eBiologi.com

11 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus pada Manusia dan Penjelasannya

Beragam jenis mikroorganisme seperti jamur, bakteri, dan virus adalah penyebab utama munculnya beberapa penyakit biologis pada manusia. Penanganan penyakit-penyakit tersebut tentu harus disesuaikan dengan bagaimana sifat dan cara hidup dari mikroorganisme yang menjadi penyebabnya. Berikut ini eBiologi.com telah merangkum beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia. Rangkuman ini merupakan contoh dan gambaran tingkat bahaya dari penyakit-penyakit yang disebabkan virus jika sampai menyerang manusia.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus yang kami bahas pada artikel kali ini antara lain cacar air, demam kuning, diare pada bayi, ebola, flu dan pilek, hepatitis, herpes, polio, parotitis, rubeola, dan sars.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

1. Penyakit Cacar Air

Cacar air disebabkan infeksi virus varicella-zoster. Umumnya ia hanya mengidap sekali selama hidup manusia. Serangan cacar air ditandai dengan adanya gejala pilek, demam, lemah, lesu, letih, dan munculnya ruam kemerahan berisi cairan. Cacar air akan sembuh dengan sendirinya. Jangan memecahkan gelembung cacar air karena hal tersebut akan menyebabkan banyak bekas luka dikulit Anda. Karantina penderita perlu dilakukan agar penyakit yang disebabkan oleh virus ini tidak menular pada orang lain. Selain itu, usahakan untuk tetap mandi agar kulit tetap bersih dan terhindar dari perkembang biakan kuman dan bakteri.

Baca Juga : Penyakit yang Disebabkan Virus pada Tumbuhan

2. Penyakit Demam Kuning

Penyakit yang disebabkan oleh virus flavivirus ini tergolong penyakit sistemik akut. Gejala yang ditimbulkannya antara lain demam tinggi, perdarahan lewat pori kulit, dan nekrosis atau kematian sel dalam hati dan ginjal. Kematian sel dalam hati dan ginjal mengakibatkan kulit dan mata penderita akan berubah warna menjadi kuning. Pengobatan tradisional menggunakan temulawak diketahui cukup ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan ini.


3. Penyakit Diare pada Bayi

Diare pada bayi adalah penyakit yg disebabkan oleh virus rotavirus. Akan tetapi, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, keracunan makanan, atau alergi susu sapi. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah cairnya feses yang keluar dan tingginya frekuensi buang air besar pada bayi hingga 6-18 kali sehari.  Untuk mengatasinya, pemberian oralit, memperbanyak asupan cairan, dan memberikan makanan yang mudah dicerna seperti kentang dan pisang.

4. Penyakit Ebola

Ebola adalah jenis penyakit baru yang muncul disebabkan infeksi virus ebola pada tubuh. Penyakit ini terbilang sangat mengerikan. Tubuh penderita umumnya akan mengalami pendarahan dan tidak akan bisa diselamatkan jika siklus perkembang biakan virus sudah berjalan antara 6-20 hari. Kemungkinan hidup pada penderita yang telah berada pada fase tersebut sangat rendah, bahkan menyentuh angka 0%. Gejala yang ditunjukan penyakit ini sangat sederhana, di antaranya muntah, demam, diare, dan nyeri tubuh. Hingga kini, penyakit yang menular lewat kontak langsung ini belum ditemukan obatnya.

5. Penyakit Flu dan pilek

Flu dan pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini sangat mudah menular melalui berbagai vektor, terutama melalui udara. Influenza mengakibatkan penderita mengalami demam, kesulitan bernapas, batuk, hidung mampet, kerongkongan gatal, bersin dan badan terasa pegal-pegal. Penyakit ini akan hilang dengan sendirinya, akan tetapi penyembuhan umumnya dapat dipercepat dengan pemberian antibiotik.

Baca Juga : Penyakit yang Disebabkan Virus pada Hewan

6. Penyakit Hepatitis

Hepatitis atau masyarakat biasa menyebutnya penyakit kuning atau liver ini juga adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus penyebab hepatitis di antaranya hepatitis a, hepatitis b, hepatitis non a, dan hepatitis non b. Penyakit ini menyerang hati sebagai alat ekskresi. Penderita umumnya memiliki kemungkinan gangguan metabolisme, komplikasi karena penyakit lain, autoimun, dan terlalu banyak mengkonsumsi alkoholatau obat-obatan.

7. Penyakit Herpes

Penyakit ini disebabkan infeksi virus herpes simpleks. Umumnya menyerang bagian kulit, mulut, dan alat kelamin. Serangan herpes ditandai adanya ruam kemerahan dan gelembung berisi cairan pada kulit. Herpes dapat menular lewat kontak langsung, batuk, bersin, atau karena terkena cairan herpes. Cara utama untuk menangani herpes adalah dengan menjaga agar gelembung cairan herpes tidak pecah supaya kuman atau bakteri tidak masuk ke dalam jaringan kulit.

Penyakit yang Disebabkan oleh Virus

8. Penyakit Polio

Penyakit polio disebabkan oleh infeksi virus polivirus. Infeksi virus ini pada jaringan syaraf dapat mengakibatkan kelumpuhan pada kaki dan bagian-bagian tubuh lainnya. Virus polio masuk lewat mulut, bersemayam di saluran usus, aliran darah, dan menyerang sistem syaraf pusat hingga mengakibatkan kelumpuhan permanen. Balita yang berusia 3-5 tahun sangat rentan terhadap penyakit ini, oleh karena itu imunisasi perlu dilakukan agar sistem kekebalan tubuhnya semakin kuat menghadapi serangan penyakit yang disebabkan oleh virus ini. Adapun penularan umumnya dapat terjadi melalui kontak langsung atau melalui feses yang terkontaminasi.

9. Penyakit Parotitis

Parotitis, beguk, atau gondong adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus pada kelenjar parotis. Kelenjar parotis (terletak antara telinga dan rahang) yang terserang akan mengalami pembengkakan sehingga leher akan mengembung. Penyakit ini terbilang sangat mudah menular, baik melalui cairan mulut, tenggorokan, maupun hidung. Imunisasi MMR di usia balita 1-4 tahun penting untuk mencegah serangan penyakit ini.

10. Penyakit Rubeola

Rubeola adalah penyakit yang disebabkan oleh virus paramiksovovirus. Penyakit yang disebut campak merah atau campak 10 hari ini menyerang saluran nafas atas. Campak sering dijumpai pada anak. Penyakit ini terbilang sangat menular. Ia dapat ditularkan melalui percikan liur yang terhirup. Penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala awal yang di ikuti adanya ruam di kulit.

11. Penyakit Sars

Sars adalah penyakit yang disebabkan oleh virus sars. Penyakit sindrom saluran pernafasan akut ini muncul pertama kali di Provinsi Guangdong, Tiongkok. Virus menyebar ke beberapa negara melalui distribusi manusia melalui bandara. Gejala yang ditunjukan sars cukup sederhana, diantaranya demam tinggi (> 38 Celcius), radang tenggorokan, batuk, badan terasa pegal, gastrointestinal, dan gejala yang lainnya.

Nah, demikianlah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus pada manusia. Semoga dapat menjadi wawasan baru bagi Anda sehingga kita semua dapat terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

0 Response to "11 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus pada Manusia dan Penjelasannya"