eBiologi.com

8 Contoh Bunga Tidak Sempurna, Gambar dan Bagian-bagiannya

Setelah membahas tentang beberapa contoh bunga sempurna, pada artikel kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yakni mengenai contoh bunga tidak sempurna. Apakah bunga tidak sempurna itu? Apa saja contoh bunga tidak sempurna yang terdapat di sekitar lingkungan kita? Untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, silakan simak pembahasan berikut!

Contoh Bunga Tidak Sempurna

Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki 1 alat kelamin saja dalam setiap duduk bunganya. Bunga tidak sempurna bisa hanya memiliki putik saja, atau hanya memiliki benang sari saja. Bunga yang memiliki putik saja akan termodifikasi dan tumbuh menjadi buah dan biji karena proses penyerbukan, sementara bunga tidak sempurna yang memiliki benang sari saja tidak akan termodifikasi menjadi buah, melainkan hanya rontok setelah selesai menjalankan fungsinya dalam membuah bunga betina.

Contoh Bunga Tidak Sempurna

Ada banyak contoh bunga tidak sempurna yang dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita. Berikut ini kami akan membahas beberapa contoh bunga tersebut lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

1. Bunga Jagung

Bunga jagung termasuk contoh bunga tidak sempurna karena dalam satu pohon terdapat bunga jantan dan bunga betina yang tidak berada dalam satu duduk bunga. Bunga jantan pada jagung terdapat pada pucuk tanaman, sementara bunga betinanya berada dalam pelepah atau ketiak daun. Inilah yang menyebabkan kenapa buah jagung muncul dari sela-sela pelepahnya.

2. Bunga Pepaya

Bunga pepaya juga tergolong contoh bunga tidak sempurna. Bunga pepaya memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah. Kadang kali bahkan dalam satu pohon pepaya, kita tidak akan menemukan salah satu dari 2 jenis kelamin bunga.

3. Bunga Kelapa Sawit

Kelapa sawit memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah. Coba perhatikan kedua bunga kelapa sawit ini? Kira-kira, manakah yang bunga jantan dan manakah yang bunga betina.

Contoh Bunga Tidak Sempurna

4. Bunga Kelapa

Sama seperti kelapa sawit, bunga-bunga dari keluarga palmae seperti kelapa juga termasuk contoh bunga tidak sempurna. Bunga jantan biasanya berukuran panjang. Benang sari menempel pada tangkai sarinya. Sementara bunga betina berukuran pendek dan memiliki lubang. Bunga betina inilah yang bila terserbuki akan berubah menjadi buah kelapa. [Baca Juga : Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya]

5. Bunga Salak

Pernahkah Anda memperhatikan bunga salak? Bunga salak ternyata juga termasuk jenis bunga tidak sempurna. Dalam satu tandan, terdapat bunga jantan dan ribuan bunga betina yang terletak secara terpisah. Anda bisa melihat gambar bunga salak di atas untuk membuktikannya!

Contoh Bunga Tidak Sempurna

6. Bunga Kamboja

Bunga kamboja merupakan bunga suci dalam kepercayaan agama Hindu. Bunga ini akan dengan mudah kita temukan di Pulau Bali. Bunga kamboja memiliki kelamin jantan dan betina dalam duduk bunga yang berbeda, oleh karenanya, bunga ini juga termasuk contoh bunga tidak sempurna.

7. Bunga Pinus

Apakah Anda pernah melihat bunga pinus? Ya, bunga pinus juga termasuk bunga tidak sempurna. Bunga jantannya berada di bagian paling atas, sementara bunga betinanya mengelilingi tangkai dari bunga jantannya.

8. Bunga Melinjo

Melinjo termasuk tanaman angiospermae atau berbiji tertutup. Tanaman ini memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah. Bunga jantannya berbentuk memanjang, sedangkan bunga betinannya berjejer dalam tangkai yang berbeda.

Nah, itulah beberapa contoh bunga tidak sempurna lengkap dengan gambar dan pembahasannya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda semakin paham tentang apa bunga sempurna dan bunga tidak sempurna itu. Semoga bermanfaat!

0 Response to "8 Contoh Bunga Tidak Sempurna, Gambar dan Bagian-bagiannya"