eBiologi.com

5 Fungsi Inti Sel, Gambar, dan Penjelasannya Lengkap

Di bagian dalam sel terdapat beragam jenis organel sel yang memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu organel sel tersebut adalah inti sel atau nukleus. Inti sel dianggap organel sel yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan dan metabolisme di dalam sel. Apa saja fungsi inti sel tersebut? Simak pemaparan berikut untuk mengetahui jawabannya!

Fungsi Inti Sel

Inti sel adalah organel sel yang menampung materi genetik asam nukleat seperti DNA dan RNA. Pada sel eukaritoik, inti sel umumnya dilengkapi dengan membran inti, sebuah membran yang berfungsi mengatur transportasi zat keluar masuk inti sel. Baik inti sel maupun membran inti, keduanya memiliki struktur dan susunan molekul yang sama, yaitu berupa lipoprotein. Dengan adanya membran inti ini, hubungan nukleopasma (cairan inti sel) dan sitoplasma dapat terjadi dalam menunjang metabolisme inti sel.

Fungsi Inti Sel

Berdasarkan anatominya, inti sel dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu membran inti, nukleus, nukleolus (anak inti), dan nukleopasma (cairan inti sel). Untuk lebih jelasnya dimana letak bagian-bagian tersebut, Anda dapat melihat gambar di atas.

Berdasarkan penelitian yang mengacu pada sejarah penemuan sel, kini telah diketahui ternyata ada 5 fungsi inti sel dalam menunjang kehidupan sel dan kerja organel di dalamnya. Kelima fungsi inti sel tersebut antara lain pengendali metabolisme seluler, penyimpan informasi genetik, pengatur siklus sel, wadah replikasi dan transkripsi. [Baca Juga : Transpor Aktif Membran Sel]

1. Pengendali Metabolisme Seluler

Fungsi inti sel yang pertama adalah sebagai pengendali metabolisme yang terjadi di dalam sel. Metabolisme sel terjadi karena adanya protein yang dihasilkan oleh cetakan DNA dalam inti sel. Protein tersebut dihasilkan melalui proses transkripsi dan translasi. Melalui kedua proses tersebut, setiap protein yang dihasilkan kemudian dikemas sedemikian rupa menjadi protein fungsional yang siap digunakan untuk metabolisme sel, utamanya untuk kemudian diubah menjadi enzim tertentu.

2. Penyimpan Informasi Genetik

Fungsi inti sel selanjutnya ialah sebagai tempat penyimpanan informasi genetik. Fungsi ini dapat tetap terjaga karena membran inti (membran yang melapisi ini sel) dapat menjaga dan mempertahankan DNA untuk tetap ada dalam nukleus. Kemampuan inti sel dalam menjaga fungsi ini tentu sangat penting, terutama terkain dengan kelestarian suatu jenis mahluk hidup. Dengan DNA sifat-sifat mahluk hidup dapat diwariskan secara tepat ke generasi berikutnya.
[Baca Juga : Transpor Pasif Membran Sel]

3. Pengatur Siklus Sel

Selama masa hidupnya, sel mengalami sebuah siklus berulang. Siklus tersebut diatur oleh fungsi inti sel. Melalui kerja inti sel inilah sel dapat menentukan kapan harus membelah, tidak membelah, dan kapan harus membesar saja. Adapun pada sel kanker, fungsi inti sel ini menjadi kabur akibat terkodenya gen kanker di dalam inti sel. Inilah yang menyebabkan sel kanker terus berkembang dan membesar tanpa terhenti.

4. Wadah Replikasi

Fungsi inti sel selanjutnya ini ditopang oleh keberadaan DNA. DNA melakukan replikasi di dalam inti sel. Tepatnya pada fase G1, replikasi DNA di dalam siklus sel ini terjadi. Melalui replikasi DNA tersebut, setelahnya sel akan mengalami proses mitosis.

5. Wadah Transkripsi Kode Genetik

Inti sel juga berfungsi sebagai tempat terjadinya penerjemahan atau transkripsi kode-kode yang ada di rantai DNA menjadi RNA primer atau RNA muda. Proses transkripsi adalah rangkaian dari ekspresi genetik.

Demikian pemaparan mengenai 5 fungsi inti sel dan penjelasan lengkapnya. Semoga dapat menjadi wawasan baru dan penambah informasi dalam pembelajaran bab biologi sel di sekolah. Terimakasih.

0 Response to "5 Fungsi Inti Sel, Gambar, dan Penjelasannya Lengkap"