eBiologi.com

21 Macam-Macam Enzim dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar

Enzim adalah suatu molekul protein yang terbuat dari gugusan rantai asam amino. Enzim diproduksi oleh setiap makhluk hidup sebagai bahan yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan dan fungsi organ tubuh lainnya. Saat tubuh kita kekurangan enzim, maka metabolisme tubuh akan terpengaruhi sehingga menjadikan kondisi kesehatan menurun. Ada begitu banyak macam dan jenis enzim yang berfungsi dalam setiap organ tubuh kita. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai macam-macam enzim dan fungsinya tersebut secara jelas sebagai bahan pembelajaran untuk kita semua.

Macam-Macam Enzim dan Fungsinya

Dalam ilmu biologi –khususnya terkait dengan sistem pencernaan, enzim dikelompokkan ke dalam beberapa golongan. Setiap golongan enzim ini terdiri atas beberapa jenis enzim. Adapun macam-macam enzim yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Golongan Enzim Karbohidrase

Enzim karbohidrase adalah golongan enzim yang berfungsi memecah rantai sakarida dalam proses pencernaan karbohidrat. Macam-macam enzim yang masuk ke dalam golongan ini antara lain:
  1. Enzim pektinase adalah enzim yang berfungsi mengurai petin menjadi senyawa asam pektin.
  2. Enzim maltosa adalah enzim yang berfungsi mengurai maltosa menjadi senyawa glukosa.
  3. Enzim amilase adalah enzim yang berfungsi mengurai amilum atau polisakarida menjadi senyawa maltosa, yakni senyawa disakarida.
  4. Enzim sukrosa adalah enzim yang berfungsi mengurai sukrosa menjadi senyawa glukosa dan juga fruktosa.
  5. Enzim laktosa adalah enzim yang berfungsi mengurai senyawa laktosa menjadi senyawa glukosa dan juga galaktosa.
  6. Enzim selulose adalah enzim yang berfungsi mengurai selulosa atau polisakarida menjadi senyawa selabiosa atau disakarida.

2. Golongan Enzim Protease

Enzim protease adalah golongan enzim yang berfungsi dalam proses pencernaan protein. Macam-macam enzim yang masuk ke dalam golongan ini antara lain:
  1. Enzim peptidase adalah enzim yang berfungsi mengurai senyawa peptide menjadi senyawa asam amino.
  2. Enzim renin adalah enzim yang berfungsi mengurai senyawa kasein dan susu.
  3. Enzim tripsin adalah enzim yang berfungsi mengurai pepton menjadi senyawa asam amino.
  4. Enzim galaktase adalah enzim yang berfungsi mengurai senyawa gelatin.
  5. Enzim entrokinase adalah enzim yang berfungsi mengurai senyawa pepton menjadi sentawa asam amino.

3. Golongan Enzim Esterase

Enzim esterase adalah golongan enzim yang berfungsi dalam mengurai senyawa-senyawa ester. Macam-macam enzim yang masuk ke dalam golongan ini antara lain:
  1. Enzim lipase berperan dalam mengurai lemak menjadi senyawa gliserol dan juga asam lemak.
  2. Enzim fostatase berperan dalam mengurai suatu ester dan mendorong terjadinya pelepasan asam fosfor.

Selain digolongkan berdasarkan jenis senyawa yang diurainya, enzim juga digolongkan berdasarkan proses metabolisme atau tipe reaksi kimia yang dikatalis. Macam macam enzim yang dimaksud tersebut antara lain:
  1. Enzim katalase adalah enzim yang berfungsi dalam membantu mengubah hidrogen peroksida menjadi H2O (air) dan O2 (Oksigen).
  2. Enzim oksidase adalah enzim yang berfungsi mempercepat penggabungan oksigen (O2) pada substrat tertentu yang disaat bersamaan juga mereduksikan oksigen (O2)  sehingga membentuk air (H2O).
  3. Enzim karbosilase adalah enzim yang berfungsi dalam mengubah asam organik secara bolak balik. Contohnya: mengubah asam piruvat menjadi assetidehida yang dibantu oleh karbosilase piruvat.
  4. Enzim desmolase adalah enzim yang berfungsi dalam membantu pemindahan /penggabungan ikatan karbon. Contoh: aldolase diubah dalam pemecahan fruktosa menjadi gliseraldehida dan dehidroksiaseton
  5. Enzim peroksida adalah enzim yang berfungsi dalam membantu oksidasi senyawa fenolat, sedangkan dari oksigen yang digunakan, diambil dari H2O2.
  6. Enzim hidrase adalah enzim yang berfungsi menambah atau mengurangi air (H2O) dari senyawa tertentu tanpa menyebabkan terurainya senyawa yang bersangkutan.
  7. Enzim dehidrogenase adalah enzim yang berfungsi dalam memindahkan hidrogen dari suatu zat ke zat yang lainnya.
  8. Enzim transphosforilase adalah enzim yang berfungsi dalam memindahkan H3PO4 dari molekul satu ke molekul yang lainnya yang dibantu oleh ion Mg2+.

Demikianlah pemaparan menganai macam-macam enzim dan fungsinya. Perlu diingat bahwa enzim-enzim tersebut bisa dijumpai di seluruh tubuh manusia. Sesuai dengan sifat-sifatnya, masing-masing enzim tersebut bekerja pada substrat tertentu baik itu yang bersifat asam maupun basa. Semoga bermanfaat.

3 Responses to "21 Macam-Macam Enzim dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar"

  1. terimaksih.. sangat membantu untuk tugas kuliah..

    ReplyDelete
  2. Sama-sama semuanya. Semoga bermanfaat!

    ReplyDelete