eBiologi.com

18 Contoh Daun Melengkung, Pembahasan dan Gambarnya

Setelah membahas tentang contoh-contoh dari tanaman dengan tulang daun menjari, menyirip, dan sejajar, pada artikel kali ini kita akan membahas daun dengan jenis susunan tulang daun melengkung. Tulang daun melengkung dapat kita temukan pada beragam daun tumbuhan monokotil, berikut ini kita akan bahas satu persatu contoh daun melengkung tersebut lengkap dengan gambar dan pengertiaannya.

Contoh Daun Melengkung

Daun melengkung (cervinervis) adalah daun dengan satu ibu tulang daun yang membujur dari pangkal hingga ke ujung, di mana anak-anak tulang daunnya melengkung sejajar mengikuti arah ibu tulang daunnya. Anak tulang daun melengkung dari satu isi ibu tulang daun dan akan bertemu pada sisi yang lainnya. Secara sederhana, perhatikan tulang daun akasia yang merupakan salah satu contoh daun melengkung pada gambar di bawah ini.

Contoh Daun Melengkung

Selain pada daun alkasia, kita juga dapat menemukan beberapa contoh daun melengkung pada berbagai jenis tumbuhan monokotil lainnya, seperti gadung, genjer, sirih, daun uwi, daun kandri, daun gotong royong, dan lain sebagainya. Berikut ini kami telah merangkum contoh tumbuhan dengan daun melengkung tersebut lengkap dengan gambarnya.

1. Daun Gadung

Contoh daun melengkung yang pertama adalah daun gadung. Gadung merupakan tumbuhan merambat yang menghasilkan umbi beracun. Umbi gadung mengandung sianida tinggi sehingga dapat membuat seseorang yang memakannya mengalami pusing, mual, dan gejala keracunan lainnya. Umbi gadung harus diolah secara tepat dengan cara menghilangkan racunnya terlebih dahulu baru kemudian dapat dimasak menjadi keripik gadung.

Contoh Daun Melengkung

2. Daun Genjer

Genjer adalah contoh tumbuhan hidrofit yang mampu melakukan adaptasi morfologi. Tumbuhan ini hidup di daerah ekosistem air tawar dengan cara mengambang di permukaannya. Genjer memiliki daun yang lebar dengan susunan tulang daun yang melengkung.

3. Daun Sirih

Daun sirih merupakan daun yang kaya akan kandungan minyak atsiri. Oleh karenanya sangat wajar jika daun tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit. Daun dengan tulang melengkung ini juga memiliki kandungan antifungi sehingga dapat pula digunakan sebagai bahan pembuatan pestisida nabati.

4. Daun Gotong Royong

Tumbuhan gotong royong atau biasa disebut rumput merdeka (Euphorbia hirta) merupakan tumbuhan yang memiliki daun dengan tulang melengkung. Daun gotong royong mengandung minyak atsiri yang tinggi dan bisa digunakan sebagai obat penyembuhan luka atau gatal-gatal.

5. Daun Akasia

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa tumbuhan akasia memiliki daun dengan tulang yang melengkung. Anak tulang daun akasia akan bertemu di ujung daun dengan ibu tulang daunnya. Perhatikan gambar di atas untuk memahaminya!

6. Daun Wewean

Sama seperti genjer, wewean juga termasuk tumbuhan hidrofit. Wewean tumbuh di daerah ekosistem air tawar dan sering menjadi gulma bagi tanaman padi. Daun dari tumbuhan ini juga termasuk contoh daun dengan tulang daun melengkung.

Contoh Daun Melengkung

7. Daun Waru

Contoh daun melengkung selanjutnya adalah daun waru. Tumbuhan waru adalah tumbuhan pohon yang sering kali hidup di daerah pegungungan. Daun tumbuhan ini melebar dengan satu ibu tulang daun dan beberapa anak tulang daun yang tersusun melengkung terhadap ibu tulang daunnya.

8. Daun Babadotan

Babadotan adalah rumput liar yang sering menjadi gulma di lahan milik petani. Akan tetapi, tumbuhan ini sebetulnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan fungisida nabati karena kandungan minyak atsirinya yang tinggi. Minyak atsiri dari daun babadotan memiliki aroma seperti bau domba, oleh karenanya daun ini oleh masyarakat Sunda sering disebut dengan nama daun babadotan.

Nah, demikianlah beberapa contoh daun melengkung yang dapat kita temukan pada tumbuhan yang hidup di sekitar lingkungan kita. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Salam.

0 Response to "18 Contoh Daun Melengkung, Pembahasan dan Gambarnya"