eBiologi.com

10 Ciri-Ciri dan 12 Contoh Hewan Mamalia Darat dan Perairan

Salah satu hewan vertebrata (bertulang belakang) yang cukup banyak jenisnya dan hidup di alam sekitar kita adalah hewan mamalia. Hewan mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar susu, di mana betinanya menghasilkan air susu sebagai asupan atau sumber makanan bagi bayinya. Selain memiliki kelenjar susu, hewan mamalia memiliki beberapa ciri lain yang dapat diidentifikasi dengan mudah. Apa saja ciri-ciri hewan mamalia tersebut? Apa saja contoh hewan mamalia yang hidup di darat maupun di laut? Untuk tahu jawabannya, silakan simak uraian berikut!

Contoh Hewan Mamalia

Sebelum membahas apa saja contoh hewan mamalia, mari terlebih dahulu kita kenali apa saja ciri-ciri hewan yang termasuk golongan ini. Pengetahuan mengenai ciri-ciri mamalia dapat membantu kita dalam menentukan apakah suatu hewan tergolong mamalia atau bukan.

Contoh Hewan Mamalia

Hewan mamalia dapat kita temukan dengan beberapa ciri. Ciri ciri hewan mamalia tersebut antara lain:
  1. Memiliki tulang belakang (vertebrata).
  2. Memiliki sebuah kelenjar susu (glandula mammae) dan menyusui anaknya.
  3. Memiliki anggota gerak untuk berjalan, berenang, atau pun memegang sesuatu
  4. Memiliki kuku dan cakar pada jarinya untuk menangkap makanan.
  5. Memiliki gigi seri, gigi taring, ataupun gigi geraham.
  6. Alat pernafasannya berupa paru-paru.
  7. Organ jantungnya terbagi menjadi 2 serambi dan 2 bilik.
  8. Pengaturan suhu tubuh termasuk endoterm atau "berdarah panas".
  9. Perkebangbiakan terjadi secara vivipar atau dengan melahirkan.
  10. Tempat pertumbuhan embrio terjadi di dalam rahim (uterus).

Dari 10 ciri ciri hewan mamalia di atas, dapat kita temukan beragam hewan mamalia yang hidup di sekitar kita. Secara umum, ke semua hewan mamalia tersebut dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu hewan mamalia besar dan hewan mamalia kecil. Secara khusus, hewan mamalia tersebut terbagi lagi ke dalam 12 ordo. Berikut ini ke 12 ordo beserta contoh hewan mamalia tersebut lengkap dengan gambarnya.

(1) Ordo Marsupialia adalah hewan mamalia yang betinanya memiliki kantung (marsupium) di bagian perutnya. Kantung ini digunakan sebagai tempat menyimpan anak yang baru terlahir terutama yang lahir dalam keadaan prematur. Beberapa contoh hewan mamalia yang termasuk ordo Marsupialia antara lain kangguru (Dendrolagus sp), opossum (Didelphia marsupialia), kuskus (Phalanger sp), dan koala (Phascolarctus sp).

Contoh Hewan Mamalia

(2) Ordo Insektivora adalah golongan mamalia yang menjadikan serangga sebagai makanan utamanya. Hewan ini juga dapat memakain cacing atau biji-bijian. Ciri hewan yang masuk ordo ini adalah memiliki mata yang tertutup, memiliki cakar yang besar, dan telapak kaki bagian depannya lebih lebar. Beberapa contoh hewan mamalia dalam ordo ini antara lain  Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp.

(3) Ordo Dermoptera adalah hewan mamalia yang memiliki parasut berbulu (patagium) di sela empat kakinya. Hewan dalam ordo ini umumnya merupakan contoh hewan herbivora yang makan buah atau dedaunan. Contoh hewan di ordo ini misalnya Gakopithecus sp.

(4) Ordo Chiroptera adalah ordo mamalia yang dapat terbang. Biasanya mereka tergolong hewan nokturnal yang hanya aktif di malam hari. Beberapa contoh hewan mamalia dalam ordo ini misalnya Desmodus sp (vampire), Pteropus edulis (kalong Jawa), dan Myotes sp.

(5) Ordo Primata adalah hewan mamalia yang memiliki tangan besar sebagai penunjang kebiasaannya dalam memanjat pohon. Beberapa contoh hewan primata misalnya kera, orang utan, monyet, dan lutung.

(6) Ordo Rodentia adalah ordo mamalia yang tidak mempunyai taring sehingga biasanya mereka hidup sebagai pengerat. Hewan dalam ordo ini dicirikan dengan gigi seri yang tebal dan besar. Beberapa contoh di antaranya adalah Rattus sp (tikus), Sciurus sp (tupai pohon), Erethyson sp (landak), Marmota sp (marmut), dan Mus musculus (mencit).

Contoh Hewan Mamalia

(7) Ordo Carnivora adalah kelompok mamalia yang menjadikan daging sebagai makanannya. Ciri hewan yang termasuk ordo ini adalah ia memiliki gigi taring yang tajam dan cakar yang runcing sebagai alat untuk berburu mangsa. Beberapa contoh hewan mamalia dalam ordo ini antara lain Felis leo (singa), Canis lupus (serigala), Felis tigris (harimau),  Zalophus sp (singa laut), Eumetopias jubata (anjing laut), Felis catus (tikus rumah), dan Canis familiaris (anjing).

(8) Ordo Laghomorpha adalah ordo mamalia pemakan tumbuhan. Contohnya kelinci (Oryctologus cuniculus).

(9) Ordo Cetacea adalah ordo mamalia yang hidup di air laut. Contohnya lumba-lumba dan paus biru (Phalenoptera musculus).

(10) Ordo Proboscidea adalah semua jenis gajah. Contohnya gajah Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Sumatera (Elephas maximus).
Baca Juga : Contoh Hewan Amfibi
(11) Ordo Perissodactyla adalah hewan mamalia yang memiliki jumlah jari kaki yang genap. Beberapa contoh di antaranya adalah keledai (Equus asinus), kuda (Equus caballus), dan tapir (Tapirus indicus).

(12) Ordo Artiodactyla adalah ordo hewan mamalia yang mempunyai jari kaki yang genap. Hewan-hewan ini memiliki sistem pencernaan yang unik yaitu dapat memamah biak saat mencerna makanannya. Baca : Sistem Pencernaan Hewan Ruminansia. Beberapa contoh hewan mamalia dalam ordo ini antara lain kijang (Cervus sp), banteng (Bos sondaicus), kambing (Aries sp),  jerapah (Giraffa sp), unta (Camelus sp), dan sapi putih (Bos indicus).

Nah, itulah beberapa contoh hewan mamalia baik yang hidup di darat maupun yang hidup di air. Dengan contoh dan ciri-ciri hewan mamalia di atas, bisakah Anda menyebutkan contoh-contoh lain dari mamalia yang hidup di sekitar lingkungan Anda?

0 Response to "10 Ciri-Ciri dan 12 Contoh Hewan Mamalia Darat dan Perairan"