eBiologi.com

5 Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi + Kurvanya

Kecepatan atau laju suatu reaksi kimia dapat diperlambat atau dipercepat karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Adapun faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia sendiri ada 5 banyaknya, di antaranya yaitu pengaruh suhu, pengaruh konsentrasi, pengaruh luas permukaan, pengaruh tekanan, dan pengaruh katalis. Berikut pada artikel kali ini kami akan membahas kelima faktor tersebut lengkap dengan grafik ilustrasinya. Silakan disimak dan dipahami!

Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

1. Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

Hampir semua reaksi kimia akan memiliki laju yang lebih cepat pada suhu atau temperatur yang lebih tinggi. Kecepatan laju reaksi kimia sebanding dengan besar suhu reaksinya.

Pengaruh suhu terhadap laju reaksi dapat terjadi karena kenaikan suhu akan meningkatkan besarnya energi kinetik dari setiap partikel zat yang bereaksi. Peningkatan energi kinetik ini membuat partikel zat bergerak lebih cepat sehingga tumbukan antar partikel juga akan semakin efektif, semakin sering, dan semakin cepat.

Dari beberapa penelitian dan uji coba diketahui bahwa setiap peningkatan suhu sebanyak 10 derajat Celcius maka akan terjadi peningkatan laju reaksi sebesar 2 kali lipat.

2. Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi

Selain suhu, konsentrasi zat pereaksi juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Diketahui bahwa pada umumnya, semakin besar konsentrasi zat yang bereaksi maka akan semakin besar pula kecepatan atau laju reaksi tersebut.

Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi dapat terjadi karena kenaikan konsentrasi akan meningkatkan jumlah partikel zat yang bereaksi sehingga kemungkinan terjadinya tumbukan antar partikel juga menjadi semakin besar.

3. Pengaruh Tekanan terhadap Laju Reaksi

Beberapa reaksi ada yang melibatkan pereaksi dalam wujud gas. Dalam reaksi yang demikian, tekanan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semakin besar tekanan, akan membuat volume pereaksi semakin kecil dan menjadikan konsentrasi pereaksi menjadi semakin besar. Seperti diketahui, konsentrasi zat pereaksi yang semakin besar akan membuat laju reaksi berjalan semakin cepat.

4. Pengaruh Luas Permukaan terhadap Laju Reaksi

Luas permukaan sentuh juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semakin luas suatu permukaan sentuh, maka laju reaksi akan berjalan semakin cepat. Hal ini karena semakin luas permukaan sentuh akan membuat tumbukan yang terjadi dalam reaksi akan semakin banyak dalam satuan waktu.

Pengaruh luas permukaan sentuh terhadap laju reaksi dapat kita buktikan dengan percobaan sederhana. Jika kita merebus air bervolume sama dan suhu yang sama tapi dalam wadah dengan luas yang berbeda maka kecepatan mendidihnya air akan berbeda. Air yang direbus pada wadah dengan penampang luas pasti akan mendidih lebih dulu dibandingkan air yang direbus pada wadah dengan penampang sempit.
Baca Juga : Faktor yang Mempengaruhi Curah Hujan

5. Pengaruh Katalis terhadap Laju Reaksi

Katalis atau katalisator adalah suatu zat yang dapat mempercepat reaksi dengan bergabung dalam reaksi itu sendiri tanpa mengalami perubahan. Katalis berperan dalam proses reaksi tapi bukan sebagai produk maupun sebagai zat pereaksi.

Semakin besar jumlah katalis dalam suatu reaksi maka akan semakin besar pula laju reaksi tersebut. Hal ini karena katalis mampu menurunkan energi aktivasi pada zat-zat yang bereaksi sehingga menyebabkan pereaksi dapat bergerak dan menciptakan tumbukan dengan cepat.

Contoh katalis dapat dengan mudah kita temukan di sekitar lingkungan kita. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat di tubuh kita misalnya, juga merupakan contoh katalis kompleks yang dapat mempercepat laju reaksi pencernaan makanan di tubuh kita. Untuk mengetahui fungsi enzim sebagai biokatalisator dalam mempercepat reaksi biokimia di dalam tubuh kita silakan baca artikel ini.

Nah, demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai faktor faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Semoga penjelasan ini dapat dengan mudah Anda pahami dan membantu kesulitan Anda dalam belajar. Jika ada sesuatu yang sulit dipahami, silakan sampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "5 Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi + Kurvanya"