eBiologi.com

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

Setiap hari tumbuhan mengalami pertumbuhan dalam skala kecil. Meskipun tak terlihat, pertumbuhan tetap terjadi pada tubuh tumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu pertumbuhan primer dan sekunder. Apa itu pertumbuhan primer dan sekunder? Bagaimana mekanisme proses pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan? Mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan

Pertumbuhan primer terjadi pada daerah meristematik yang terdapat pada ujung akar dan batang. Sedangkan pertumbuhan sekunder akan menambah ukuran lebar batang atau akar.

1. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan yang paling mendasar yang terjadi pada tumbuhan. Pertumbuhan ini terjadi karena adanya kegiatan pembelahan sel yang terjadi terus menerus pada jaringan meristem primer.

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan
Gambar pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan

Jaringan meristem merupakan titik tumbuh pada tumbuhan yang terletak pada daerah ujung akar dan ujung batang. Daerah ini disebut juga daerah meristematik. Pertumbuhan pada daerah-daerah meristematik tersebut mengakibatkan terjadinya perpanjangan akar, batang serta pelebaran daun. Pertumbuhan primer ini mencakup pembentukan epidermis, korteks, floem primer, xilem primer dan empulur. Adapun titik tumbuh primer dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:


a. Ujung akar

Sel-sel meristem yang terdapat di ujung akar akan mengalami pertumbuhan yang pertama kali membentuk struktur akar. Bagian yang paling cepat tumbuh terdapat pada bagian belakang ujung akar. Pada bagian ini terdapat daerah titik tumbuh yang meliputi daerah pembelahan sel, daerah pemanjangan dan daerah pendewasaan.

Sel-sel di belakang titik tumbuh akan berkembang menjadi jaringan-jaringan penyusun akar, yaitu jaringan epidermis, korteks, endodermis dan silinder pusat.

b. Daerah pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan

Pada daerah ini perkembangan sel-sel menyebabkab pertambahan ukuran tumbuhan.

Pertumbuhan Primer Pada Tumbuhan

c. Daerah diferensiasi

Sel-sel di daerah ini mengalami diferensiasi menjadi sel-sel yang memiliki fungsi khusus.

2. Pertumbuhan Sekunder

Selain meristem primer, terdapat pula meristem sekunder. Pertumbuhan pada bagian meristem sekunder disebut dengan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder berpengaruh terhadap pelebaran batang, pembentukan lingkar tahun dan jari-jari empulur. Jari-jari empulur merupakan jaringan parenkim yang menghubungkan kulit kayu dengan empulur.

Sel-sel pada kambium yang terletak antara xilem dan floem merupakan sel-sel yang aktif membelah. Kambium yang terdapat pada tumbuhan terbagi 2, yaitu kambium vaskuler dan kambium gabus.

Kambium vaskuler terletak antara xilem dan floem dan membentuk lingkaran pada batang dan akar. Pertumbuhan kambium ke arah dalam membentuk xilem sekunder, sedangkan pertumbuhan ke arah luar membentuk floem sekunder. Hal ini menyebabkan pembesaran batang tumbuhan. Pembentukan xilem dan floem sekunder ini disebut juga pertumbuhan sekunder tumbuhan.

Pertumbuhan Sekunder pada Tumbuhan

Pertumbuhan sekunder karena kegiatan kambium ini sangat dipengaruhi oleh musim. Biasanya aktivitas kambium meningkat ketika berada pada musim penghujan, kemudian menjadi menurun pada musim kemarau atau pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan. Hal ini tentu akan mempengaruhi jumlah xilem dan floem sekunder yang dihasilkan. Aktivitas kambium ini meninggalkan bekas berupa lingkaran-lingkaran yang biasa disebut lingkaran tahun.

Nah, dari pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa setiap tumbuhan mempunyai waktu untuk tumbuh dan memberikan hasil. Pertumbuhan pada tumbuhan tidak secepat manusia ataupun hewan yang dapat terlihat oleh mata. Oleh karena itu, meskipun tumbuhan tersebut hanya diam, namun tumbuhan juga tetap melakukan proses-proses pertumbuhan sebagai salah satu cirinya sebagai mahluk hidup.

Sekian uraian mengenai pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. Baca juga artikel kami mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan"