eBiologi.com

10 Contoh Hewan Karnivora beserta Nama Latin dan Gambarnya

Setelah membahas tentang contoh hewan herbivora pada artikel sebelumnya, di kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang contoh hewan karnivora atau hewan-hewan yang menjadikan daging sebagai makanannya.

Contoh Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Hewan-hewan dari jenis ini memangsa hewan lain kemudian menjadikannya sebagai makanan dan sumber energi. Hewan karnivora memiliki ciri-ciri yaitu punya gigi taring yang tajam dan cakar yang kuat. Gigi taring digunakan untuk mencabik-cabik makanannya yang berupa daging sedangkan cakar kuat digunakan untuk mencengkram mangsanya. Secara lebih lengkap, silakan pahami contoh hewan karnivora beserta nama latinnya berikut ini.

Contoh Hewan Karnivora

1. Singa (Panthera leo)

Singa (Panthera leo) merupakan hewan yang termasuk keluarga felidae (kucing) dengan habitat umum di ekosistem padang rumput. Hidup secara berkelompok, hewan ini mendapatkan makanan dengan memburu hewan-hewan herbivora di sekitarnya. Perburuan umumnya dilakukan oleh singa betina, sedangkan singa jantan cenderung lebih pasif dan hanya menunggu jatah dari hasil buruan sang betina. Target buruan utamanya adalah rusa, jerapah, kelinci, domba, dan beragam hewan herbivora besar lainnya. Ia tidak makan tumbuh-tumbuhan atau buah, oleh karena itu ia termasuk ke dalam contoh hewan karnivora.

2. Harimau (Panthera tigris)

Harimau (Panthera tigris) adalah hewan yang termasuk keluarga felidae (kucing) dengan karakteristik belang hitam coklat di sekujur kulit tubuhnya. Kemampuan berlari hewan ini adalah yang tercepat kedua di dunia setelah citah menunjang kebiasaannya dalam memangsa beragam hewan omnivora dan herbivora di habitatnya. Harimau termasuk contoh hewan karnivora karena makanannya berupa daging-dagingan. Target utama buruannya adalah herbivora besar seperti kancil, babi, rusa, dan lain sebagainya.


3. Serigala (Canis lupus)

Serigala (Canis lupus) adalah hewan yang yang termasuk keluarga canidae (anjing) dengan kebiasaan melolongnya yang sangat mengerikan di tengah malam. Hewan ini memburu beragam jenis animalia, terutama dari bangsa aves dan pengerat. Manusia juga bisa menjadi target buruannya jika persediaan makanannya sudah sangat terbatas. Giginya yang tajam dan cakarnya yang runcing merupakan senjata utamanya dalam melumpuhkan mangsa.

Contoh Hewan Karnivora

4. Anjing (Canis familiaris)

Anjing (Canis familiaris) adalah hewan dari keluarga canidae (anjing) yang disebut memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Hewan ini banyak dipelihara karena perawatannya mudah dan kedekatannya dengan manusia. Indra penciumannya yang kuat membuat anjing sering pula digunakan sebagai pelacak dalam mengungkap masalah kriminal oleh para polisi. Secara alami, anjing hanya memakan daging sehingga ia termasuk contoh hewan karnivora. Akan tetapi, anjing peliharaan kadang kali juga memakan nasi jika telah dilatih.

5. Kucing (Felis catus)

Kucing (Felis catus) adalah hewan dari keluarga felidae (kucing) yang paling banyak dipelihara didunia. Kucing diperkirakan sudah akrab dengan kehidupan manusia sejak 8.000 tahun lalu. Makanan utama kucing alam biasanya adalah hewan pengerat kecil seperti tikus dan beragam jenis ikan-ikanan. Oleh karena hal ini, kucing bisa dikategorikan dalam contoh hewan karnivora.

6. Buaya (Crocodylus sp.)

Buaya (Crocodylus sp.) adalah reptil besar dengan habitat di ekosistem air tawar yang termasuk ke dalam contoh hewan karnivora karena jenis makanannya yang berupa daging-dagingan. Hewan ini mengkonsumsi beragam jenis ikan, burung, dan hewan-hewan lain di sekitar ekosistemnya. Karnivora ini sangat ganas. Giginya yang tajam dan kuat serta kibasan ekornya yang kencang adalah 2 senjata utamanya dalam memperoleh makanan.

7. Elang (Nisaetus bartelsi)

Contoh hewan karnivora selanjutnya adalah burung elang (Nisaetus bartelsi). Hewan ini adalah hewan dengan kemampuan terbang yang paling baik di muka bumi. Ia dapat terbang tinggi dan menukik dengan cepat untuk menerkam mangsanya. Tikus, ular, kelinci, ayam dan beragam hewan darat lainnya dapat dilumpuhkan dengan cakarnya yang tajam dan paruhnya yang kuat.

Contoh Hewan Karnivora

8. Ular Kobra (Naja sp.)

Ular kobra (Naja sp.) merupakan reptil ganas berdarah dingin yang cukup banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Hewan ini memiliki bisa racun mematikan yang dapat menunjangnya dalam mendapatkan makanannya. Makanan utama mereka yang berupa beragam jenis burung dan hewan pengerat membuat ia masuk ke dalam daftar contoh hewan karnivora ini.

9. Ikan Tongkol (Euthynnus affinis)

Hewan karnivora tidak hanya ada di ekosistem darat. Di ekosistem laut, kita juga bisa menemukan contoh hewan karnivora ganas, misalnya ikan tongkol. Ikan tongkol adalah pemangsa ulung beragam jenis ikan-ikan kecil di perairan dalam. Kecepatannya saat berenang ditunjang dengan gigi-giginya yang tajam membuat ia begitu ganas saat berburu.

10. Ikan Hiu (Selachimorpha sp.)

Pemangsa ganas selanjutnya dari ekosistem perairan adalah ikan hiu. Ikan ini termasuk contoh hewan karnivora yang sangat buas di lautan. Beragam biota laut dimangsa oleh mulutnya yang besar. Giginya yang tajam dan pergerakannya yang tenang adalah kunci suksesnya dalam melumpuhkan calon makanannya.

Nah, demikianlah beberapa contoh hewan karnivora beserta nama latin, penjelasan, dan gambarnya.  Semoga bisa menjadi gambaran bagi Anda untuk menemukan jenis-jenis hewan karnivora lainnya yang ada di sekitar lingkungan Anda. Salam.

0 Response to "10 Contoh Hewan Karnivora beserta Nama Latin dan Gambarnya"