eBiologi.com

15 Contoh Hewan Ovipar dan Siklus Reproduksinya

Berdasarkan cara berkembang biaknya, hewan dikelompokan menjadi 3 jenis, yaitu hewan ovipar, hewan vivipar, dan hewan ovivipar. Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur, sedangkan hewan vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak. Adapun hewan ovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak.

Kita akan membahas satu persatu ketiga jenis hewan tersebut. Untuk awalan, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang hewan ovipar, mulai dari pengertian, ciri atau karakteristik, dan contoh-contoh hewan ovipar yang dapat kita jumpai di sekitar lingkungan kita. Silakan disimak!

Contoh Hewan Ovipar

Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hampir semua unggas, reptil, ikan serangga, dan amfibi tergolong hewan ovipar. Ciri-ciri dan karakteristik mereka umumnya tidak memiliki daun telinga dan tidak memiliki kelenjar susu. Hewan ovipar tidak menyusui anaknya.

Contoh Hewan Ovipar

Calon individu baru hewan ovipar berkembang dalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang terdapat dalam telur tersebut. Telur hewan ovipar akan menetas pada waktu tertentu atau setelah dierami.

Ada 5 kelas dalam kerajaan animalia yang umumnya termasuk hewan ovipar. Keempat kelas tersebut antara lain aves (burung), insecta (serangga), reptilia (reptil), pisces (ikan), dan amfibi (amphibi). Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh hewan ovipar dari masing-masing kelas tersebut mulai dari nama latinnya hingga siklus perkembangbiakannya.

1. Ayam

Ayam termasuk contoh hewan ovipar dari kelas aves (burung). Perkembangbiakan ayam yang dilakukan dengan bertelur dimulai dengan proses pembuahan dalam organ reproduksi ayam betina. Betina ayam menghasilkan telur yang kemudian dikeluarkan olehnya melalui anus untuk kemudian dierami. Pengeraman telur ayam oleh induk betina dilakukan selama 20-21 hari. Pengeraman dilakukan untuk menjaga suhu di sekitar telur agar tetap hangat. Penggunaan inkubator untuk menggantikan induk ayam betina dalam proses pengeraman dewasa ini semakin banyak dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses perkembangbiakan dalam skala besar.

Contoh Hewan Ovipar

2. Angsa

Sama seperti ayam, angsa atau soang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Oleh karena itu, hewan bernama latin Cygnus sp. ini juga termasuk contoh hewan ovipar. Telur angsa umumnya berukuran lebih besar dibandingkan telur unggas lainnya. Ia menetas pada hari ke 21 setelah induk betina mengeluarkan telur tersebut dari tubuhnya.

3. Burung

Semua jenis burung di dunia berkembang biak dengan cara bertelur. Masing-masing jenis burung memiliki periode perkembangbiakan yang berbeda-beda. Burung merak misalnya, mereka dapat berkembang biak secara terbatas. Oleh karena itu, keberadaan mereka semakin sedikit apalagi karena ditunjang oleh faktor perburuan.

4. Ikan

Berbeda dengan contoh hewan ovipar dari kelas unggas yang melakukan pembuahan di dalam tubuh betinanya, ikan justru hanya dapat melakukan pembuahan di luar tubuh. Betina ikan dewasa akan mengeluarkan sel telur ke perairan, sang jantan kemudian menyemprot sel telur itu dengan sel protozoa. Kedua sel kemudian bertemu dan menciptakan individu baru melalui proses pertumbuhan yang lamanya berbeda-beda tergantung jenis ikannya.

Contoh Hewan Ovipar

5. Katak

Sama seperti ikan, hewan amfibi satu ini juga termasuk contoh hewan ovipar yang melakukan pembuahan di luar tubuh betinanya. Yang berbeda, telur katak akan mengalami pertumbuhan melalui proses metamorfosis. Telur katak tidak menetas, melainkan langsung berubah menjadi zigot, kemudian berudu atau kecebong, lalu katak muda, dan terakhir katak dewasa. Untuk mengetahui bagaimana proses metamorfosis katak, Anda bisa membacanya di artikel ini.

Contoh Hewan Ovipar
6. Serangga
Semua hewan yang termasuk dalam kelas serangga berkembang biak dengan cara bertelur. Belalang, kupu-kupu, laron, dan serangga lainnya adalah contoh hewan ovipar. Anda bisa menemukan telur-telur mereka di dedaunan. Ulat yang menggulung di daun pisang misalnya, mereka sebetulnya berasal dari telur kupu-kupu yang menetas. Mereka akan bermetamorfosis menjadi serangga baru melalui fase telur-ulat-kepompong-serangga dewasa. Fase metamorfosis masing-masing serangga berbeda-beda.

Contoh Hewan Ovipar
Nah, itulah beberapa contoh hewan ovipar atau hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Selain contoh-contoh di atas, masih banyak sekali contoh hewan ovipar yang dapat Anda temui di sekitar lingkungan Anda. Silakan cari sendiri dan bereksplorasi! Semoga bermanfaat!

Artikel selanjutnya membahas tentang contoh hewan vivipar.

0 Response to "15 Contoh Hewan Ovipar dan Siklus Reproduksinya"