eBiologi.com

9 Contoh Hewan Herbivora, Gambar, Ciri, dan Nama Latinnya

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas tentang contoh hewan omnivora, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang contoh-contoh hewan herbivora atau hewan-hewan yang menjadikan tumbuhan sebagai makanan dan sumber energinya.

Contoh Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Hewan-hewan ini menjadikan tumbuhan sebagai makanan dan sumber energinya. Beberapa ciri yang dimiliki oleh hewan herbivora di antaranya memiliki gigi geraham yang banyak dan rapat, berdarah panas, berkaki empat, beranak (vivipar), dan hidup di daratan. Pada contoh hewan herbivora berikut ini Anda akan menemukan semua ciri-ciri tersebut.

Contoh Hewan Herbivora

1. Kambing (Capra aegagrus sp.)

Contoh hewan herbivora yang pertama adalah kambing. Kambing (Capra aegagrus sp.) merupakan hewan memamah biak berukuran sedang yang banyak diternakan sebagai sumber daging, susu, dan kulit. Hewan ini diperkirakan berasal dari daratan Eropa ini mempunyai ciri-ciri antara lain mempunyai janggut, ekor ke atas, berambut lurus, dahinya cembung dan mempunyai sepasang tanduk. Tanduk kambing jantan umumnya lebih besar dibandingkan yang betina. Gigi kambing lebih banyak yang berbentuk geraham, menyesuaikan dengan makanannya yang berupa rerumputan.

2. Kuda (Equus caballus sp.)

Kuda (Equus caballus) adalah contoh hewan herbivora yang telah lama dibudidayakan manusia untuk diambil daging dan kulitnya. Kuda juga menjadi alat transportasi dan pengangkutan pada masa silam. Diperkirakan hewan yang makanannya berupa rerumputan dan dedaunan ini diperkirakan telah diternakan manusia semenjak 6500 tahun lalu.


3. Sapi (Bos taurus)

Sapi (Bos taurus) adalah hewan memamah biak yang dibudidayakan manusia untuk dimanfaatkan daging, susu, dan kulitnya. Contoh hewan herbivora ini memakan rumput-rumputan dan dedaunan. Karena makanannya termasuk keras, hewan ini memiliki sistem pencernaan yang cukup mutakhir. Selengkapnya tentang bagaimana sistem pencernaan sapi sebagai hewan ruminansia, Anda bisa membacanya di sini.

4. Rusa (Cervidae goldfuss)

Rusa (Cervidae goldfuss) adalah hewan mamalia memamah biak (ruminansia) yang tergolong dalam keluarga Cervidae. Hewan ini memakan rerumputan dan dedaunan dengan gigi gerahamnya yang rapat. Sistem pencernaannya juga diset sesuai dengan jenis makanannya. Rusa adalah pelari yang baik. Dengan kakinya yang panjang, ia juga dapat melompat tinggi dan berenang dengan cepat.

5. Serangga (Insekta)

Ada banyak sekali jenis serangga yang hidup di dunia ini. Beberapa di antaranya merupakan contoh hewan herbivora. Hewan-hewan yang masuk dalam keluarga serangga melakukan metamorfosis. Dalam fase ulat dan imago (serangga dewasa) mereka umumnya akan makan rumput, daun-daunan, dan bagian tubuh tumbuhan.

mETAMORFOSIS sERANGGA

6. Badak (Ceratotherium simum)

Badak juga merupakan contoh hewan herbivora yang termasuk memamah biak. Badak memiliki ukuran besar. Bobotnya bisa lebih dari 1 ton. Ia juga mempunyai cula, ada yang punya satu, ada pula yang dua. Indra penglihatan rusa sangat terbatas, akan tetapi indra pendengaran dan penciumannya begitu kuat. Usia badak berkisar antara 40-45 tahun.

7. Gajah (Elephas maximus)

Gajah adalah mamalia darat yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Hewan ini dicirikan dengan hidung panjang (belalai), telinga yang lebar, dan bobot tubuh yang sangat berat. Telinga lebar yang dimiliki gajah menggambarkan kemampuannya dalam mendengar. Hewan ini termasuk contoh hewan herbivora karena ia hanya makan makanan yang berasal dari tumbuhan.

Contoh Hewan Herbivora

8. Tapir (Tapirus bairdii)

Tapir (Tapirus bairdii) adalah hewan herbivora yang hidup dalam habitat ekosistem hutan hujan tropis. Ciri khas hewan ini dapat dilihat dari bentuk tubuhnya yang seperti babi, telinganya mirip badak, dan mulutnya seperti mulut trenggiling. Tapir termasuk hewan langka. Keberadaan jumlahnya di alam liar sudah sangat terbatas.

9. Jerapah (Giraffa camelopardalis)

Jerapah (Giraffa camelopardalis) adalah contoh hewan herbivora berkuku genap yang merupakan hewan endemik Afrika. Jerapah adalah spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Tinggi jantan bisa mencapai 5,5 meter dengan berat mencapai 1,3 ton. Leher jerapah sangat panjang menyesuaikan makanannya yang berupa daun-daunan dari pohon-pohon besar

Nah, itulah beberapa contoh hewan herbivora dan nama latinnya. Dengan contoh-contoh di atas, semoga Anda sudah semakin paham dan dapat membedakan ciri-ciri dari hewan yang memiliki makanan utama berupa tumbuhan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Contoh Hewan Herbivora, Gambar, Ciri, dan Nama Latinnya"