eBiologi.com

10 Contoh Hewan dan Tumbuhan Insektivora beserta Penjelasannya

Selain karnivora, herbivora, dan omnivora, berdasarkan makanannya ada satu jenis hewan lagi yang belum di bahas di blog ini. Hewan tersebut adalah hewan insektivora. Apa itu hewan insektivora? Apa saja contoh hewan insektivora yang dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita.

Contoh Hewan Insektivora

Insektivora adalah organisme yang menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Organisme insektivora ada yang berasal dari jenis hewan dan ada pula yang dari jenis tumbuhan. berikut ini adalah beberapa contoh hewan insektivora dan penjelasannya untuk Anda pahami.

Contoh Hewan Insektivora


1. Trenggiling

Trenggiling termasuk hewan mamalia yang makanannya berupa semut bersisik. Contoh hewan insektivora ini terbilang sudah sangat langka di dunia. Satu keluarga trenggiling yang masih tersisa adalah dari kelompok Manidae. Kelompok ini punya 3 genera, di antaranya Manidae, Phataginus, dan Smutsia. Dinamai trenggiling karena hewan ini sering menggiling atau menggulingkan badannya untuk  melindungi diri dari musuh.

2. Kodok

Kodok atau katak termasuk hewan amphibi yang makanannya berupa serangga, seperti nyamuk, belalang, dan lain sebagainya. Kodok hidup di ekosistem air tawar di seluruh daerah beriklim tropis. Jari kodok dilengkapi selaput yang digunakannya untuk berenang. Lidahnya bisa menjulur sangat panjang untuk menangkap serangga-serangga yang terbang.

3. Kadal

Kadal termasuk reptil yang masih berkeluarga dekat dengan tokek, cicak, bunglon, biawak, dan iguana. Semua keluarga kadal ini tergolong contoh hewan insektivora. Mereka makan serangga dengan menangkapnya menggunakan lidah mereka yang panjang. Lidah mereka menjulur untuk menangkap serangga-serangga yang terbang di atas tubuh mereka.

4. Cecak

Di dinding rumah kita, setiap malam hewan ini merayap dan mengendap-ngendap untuk menangkap nyamuk, laron, dan beragam serangga lainnya. Cecak termasuk contoh hewan insektivora yang paling akrab dengan lingkungan manusia. Bersama tokek, cecak termasuk dalam suku Gekkonidae.

5. Laba-laba

Laba-laba adalah hewan arthropoda yang bertahan hidup juga dengan memakan serangga (insektivora). Laba-laba menggunakan jaringnya sebagai perangkap untuk menangkap serangga-serangga yang terbang di sekitarnya. Serangga yang menempel pada jaring yang dibuatnya akan dimakan sebagai sumber energi baginya.

Contoh Hewan Insektivora

6. Ikan

Berbagai jenis ikan air tawar juga termasuk contoh hewan insektivora. Mereka umumnya memakan serangga yang masih dalam bentuk telur. Jika dikolam rumah Anda terdapat banyak jentik nyamuk, meletakan beberapa ekor ikan akan sangat membantu mengurangi jumlah nyamuk di rumah Anda. Ikan akan memakan jentik nyamuk tersebut sebelum mereka berubah menjadi nyamuk dewasa yang siap menusuk nyamuk.

7. Tokek

Tokek adalah reptil yang termasuk contoh hewan insektivora. Mereka memakan serangga untuk mempertahankan hidupnya. Lidah tokek dapat menjulur panjang untuk menangkap serangga yang ada di dekatnya. Sama seperti cicak, ia juga dapat merayap pada dinding dengan kemiringan > 45 derajat.

8. Bunglon

Bunglon hidup di ekosistem hutan hujan tropis. Reptil ini memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya menjadi sesuai dengan lingkungannya. Contoh hewan insektivora ini melakukan kamuflase untuk mengelabuhi mangsanya yang berupa serangga-serangga terbang. Lidah hewan ini juga dapat menjulur seperti reptil insektivora lainnya.

Contoh Tumbuhan Insektivora

Selain pada hewan, organisme insektivora juga dapat kita temukan pada tumbuhan. Berikut ini 2 contoh tumbuhan insektivora yang terdapat di Indonesia.

Contoh Tumbuhan Insektivora

9. Tumbuhan Kantong Semar

Kantong semar adalah contoh tumbuhan insektivora yang banyak kita temukan di ekosistem hutan hujan tropis yang tanahnya minim kandung nitrogen. Untuk mendapatkan nitrogen tumbuhan ini memiliki kebiasaan menangkap serangga-serangga menggunakan kantung yang dimilikinya. Kantung yang sebetulnya merupakan daun, pada bagian dalamnya terdapat bagian yang disebut nektar. Nektar berasa manis dan beraroma sedap sehingga mengundang serangga datang. Serangga kemudian terperangkap dalam nektar ini karena cairan nektar yang licin dan lengket. Serangga yang terjebak kemudian dimakan oleh tumbuhan ini dengan bantuan enzim tripsin dan pepsin yang biasanya hanya terdapat dalam sistem pencernaan hewan

10. Tumbuhan Venus

Sama seperti kantong semar, tumbuhan venus juga mendapatkan nitrogen dengan cara menangkap dan menjebak serangga-serangga yang terbang dilingkungannya. Tumbuhan ini menggunakan daun berengsel yang dapat mengatup. Serangga yang terjebak pada daun ini akan dicerna oleh tumbuhan venus juga menggunakan bantuan enzim tripsin dan pepsin.

Nah, demikianlah beberapa tumbuhan dan hewan insektivora yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Dengan melihat lingkungan sekitar, bisakah Anda menyebutkan contoh hewan insektivora atau tumbuhan insektivora lainnya? Silakan bereksplorasi!

0 Response to "10 Contoh Hewan dan Tumbuhan Insektivora beserta Penjelasannya"