eBiologi.com

5 Contoh Bunga Sempurna, Bagian-bagian, dan Gambarnya

Berdasarkan kelengkapan organ reproduksinya, bunga pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu bunga sempurna atau bunga lengkap dan bunga tidak sempurna atau bunga tidak lengkap. Apakah bunga sempurna dan bunga tidak sempurna itu? Apa saja bagian-bagian bunga yang tidak dimiliki bunga tidak sempurna? Apa saja contoh bunga sempurna dan bunga tidak sempurna itu? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Bunga Sempurna

Sebelum membahas tentang contoh-contoh bunga sempurna, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa itu pengertian bunga sempurna.

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (kepala putik) dalam satu duduk bunga. Bagian-bagian bunga sempurna tersebut digunakan sebagai alat reproduksi untuk menghasilkan biji atau calon individu baru.

Benang sari adalah bagian bunga sempurna yang umumnya berbentuk serbuk yang menempel di kepala sari. Bagian ini berfungsi sebagai kelamin jantan yang akan membuahi sel kelamin betina. Sementara kepala putik adalah bagian bunga sempurna yang berfungsi sebagai organ kelamin betina biasanya berbentuk cekungan atau lubang tempat masuknya benang sari. Perhatikan gambar bagian-bagian bunga sempurna di bawah ini untuk membedakan antara benang sari dan putik.

Contoh Bunga Sempurna

Bunga yang memiliki organ kelamin jantan dan betina dalam satu duduk bunga dapat kita temukan pada beberapa tumbuhan yang terdapat di sekitar lingkungan kita, di antaranya adalah bunga kembang sepatu, bunga alamanda, bunga kamboja, bunga matahari, bunga anggrek, bunga tulip, bunga mawar, bunga lily, bunga morning glory, bunga bougenvil, bunga tomat, bunga kopi, bunga strawberi. Berikut kami telah cantumkan beberapa gambar contoh bunga sempurna tersebut lengkap dengan pembahasannya!

1. Bunga Kembang Sepatu

Contoh bunga sempurna yang pertama adalah bunga kembang sepatu. Bunga ini memiliki benang sari dan kepala putik pada satu duduk bunga. Benang sari dan kepala putik pada bunga kembang sepatu terletak saling berdekatan sehingga proses penyerbukan menjadi semakin muda terjadi. Penyerbukan bunga kembang sepatu selain dapat dibantu oleh serangga, juga dapat terjadi karena bantuan angin (anemogami).

2. Bunga Alamanda

Bunga alamanda adalah bunga berwarna kuning yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman penghias pekarangan. Bunga ini juga termasuk contoh bunga sempurna. Kepala putik dan benang sarinya terdapat di cekungan mahkota bunga bagian dalam.

3. Bunga Bougenvil

Bunga bougenvil atau yang biasa disebut bunga kertas adalah salah satu bunga sempurna yang banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia. Bunga ini memiliki putik dan benang sari dalam satu duduk bunga sehingga sangat mudah menyerbuk. Akan tetapi, meski demikian bunga ini ternyata justru lebih sering kali diperbanyak menggunakan metode stek.

Contoh Bunga Sempurna

4. Bunga Matahari

Bunga matahari adalah bunga yang memiliki sifat khas. Bunga ini selalu menghadap ke arah matahari. Biji bunga yang dihasilkan dari proses penyerbukan bunga matahari, sering digunakan sebagai bahan baku cemilan. Biji bunga matahari sangat kaya vitamin E sehingga baik untuk kesehatan kulit.

5. Bunga Anggrek

Bunga anggrek cukup populer sebagai bunga hias di masyarakat Indonesia. Bunga ini diperbanyak melalui metode kultur jaringan karena meskipun benang sari dan kepala putiknya terdapat dalam satu duduk bunga, ia sulit melakukan penyerbukan akibat adanya inhibitor.

Nah, demikianlah beberapa contoh bunga sempurna atau bunga lengkap dari tumbuhan yang ada di sekitar kita lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Setelah memahami contoh dan bagian-bagian bunga sempurna di atas, silakan lanjutkan membaca pembahasan kami pada artikel berikutnya, yakni mengenai contoh bunga tidak sempurna.

0 Response to "5 Contoh Bunga Sempurna, Bagian-bagian, dan Gambarnya"