eBiologi.com

10 Contoh Tumbuhan Monokotil beserta Nama Latinnya

Tumbuhan berdasarkan jumlah keping bijinya dibedakan menjadi 2, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil. Tumbuhan monokotil memiliki satu keping biji yang tidak akan membelah ketika ia berkecambah. Selain itu, tumbuhan monokotil juga memiliki karakteristik lainnya yang hampir sama, mulai dari akar, batang, daun, buah, hingga bunganya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh tumbuhan monokotil beserta nama latinnya sebagai dasar bagi Anda dalam mengenali dan mengidentifikasi tanaman-tanaman ini.

Contoh Tumbuhan Monokotil

Ada 5 suku tumbuhan yang tergolong ke dalam jenis tumbuhan monokotil. Kelima suku tersebut antara lain rumput-rumputan (Graminae), anggrek-angrekan (Orchidaceae), pinang-pinangan (Palmae), pisang-pisangan (Musaceae), dan jahe-jahean (Zingiberaceae). Dari kelima suku tersebut, berikut ini 10 contoh tumbuhan monokotil yang termasuk ke dalamnya.

Contoh Tumbuhan Monokotil

1. Jagung (Zea mays sp)

Tanaman bernama latin Zea mays sp. ini merupakan salah satu tanaman penting penghasil karbohidrat di dunia. Selain padi dan gandum, jagung menjadi makanan pokok bagi sebagian penduduk Amerika, Afrika, dan Asia. Secara morfologi, jagung tergolong contoh tumbuhan monokotil atau berkeping biji satu. Bijinya tidak membelah saat berkecambah.

2. Padi (Oryza sativa L)

Padi memiliki nama latin Oryza sativa L. Tumbuhan ini merupakan penghasil energi terpenting dalam peradaban umat manusia. Padi diperkirakan berasal dari India dan China. Ia menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui migrasi manusia dari daratan Asia pada sekitar tahun 1.500 SM.

3. Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa adalah contoh tumbuhan monokotil yang mempunyai nama latin (Cocos nucifera). Tumbuhan ini memiliki manfaat yang sangat banyak sekali. Semua bagian tanaman ini bisa digunakan untuk keperluan hidup manusia. Diperkirakan tanaman ini berasal dari pesisir Samudra Hindia dan menyebar ke seluruh dunia melalui arus air laut.

4. Tebu (Saccharum sp)

Tebu dalam bahasa Inggris disebut sugar cane. Tebu merupakan tanaman yang menjadi bahan baku pembuatan gula. Tanaman bernama latin Saccharum sp ini juga merupakan contoh tumbuhan monokotil karena hanya memiliki satu keping biji saja. Diperkirakan tanaman ini berasal dari Papua Nugini dan menyebar ke seluruh daerah beriklim tropis, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Contoh Tumbuhan Monokotil

5. Kelapa Sawit (Elaeis guinennsiss Jacq)

Kelapa sawit (Elaeis guinennsiss Jacq) adalah tumbuhan penghasil minyak yang paling penting di dunia. Indonesia sendiri menjadi negara dengan produksi kelapa sawit tertinggi di dunia. Tumbuhan yang termasuk ke dalam suku aren-arenan (palmae) ini juga merupakan salah satu contoh tumbuhan monokotil dengan keping bijinya yang hanya satu.

6. Pisang (Musa sp)

Pisang merupakan contoh tumbuhan monokotil dengan nama latin Musa sp. Tumbuhan ini menghasilkan buah yang sangat kaya manfaat. Kandungan kalium dan karbohidratnya yang tinggi membuat buah ini sering digunakan sebagai buah meja. Ada banyak jenis pisang yang bisa kita temukan di dunia, misalnya pisang kepok, pisang lilin, pisang raja, dan lain-lain.

7. Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek adalah contoh tumbuhan monokotil yang hidupnya sering kali bersifat epifit. Tumbuhan bernama latin Orchidaceae ini sering digunakan sebagai tanaman hias. Perkembangbiakannya yang sulit membuat tanaman ini sering diperbanyak menggunakan teknik kultur jaringan.

8. Vanili (Vanilla planifolia)

Vanili adalah contoh tumbuhan monokotil yang bernama latin Vanilla planifolia. Tanaman ini menghasilkan bubuk vanili yang umum digunakan sebagai pengharum masakan. Bubuk vanili dihasilkan dari buah vanili yang bentuk berupa polong. Vanili diperkirakan berasal dari Meksiko.

Contoh Tumbuhan Monokotil beserta Nama Latinnya

9. Jahe (Zingiber officinale)

Contoh tumbuhan monokotil selanjutnya adalah jahe. Tanaman bernama latin Zingiber officinale ini adalah tanaman penghasil rimpang yang kaya minyak atsiri. Rimpang jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional, selain itu juga umum digunakan sebagai bumbu masakan di daerah tropis.

10. Kunyit (Curcuma domestica)

Sama seperti jahe, kunyit (Curcuma domestica Val.) juga berada dalam ordo Zingiberaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai rempah, bumbu masakan, dan bahan obat tradisional. Tanaman yang diperkirakan berasal Asia Tenggara ini juga merupakan contoh tumbuhan monokotil karena hanya memiliki satu keping biji.

Nah, itulah 10 contoh tumbuhan monokotil beserta nama latinnya. Tumbuhan-tumbuhan yang disebutkan di atas pastilah memiliki kenampakan morfologis yang hampir sama, mulai dari akar, batang, daun, bunga, hingga buahnya sesuai dengan tabel perbedaan monokotil dan dikotil yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Contoh Tumbuhan Monokotil beserta Nama Latinnya"