eBiologi.com

20 Contoh Daun Sejajar, Pembahasan, dan Gambarnya

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang beberapa contoh daun tumbuhan dengan tulang daun yang tersusun menjari. Pada artikel kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan tersebut yakni mengenai contoh daun sejajar. Seperti apakah susunan tulang daun sejajar itu? Apa saja contoh daun sejajar yang dapat kita temukan pada tanaman di sekitar lingkungan tempat tinggal kita? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Contoh Daun Sejajar

Daun sejajar (rectinervis) adalah daun tumbuhan yang memiliki tulang daun dengan susunan sejajar. Biasanya daun dengan tulang semacam ini dapat kita temukan pada tumbuhan monokotil dengan daun yang berbentuk pita.

Daun tulang sejajar memiliki satu ibu tulang daun yang terletak di bagian tengah. Ibu tulang daun ini berukuran besar membujur dari pangkal hingga ujung daun. Sementara anak tulang daun berukuran lebih kecil dengan posisi sejajar ibu tulang daunnya, yakni sama-sama membujur dari pangkal hingga ujung daun.

Contoh Daun Sejajar

Daun dengan tulang daun sejajar dapat kita temukan pada beberapa tumbuhan di sekitar kita. Contoh daun sejajar misalnya dimiliki oleh tumbuhan dalam keluarga palmae (palem-paleman), keluarga graminae (rumput-rumputan), dan keluarga cyperaceae (teki-tekian). Berikut ini kami telah merangkum beberapa contoh daun sejajar lengkap dengan gambar-gambarnya!

1. Daun Padi

Contoh daun bertulang sejajar yang pertama adalah padi. Padi termasuk tumbuhan monokotil dalam keluarga graminae. Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk pita. Daun padi memanjang dengan tulang daun membujur dari pangkal hingga ujungnya.

2. Daun Jagung

Jagung juga termasuk tumbuhan yang memiliki daun bertulang sejajar. Daun jagung berbentuk seperti pita dengan ibu dan anak tulang daun membujur dari pangkal pelepah hingga ujung daunnya. Sisi daun jagung sering kali sangat tajam sehingga kita harus berhati-hati jika memasuki kebun jagung supaya kulit kita tidak tersayat.

3. Daun Tebu

Tebu adalah tanaman penghasil gula yang banyak dibudidayakan di daerah tropis. Tanaman ini juga merupakan contoh daun sejajar. Bentuknya menyerupai pita dan tulang daunnya membujur dari pangkal hingga ujung. Tebu juga termasuk tumbuhan dalam keluarga rumput-rumputan.

4. Daun Kelapa dan Kelapa Sawit

Kelapa dan kelapa sawit adalah dua tanaman penghasil minyak nabati terbesar di dunia. Kedua daun tumbuhan monokotil ini juga adalah contoh daun sejajar. Ibu tulang daunnya sering kali kita gunakan sebagai sapu lidi, sementara anak tulang daunnya terikut dalam helaian daunnya.

5. Daun Aren

Sama sepert kelapa dan kelapa sawit, aren juga termasuk jenis tumbuhan dalam keluarga Palmae. Tumbuhan ini pun memiliki daun dengan tulang yang sejajar. Tulang daun aren umumnya lebih besar di antara tulang daun tumbuhan keluarga palmae lainnya.

Contoh Daun Sejajar

6. Daun Teki

Contoh daun sejajar selanjutnya adalah daun teki. Daun teki dan daun tumbuhan lainnya yang termasuk keluarga teki-tekian (cyperaceae) memang memiliki daun yang berbentuk pita. Tulang daunnya menjalar dari ujung ke pangkal daun dekat dengan tangkai.

7. Daun Alang-alang

Alang-alang (Cyperus kilingia) adalah gulma berbahaya pada setiap tanaman produksi. Bagi petani, keberadaan alang-alang di lahannya akan dianggap sangat merugikan. Selain meningkatkan persaingan unsur hara, alang-alang juga mengeluarkan zat alelopati yang berupa senyawa racun bagi tumbuhan lain di sekitarnya termasuk tanaman yang dibudidayakan. Perlu diketahui, daun alang-alang juga termasuk contoh daun sejajar.

8. Daun Rumput Gajah

Rumput gajah saat ini banyak dibudidayakan sebagai pakan ternak hewan ruminansia, seperti kambing, sapi, dan kerbau. Dengan bentuknya yang menyerupai pita, daun rumput gajah juga termasuk contoh daun bertulang daun sejajar.

9. Daun Sereh

Sereh lazimnya digunakan sebagai bumbu masak, selain itu, tumbuhan rempah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan herbal pengobatan beragam jenis penyakit. Daun tumbuhan ini menyerupai pita dengan tulang daun yang sejajar.

Contoh Daun Sejajar

10. Daun Bambu

Contoh daun sejajar yang terakhir adalah daun bambu. Anda bisa melihat bagaimana susunan tulang daunnya yang sejajar dengan melihat gambar di atas.

Nah, demikian beberapa contoh daun sejajar beserta gambar dan keterangannya. Dari pemaparan di atas, bisa kita simpulkan bahwa tumbuhan yang memiliki tulang daun sejajar adalah tumbuhan-tumbuhan monokotil, sementara tumbuhan dengan daun menyirip atau menjari dapat ditemukan pada tumbuhan-tumbuhan dikotil. Selanjutnya : contoh daun melengkung.

0 Response to "20 Contoh Daun Sejajar, Pembahasan, dan Gambarnya"