eBiologi.com

Jenis Jenis Tulang, Gambar, dan Keterangannya

Coba tekan dan rasakan tulang yang ada di dagu dan di bagian telingamu. Bedakan keduanya! Antara tulang di dagu dan tulang yang terdapat di bagian dalam telinga memiliki perbedaan, baik dari sifat-sifat fisik maupun dari jaringan penyusunnya. Tulang dagu akan terasa lebih keras, sedangkan tulang dalam telinga terasa lebih lunak. Perbedaan semacam ini berlaku pula pada tulang di bagian-bagian lain.

Jenis Jenis Tulang

Berdasarkan sifat fisik dan jaringan penyusunnya, tulang memang dibedakan menjadi 2, yaitu tulang rawan (kartilago) dan tulang keras (osteon). Berikut akan dijelaskan mengenai kedua jenis tulang tersebut.

Jenis Jenis Tulang

1. Tulang Rawan (Kartilago)

Tulang rawan adalah jenis tulang yang tersusun atas banyak sel tulang rawan. Di bagian ruang antar sel tulang rawan ini kita akan menemukan lebih banyak  kandungan zat perekat daripada kandungan zat kapurnya. Kondisi tersebut membuat tulang rawan bersifat lentur dan bingkas.

Sistem rangka anak-anak umumnya akan memiliki jumlah tulang rawan yang lebih banyak. Bahkan di usia bayi dan balita, jenis tulang inilah yang mendominasi sistem gerak pasifnya. Seiring pertumbuhan dan pertambahan usia, tulang-tulang rawan yang terdapat pada tubuh bayi dan anak-anak akan berubah menjadi lebih keras menjadi tulang sesungguhnya (osteon) melalui proses pembentukan tulang (osifikasi). Akan tetapi, di antara beberapa tulang rawan tersebut ada yang tidak akan mengalami perubahan serupa, misalnya seperti tulang rawan yang terletak pada laring, bronkus, hidung, tulang rusuk, telinga, serta pada rongga antara ruas-ruas tulang belakang.

Berdasarkan matriks atau bagian terkeras dilapisan luarnya, tulang rawan dibedakan menjadi 3 jenis. Jenis-jenis tulang rawan tersebut antara lain tulang rawan hialin, tulang rawan elastik, dan tulang rawan serat.

a. Tulang Rawan Hialin

Tulang rawan hialin adalah jenis tulang rawan yang matriksnya mengandung serat kolagen yang susunannya menyebar dan membentuk anyaman yang halus dan rapat. Jenis tulang rawan ini adalah bentuk tulang yang paling banyak ditemukan dibanding jenis tulang rawan lainnya. Kita dapat menemukan tulang rawan hialin misalnya pada ujung-ujung tulang rusuk dan sekitar saluran pernapasan. Wujudnya bening seperti kaca.

b. Tulang Rawan Elastik

Tulang rawan elastik adalah jenis tulang rawan yang susunan matriks, polikandrium, lacuna dan selnya menyerupai tulang rawan hialin, namun serat kolagennya tidak menyebar melainkan bergelombang. Kita dapat menemukan tulang rawan elastik misalnya pada bagian luar telinga dan epiglottis.

c. Tulang Rawan Serat

Tulang rawan serat disebut juga fibrosa atau fibrokartilago; adalah jenis tulang rawan yang matriksnya mengandung serabut kolagen tidak teratur dan kasar. Karakteristik tulang rawan serat adalah lakunanya berbentuk bulat berisi sel kondrosit.

2. Tulang (Osteon)

Tulang (osteon) adalah jenis tulang yang dihasilkan dari perkembangan lanjut tulang rawan melalui proses osifikasi. Tulang keras adalah tulang yang menyusun sistem rangka remaja dan orang dewasa. Tulang keras disusun atas bagian-bagian berikut:
  • Ostreoprogenator adalah sel khusus (derivate mesenkima) dengan potensi mitosis yang dapat berdiferensiasi menjadi osteoblas. Umumnya terdapat di bagian luar membran (periosteum).
  • Osteoblas adalah sel tulang muda yang akan membentuk tulang dewasa (osteosit).
  • Osteosit adalah sel tulang dewasa.
  • Osteoklas adalah sel tulang yang terdapat di sekitar permukaan tulang. Sel ini berkembang dari monosit. Fungsi osteoklas adalah untuk perkembangan, pemeliharaan, perawatan, dan perbaikan tulang.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai jenis-jenis tulang dan penjelasannya. Simak pemaparan selanjutnya mengenai bentuk-bentuk tulang pada artikel berikutnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis Jenis Tulang, Gambar, dan Keterangannya"