eBiologi.com

7 Fungsi Akar pada Tumbuhan dan Penjelasannya

Setiap tumbuhan sejati pastilah memiliki 3 organ utama pada tubuhnya, yakni akar, batang, dan daun. Ketiga organ ini merupakan organ yang paling vital peranannya bagi kelangsungan metabolisme tumbuhan. Organ-organ tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai fungsi dari salah satu organ tersebut. Kita akan membahas tentang fungsi akar pada tumbuhan.

Fungsi Akar pada Tumbuhan

Ada banyak fungsi akar pada tumbuhan. Fungsi-fungsi akar tersebut antara lain sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman, sebagai organ penyerapan air dan hara tanah, penyimpan cadangan makanan, fotosintesis, respirasi, gerakan, dan reproduksi (perkembangbiakan).

Fungsi Akar pada Tumbuhan

1. Fungsi Penopang Tumbuh Tegaknya Tanaman

Fungsi akar yang paling utama adalah sebagai organ penopang tumbuh tegaknya tanaman. Akar tumbuh menembus tanah, memanjang, kemudian mengait tanah dan membuat tumbuhan kuat menahan terpaan angin. Semakin tumbuh memanjang dan membesar, kemampuan akar dalam menopang tanaman akan semakin kuat.

2. Fungsi Penyerapan Air dan Hara

Fungsi akar bagi tanaman selanjutnya adalah sebagai organ penyerap air dan nutrisi tanah. Fungsi akar ini ditinjau terutama oleh rambut akar. Rambut akar mampu menyerap nutrisi organik dan anorganik dalam larutan dengan gradien konsentrasi tertentu. Keberadaan air tanah sangat menunjang kemampuan dan fungsi akar yang satu ini. Pada tanah dengan kondisi titik layu permanen, fungsi akar dalam menyerap nutrisi tanah akan terhambat secara otomatis.

3. Fungsi Penyimpanan Cadangan Makanan

Akar juga dapat berfungsi sebagai organ penyimpan cadangan karbohidrat dan air.  Beberapa akar tanaman dengan kemampuan menyimpan cadangan makanan misalnya akar wortel, ubi jalar, dan bengkuang. Adapun akar yang mampu menyimpan sejumlah besar air misalnya akar-akar dari tanaman gurun (higrofit). Akar tanaman higrofit bahkan ada yang mampu menyimpan lebih dari 70 kg air dalam jaringannya.

4. Fungsi Melakukan Fotosintesis

Fotosintesis tidak hanya bisa dilakukan di daun. Beberapa akar tanaman yang mengandung klorofil juga diketahui dapat melakukan aktivitas metabolisme ini. Tanaman-tanaman seperti anggrek epifit dan akar pohon bakau mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Kemampuan tanaman-tanaman tersebut juga merupakan salah satu fungsi akar pada tumbuhan yang tidak bisa dilupakan.

5. Fungsi Respirasi

Akar juga dapat berfungsi sebagai alat respirasi bagi tumbuhan. Fungsi akar satu ini dapat kita temukan pada akar tanaman beringin, akar tanaman bakau, dan akar beberapa tanaman lain yang habitatnya tergenang air (hidrofit). Akar yang termodifikasi fungsinya sebagai alat respirasi disebut pneumatophores. Struktur sel dan jaringan penyusun akar ini memungkinkan terjadinya difusi udara.

6. Fungsi Gerakan Tanaman

Akar juga dapat membantu gerakan tanaman. Melalui mekanisme gerak tropisme seperti geotropisme, fototropisme, tigmotropisme, kemotropisme, dan hidrotropisme, akar membantu tanaman untuk menemukan air dan hara dalam tanah. Fungsi akar bagi tanaman ini menunjang metabolisme tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.

7. Fungsi Reproduksi

Pada beberapa tanaman, akar juga berfungsi sebagai organ reproduksi. Melalui perbanyakan vegetatif stolon dan rhizoma, tanaman memperbanyak dirinya, melakukan duplikasi, dan berkembang biak. Pada tanaman dengan akar berbonggol seperti ubi jalar dan bengkoang, kemampuan dan fungsi akar ini juga dimiliki.

Nah, demikianlah beberapa fungsi akar pada tumbuhan dan penjelasannya. Untuk menambah wawasan terkait dengan organ satu ini, silakan kunjungi artikel-artikel kami yang terkait dengan pembahasan akar pada link berikut ini.

0 Response to "7 Fungsi Akar pada Tumbuhan dan Penjelasannya"