eBiologi.com

4 Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Di materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, terdapat sub bab yang membahas tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Apakah Anda tahu bagaimana penggolongan-penggolongan dari hewan ini? Jika belum, pada artikel kali ini, kita akan membahas golongan hewan tersebut, lengkap dengan contoh dan ciri-cirinya. Silakan disimak!

Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanannya

Berdasarkan makanannya, hewan digolongkan menjadi 4 jenis, yaitu hewan omnivora, hewan herbivora, hewan karnivora, dan hewan insektivora.


1. Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah hewan-hewan pemakan tumbuhan. hewan dalam golongan ini menjadikan bagian dari tumbuhan, mulai dari daun, batang, hingga ranting sebagai makanan dan sumber energinya. Ciri-ciri hewan herbivora dapat kita identifikasi dari bentuk dan susunan giginya. Gigi hewan herbivora cenderung berupa geraham yang rapat. Gigi geraham ini digunakan hewan herbivora untuk mengunyah dan melumatkan makanannya yang berupa tumbuhan.

Selain dari struktur giginya, hewan herbivora juga dicirikan dengan fisiologis sistem pencernaannya. Hewan ruminansia misalnya, mereka memiliki sistem pencernaan yang lebih kompleks dilengkapi dengan berbagai enzim pencernaan yang mampu mengubah selulosa dari rumput atau dedaunan menjadi glukosa yang siap diubah menjadi energi.

Beberapa contoh hewan herbivora yang dapat kita temukan di lingkungan kita misalnya kambing, sapi, rusa, gajah, dan lain sebagainya.

2. Hewan Karnivora

Hewan karnivora adalah hewan-hewan pemakan daging. Hewan dalam golongan ini menjadikan hewan lainnya sebagai makanannya. Dalam rantai makanan, hewan karnivora umumnya bertindak sebagai predator atau pemangsa. Ciri-ciri khusus dari hewan golongan karnivora adalah adanya gigi taring yang kuat dan tajam. Gigi taring tersebut digunakan hewan karnivora sebagai alat untuk mencabik-cabik daging mangsanya.

Contoh hewan karnivora yang dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita misalnya anjing, kucing, singa, macan, serigala, dan lain sebagainya.

3. Hewan Omnivora

Hewan omnivora adalah hewan-hewan pemakan daging dan tumbuhan, alias pemakan segalanya. Manusia termasuk omnivora sejati. Manusia memakan daging-dagingan dan juga tumbuh-tumbuhan sebagai sayuran. Selain manusia, monyet, tikus, babi, luwak, dan bekantan juga termasuk contoh hewan omnivora. Ciri-ciri dari hewan dalam golongan ini adalah struktur giginya yang terdiri atas gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham secara lengkap. Gigi seri berbentuk pipih digunakannya untuk memotong makanan, gigi taring digunakan untuk mencabik daging, sedangkan gigi geraham digunakan untuk mengunyah.

4. Hewan Insektivora

Hewan insektivora adalah hewan pemakan serangga. Hewan dalam golongan ini menjadikan serangga, baik dalam bentuk telur, ulat, kepompong, hingga imago (serangga dewasa) sebagai makanannya. Hewan insektivora tidak mempunyai ciri khusus. Beberapa contoh dari hewan dalam golongan ini antara lain ada dalam kelas amfibi, reptil, pisces, dan aves.

Nah, demikianlah 4 penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Anda bisa mendapati contoh dari masing-masing golongan hewan secara lebih lengkap pada link berikut ini:
  1. Contoh Hewan Herbivora
  2. Contoh Hewan Karnivora
  3. Contoh Hewan Omnivora
  4. Contoh Hewan Insektivora.

0 Response to "4 Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya"