eBiologi.com

6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Hewan

Virus merupakan organisme yang dapat bersifat parasit bagi mahluk hidup lainnya. Pada manusia, tak sedikit penyakit bisa ditimbulkan akibat infeksinya di dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah AIDS, flu, hepatitis, SARS, dan lain sebagainya.

Lalu seperti apa jika virus menginveksi kingdom Animalia? Adakah penyakit yang bisa ditimbulkannya? Penyakit apa saja yang disebabkan infeksi virus pada hewan dan bagaimana cara mencegah penularannya? Untuk dapat menjawabnya, simaklah uraian berikut tentang contoh-contoh penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Hewan

Sebetulnya ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan. Akan tetapi, kali ini kami akan memberikan 6 contohnya saja, di antaranya yaitu penyakit rabies, penyakit mulut dan kuku, penyakit tetelo, tumor dan kutil, flu burung, serta penyakit Feline Panleukopenia pada kucing.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Hewan

1. Penyakit Rabies

Penyakit rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Rhabdovirus. Penyakit ini umumnya sering dijumpai pada anjing, akan tetapi ia juga bisa menular ke manusia, kelinci, sapi, tikus, rubah, kelelawar, kuda, kucing, hingga kambing melalui gigitannya.

Rhabdovirus bereproduksi dalam otot lalu menyebar ke dalam susunan syaraf pusat sehingga membuat penderitanya mengalami gejala-gejala aneh. [Baca Juga : Sejarah Penemuan Virus]

Pada anjing, penyakit rabies dapat diidentifikasi melalui ciri-ciri anjing tampak tidak sehat, gelisah, agresif,mengeluarkan banyak air liur, ekor ditekuk dan dijepit antara kedua kaki belakang, lidah terjulur, takut cahaya dan suara, dan kebiasaan ingin menggigit benda atau orang di sekitarnya.

Adapun gejala yang timbul akibat inveksi rabies pada manusia antara lain mual, sakit kepala, muntah, halusinasi, sakit tenggorokan, kaku otot, demam, serta peningkatan sekresi air liur dan keringat.

2. Penyakit Mulut dan Kuku

Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit pada hewan yang disebabkan oleh infeksi virus Aphthovirus dari famili Picornaviridae. Hewan-hewan yang diserang virus ini umumnya adalah hewan ruminansia, seperti domba, sapi,kerbau, kambing, babi, dan gajah.

Gejala yang ditunjukan oleh hewan yang terserang penyakit ini antara lain lesu, dehidrasi, gelisah, malas berdiri, pincang, demam tinggi, nafsu makan menurun, banyak mengeluarkan air liur, munculnya cairan bening hingga kuning kemerahan pada bibir, lidah, langit-langit mulut, mukosa pipi, gusi, dan ujung kaki.

Virus Aphthovirus dapat menular melalui kontak udara, makanan, maupun peralatan yang terkontaminasi. Hewan yang terserang akan mengalami penurunan produksi susu dan daging. Selain itu resiko kematiannya juga tinggi hingga 70%.

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Hewan

3. Penyakit Tetelo (NCD)

Tetelo merupakan penyakit unggas yang cukup sering dijumpai di Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh virus NCD (newcastle disease) ini dapat menyerang ayam bangkok, ayam kampung, bebek, angsa, dan itik. Gejala yang ditunjukan biasanya berupa diare, batuk, dan hilangnya keseimbangan saat berdiri ata berjalan. Penyakit tetelo sangat mudah menular. Tindakan karantina dan vaksinasi sangat penting untuk mencegah penyebarluasan penyakit hewan yang satu ini.

4. Penyakit Tumor atau Kutil

Tumor dan kutil ternyata bukan hanya dapat terjadi pada manusia. Pada hewan, kedua penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga bisa menyerang. Ayam dapat terserang tumor dan kutil akibat inveksi virus RSV (rous sarcomavirus), sedangkan pada sapi penyakit ini disebabkan oleh virus Bovine papillomavirus. Serangan kedua virus ini umumnya terjadi pada sel-sel di jaringan epitel dan membran mukosa.

5. Penyakit Flu Burung

Virus flu burung atau H5N1 merupakan jenis virus yang belum lama muncul. Virus yang menyerang pada unggas dan mamalia ini sangat cepat menyebar. Risiko kematian akibat virus yang dalam bahasa Inggris disebut Avian Influenza ini juga cukup tinggi. Unggas dan mamalia yang terserang umumnya akan menunjukan gejala-gejala seperti demam tinggi, kesulitan bernafas, dan gangguan pencernaan.

6. Penyakit Feline Panleukopenia (FPL)

Penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan berikutnya adalah penyakit Feline Panleukopenia (FPL). Penyakit ini dapat muncul pada kucing yang diinfeksi virus feline parvo, sebuah virus yang termasuk ke dalam Famili Parvoviridae.

Serangan virus ini umumnya berpusat pada jaringan dengan sel yang aktif membelas seperti pada sumsum tulang, limfa, epitel,  dan sel-sel anakan. Infeksi virus akan membuat produksi sel darah merah turun drastis. Gejala yang ditunjukan pada kucing yang terserang antara lain demam, anorexia 2-7 hari, depresi, muntah, dan radang usus. Tingkat kematian kucing akibat virus ini sangat tinggi, yakni mencapai 75%.

Nah, demikianlah beberapa contoh penyakit yang disebabkan oleh virus pada hewan. Dari semua penyakit di atas, pencegahan dan pengobatan yang paling utama adalah dengan melakukan vaksinasi. Vaksinasi membuat tubuh hewan menjadi kebal terhadap serangan virus-virus tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Hewan"