eBiologi.com

8 Obat Digigit Tawon Alami dan Cara Penggunaannya, No 4 Paling Manjur!

Tawon adalah salah satu serangga yang dapat menggigit dan menimbulkan luka serius pada tubuh manusia. Bisa racun akibat gigitan tawon kadang kali bahkan dapat menyebabkan demam panjang, terlebih jika jumlah gigitan tawon lebih dari satu. Nah, jika suatu ketika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gigitan tawon, cobalah untuk mengobatinya dengan beberapa bahan sederhana yang dapat dengan mudah Anda temukan. Berikut ini kami telah menyusun beberapa obat digigit tawon yang dapat Anda aplikasikan.

Obat Digigit Tawon

Ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat disengat tawon. Masing-masing bahan tentunya memiliki efektivitas yang berbeda-beda. Nah, di antara obat-obatan tersebut, sedikitnya ada 8 obat alami dengan efektivitas tinggi. Berikut ini daftar obat tersebut dan cara penggunaanya.

Obat Digigit Tawon

1. Daun Tembakau

Untuk pertolongan pertama terhadap luka sengatan tawon, Anda bisa menggunakan daun tembakau kering atau basah sebagai pencegahan penyebaran racun. Nikotin dalam tembakau memang merupakan obat alami yang sangat manjur untuk menangani bisa racun pada luka gigitan beberapa hewan. Cara penggunaannya yaitu cabutlah jarum sengat di kulit Anda, kunyah daun tembakau agar bercampur dengan ludah, kemudian tempelkan pada luka sengatannya.

2. Es Batu

Obat digigit tawon selanjutnya yang tentunya paling mudah untuk ditemukan adalah es batu. Kompreslah bekas gigitan tawon yang terdapat di bagian tubuh Anda kurang lebih selama 20 menit. Perlakuan ini akan membuat aliran darah menjadi lambat dan mencegah penyebaran racun sengatan ke sekitar letak sengatan. Selain itu, dengan treatmen sederhana ini, rasa gatal atau rasa sakit juga dapat diminimalkan karena sel syaraf di sekitar letak sengatan akan berhibernasi untuk sementara.

3. Odol atau Pasta Gigi

Racun gigitan tawon sebetulnya bersifat asam. Oleh karenanya, untuk menjadikan racun ini netral dan tawar, kita dapat menambahkan sedikit bahan basa seperti odol atau pasta gigi ke sekitar letak gigitan. Balurkan odol secara merata di kulit yang tersengat selama 2 jam hingga odol mengering. Rasa hangat akan membuat luka sengatan Anda terasa sedang digaruk.

4. Pasta soda kue

Untuk khasiat yang lebih manjur, Anda juga dapat membuat obat digigit tawon dari beberapa bahan mujarab. Bahan tersebut kami namai pasta soda kue. Pasta ini dibuat dari campuran soda kue atau baking soda, asam cuka, dan bubuk daun pepaya dengan perbandingan 1:1:1. Pasta dioleskan pada bagian tubuh yang tersengat lebah, Anda akan mendengar suara mendesis sebagai reaksi obat ini. Biarkan pasta mengering di kulit selama 20 menit, jika masih terasa sakit ulangi pemberian untuk beberapa saat.

5. Deodoran

Deodoran yang biasa digunakan untuk mencegah bau ketiak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat digigit tawon yang mudah diaplikasikan. Deodoran, misalnya seperti merk Rexona dapat dioleskan pada area sekitar gigitan untuk menghilangkan gejala seperti denyutan yang muncul akibat masuknya racun ke dalam pembuluh darah.

Obat Digigit Tawon Alami

6. Madu

Untuk sengatan lama yang masih terasa membengkak, Anda juga dapat menggunakan madu alami sebagai obat penghilang rasa sakit. Oleskan madu alami pada area sekitar tubuh yang tersengat dan rasakan sensasi dingin dan lembut yang membuat Anda nyaman.

7. Bawang Bombay

Cara ini merupakan cara pengobatan sengatan tawon yang paling mujarab menurut pengalaman saya. Bawang bombay mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antitoksik. Dengan menekan luka sengatan menggunakan irisan bawang bombay, efek racun yang ditimbulkan sengatan akan berangsur-angsur mati.

8. Kentang Mentah

Untuk menghilangkan sensasi rasa panas, Anda juga dapat menggunakan irisan kentang mentah sebagai obat digigit tawon yang cukup mujarab. Ambil satu buah kentang berukuran sedang, potong menjadi 2 bagian dan tempelkan irisan tersebut pada luka sengatan yang membengkak. Anda akan merasakan kenyamanan dan luka Anda akan lebih cepat kempis.

Nah, demikianlah beberapa bahan herbal yang dapat Anda gunakan sebagai obat digigit tawon mujarab. Semoga dengan memanfaatkan salah satu dari daftar obat-obat tersebut, luka gigitan yang bersarang di kulit Anda dapat lekas membaik. Salam.

0 Response to "8 Obat Digigit Tawon Alami dan Cara Penggunaannya, No 4 Paling Manjur!"