eBiologi.com

Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan : Pengertian, Perbedaan, dan Cirinya

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan - Tumbuhan merupakan mata rantai yang menghubungkan kehidupan hewan dan manusia. Tumbuhan memegang peranan penting untuk keberlangsungan makhluk hidup lainnya. Istilah tumbuhan dapat didefinisikan sebagai makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri dengan bantuan sinar matahari. Ciri utama yang dimiliki tumbuhan yaitu dominasi warna hijau dan sifatnya yang stationer atau tidak bisa berpindah tempat atas kemauan sendiri. Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan, begitu pula dengan tumbuhan.

Pertumbuhan Tumbuhan

Secara sederhana pertumbuhan dapat diartikan dengan pertambahan ukuran, bentuk dan jumlah yang tidak dapat balik (irreversible). Lebih kompleks lagi, pertumbuhan didefinisikan sebagai suatu konsep yang universal dan merupakan hasil integrasi berbagai reaksi biokimia, peristiwa biofisik dan proses fisiologis yang berinteraksi di dalam tumbuh tumbuhan bersama dengan faktor luar.


Pertambahan ukuran, bentuk, dan jumlah dari setiap organ-organ tumbuhan merupakan akibat dari pertambahan jaringan sel tumbuhan yang dihasilkan oleh pertambahan ukuran sel. Pertumbuhan awal dimulai dari satu sel kemudian bertambah menjadi multisel kemudian membentuk jaringan dan organ-organ dan kemudian menjadi tumbuhan utuh. Pertumbuhan tidak terlepas dari peristiwa pembentukan karbohidrat (fotosintesis), absorbsi, translokasi, metabolisme serta respirasi. [Baca Juga : Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan]

Pertumbuhan terletak pada fungsi jaringan meristem yang tersebar di beberapa bagian tumbuhan, yaitu:
  1. Meristem apikal. Biasanya terdapat di ujung suatu organ tumbuhan, bersifat embrionik dan mampu tumbuh dalam waktu yang tidak terbatas (indeterminate meristem). Contohnya pada ujung akar, ujung batang;
  2. Meristem lateral. Jaringan ini berkaitan dengan pertumbuhan yang membesar. Contohnya pada jaringan kambium gabus (fellogen);
  3. Meristem intercalar. Meristem ini terletak pada jaringan yang telah terdiferensiasi yang dapat tumbuh dalam waktu yang terbatas (Determinate meristem).

Perkembangan Tumbuhan

Perkembangan tumbuhan merupakan kombinasi proses pertumbuhan dan diferensiasi yang mengarah pada akumulasi bobot kering tumbuhan. Secara sederhana perkembangan tumbuhan merupakan proses hidup tumbuhan mulai dari biji hingga tumbuhan memberikan hasil yang dapat dimanfaatkan. Proses pertumbuhan telah dijelaskan di atas, sedangkan proses diferensi yaitu suatu situasi dimana sel-sel meristematik berkembang menjadi dua atau lebih yang secara kualitatif berbeda satu dengan yang lainnya. proses diferensiasi ini dapat berlangsung jika:
1. Temperatur mendukung;
2. Terdapat sistem enzim yang tepat; dan
3. Hasil asimilasi dalam keadaan berlebih untuk dimanfaatkan pada proses-proses metabolisme.

Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terdiri dari dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase reproduktif.
  1. Fase vegetatif merupakan fase dari awal tumbuhan tumbuh hingga menjelang memasuki fase reproduktif yang meliputi proses pembelahan sel, perpanjangan sel dan tahap pertama dari diferensiasi sel. Fase ini ditandai dengan berkembangnya akar, daun dan batang baru. Pada fase ini, asimilat yang dihasilkan sangat besar dan digunakan untuk pertumbuhan organ-organ vegetatif tumbuhan.
  2. Fase reproduktif terjadi ketika organ-organ reproduktif tumbuhan (seperti bunga, buah dan biji) telah terbentuk. Pada fase ini terjadi pertumbuhan sel yang relatif sedikit; pendewasaan jaringa-jaringan; penebalan serabut-serabut; pembentukan hormon-hormon untuk perkembangan primordia (kuncup bunga); perkembangan kuncup bunga, bunga, buah dan biji serta organ-organ penyimpanan. Jika pada fase vegetatif, penggunaan asimilat jauh lebih besar, sedangkan pada fase reproduktif, asimilat yang dihasilkan disimpan (ditimbun) pada organ-organ reproduktifnya.

Proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Namun demikian, kedua proses tersebut mempunyai ciri-ciri tersendiri. Semoga uraian di atas dapat membantu teman-teman dalam membedakan kedua proses tersebut.

0 Response to "Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan : Pengertian, Perbedaan, dan Cirinya"