Secara umum, rambut akar terdiri dari beberapa bagian, yaitu dinding sel (merupakan lapisan terluar dari rambut akar yang melindungi rambut akar), membran permukaan sel, sitoplasma, dan vakuola.

Vakuola merupakan tempat penyimpanan sementara. Di dalam vakuola tersimpan ion-ion air dan mineral hara mineral. Sebelum diangkut ke bagian akar yang lain. Penyimpanan ion di vakuola ini juga berperan dalam menunjang fungsi rambut akar dalam membantu pertukaran ion di zona perakaran.

Proses Penyerapan Air dan Mineral hara oleh Rambut Akar

Rambut akar dapat menjangkau air dan mineral hara dari celah-celah partikel tanah. Air dan mineral hara diserap dalam bentuk ion-ion. Ion-ion tersebut masuk melalui celah dinding sel, kemudian menembus membran permukaan sel, kemudian ke sitoplasma. Jika daun memerlukan ion, maka ion yang diserap langsung diangkut ke daun untuk kemudian digunakan untuk proses fotosintesis. Jika belum diperlukan, ion-ion tersebut disimpan di dalam vakuola.

Ion-ion yang terdapat di sitoplasma ataupun vakuola bersifat mobile. Dimana pada saat konsentrasi ion di luar sel lebih rendah, maka ion yang berada di dalam sel akan keluar sehingga konsentrasi ion menjadi seimbang. Begitu juga sebaliknya. Penyerapan ion air dan mineral hara dilakukan sesuai dengan kebutuhan tumbuhan dengan selalu menjaga keseimbangan ion yang terletak di dalam dan di luar dari rambut akar.

Fungsi Rambut Akar
Gambar proses penyerapan air dan mineral hara oleh rambut akar

Demikian pembahasan mengenai fungsi rambut akar. Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun ada akar utama, namun untuk proses penyerapan tetap diperlukan rambut-rambut akar. Jika kita mencabut atau memindahkan tumbuhan dari pot, maka terlihat rambut-rambut akar yang terputus. Namun jangan khawatir, karena rambut-rambut akar tersebut akan tumbuh kembali dan menjalankan fungsinya.

0 Response to "Fungsi Rambut Akar dalam Proses Penyerapan Air dan Hara Tanah"