eBiologi.com

Bentuk-Bentuk Tulang, Gambar, dan Keterangannya

Tulang adalah organ penting yang menunjang sistem gerak manusia. Berdasarkan sifat fisik dan jaringan penyusunnya, tulang manusia terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu tulang rawan dan tulang keras (osteon). Adapun berdasarkan bentuknya, tulang terbagi ke dalam 4 jenis, yaitu tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tak berbentuk. Pada artikel kali ini kita akan membahas bentuk bentuk tulang serta ciri dan karakteristiknya masing-masing.

Bentuk Tulang

Semua bentuk tulang, baik itu tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, maupun tulang tak berbentuk, semuanya memiliki karakteristik dan ciri fisiknya masing-masing. Perhatikan gambar keempat bentuk tulang tersebut berikut ini.

Bentuk-Bentuk Tulang

1. Tulang Pipa (Tulang Panjang)

Bentuk-Bentuk Tulang pipa
Tulang pipa adalah tulang dengan bentuk panjang menyerupai pipa atau tabung. Karena bentuknya ini, kadang kali tulang pipa disebut juga tulang panjang. Bentuk tulang ini memanjang dengan setiap ujungnya meluas dan menyerupai bentuk bonggol.

Tulang pipa terbagi menjadi 3 bagian, yaitu dua bagian ujung yang membonggol (epifis), bagian tengah (diafisis), dan bagian antara ujung dan tengah (cakra epifis).  Perhatikan gambar di samping untuk lebih jelasnya!

Dalam bonggol yang terdapat dalam tulang pipa terdapat tulang spons yang berongga. Rongga dalam tulang spons tersebut berisi sumsum merah tulang. Sumsum ini berfungsi sebagai tempat sel-sel darah merah diproduksi. Adapun pada bagian tengah tulang pipa terdapat sumsum kuning atau jaringan lemak. Sumsum ini berfungsi sebagai tempat sel darah putih diproduksi.

Beberapa tulang pada tubuh manusia yang tergolong memiliki bentuk tulang pipa antara lain  tulang paha, tulang betis, tulang kering, dan tulang hasta.

2. Tulang Pipih

Bentuk-Bentuk Tulang Pipih
Tulang pipih adalah tulang dengan bentuk pipih gepeng. Tidak seperti tulang pipa, bagian dalam tulang pipih umumnya tidak berongga sehingga bersifat pejal. Pada bagian bawah tulang pipih, spons berisi sumsum merah tulang yang menjadi tempat produksi sel darah merah biasanya juga ditemukan. Beberapa tulang pada tubuh manusia yang tergolong mempunyai bentuk tulang pipih antara lain tulang rusuk, tulang dada, tulang tengkorak, dan tulang belikat.

3. Tulang Pendek

Tulang pendek adalah tulang dengan bentuk pendek. Sama seperti tulang pipih, tulang pendek juga tidak berongga dan bersifat pejal, akan tetapi mengandung sumsum merah tulang.

Bentuk-Bentuk Tulang Pendek
Karena bentuknya yang pendek, tulang ini biasanya bergerombol dan membentuk ruas-ruas tulang. Beberapa tulang pada tubuh manusia yang tergolong mempunyai bentuk tulang pipih antara lain ruas-ruas tulang pergelangan tangan, ruas tulang belakang, ruas jari tangan, dan ruas jari kaki.

4. Tulang Tak Berbentuk

Tulang tak berbentuk adalah tulang dengan bentuk yang tidak menentu. Jenis tulang ini hanya terdapat pada kerangka wajah dan tulang belakang manusia.

Demikianlah ulasan mengenai bentuk bentuk tulang, gambar, beserta keterangannya. Semoga dapat bermanfaat dan lanjutkan pemahaman Anda mengenai sistem gerak manusia dengan membaca artikel selanjutnya mengenai hubungan antar tulang (persendian).

0 Response to "Bentuk-Bentuk Tulang, Gambar, dan Keterangannya"