eBiologi.com

12 Contoh Rantai Makanan di Hutan, Gambar, dan Penjelasannya

Hutan termasuk ekosistem yang terbentuk secara alami. Oleh karena itu, tak heran jika keanekaragaman hayati yang terdapat di ekosistem ini sangatlah tinggi. Dengan demikian, ketika kita membahas tentang rantai makanan di hutan, maka akan kita menemukan sangat banyak contohnya sebagai interaksi antara komponen ekosistem biotik di dalamnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa contoh rantai makanan di hutan tersebut lengkap dengan gambar-gambarnya. Silakan disimak!

Rantai Makanan di Hutan

Sebelum membahas tentang beberapa contoh rantai makanan di hutan, mari kita mengulas kembali tentang apa yang dimaksud dengan rantai makanan.

Rantai Makanan di Hutan

Rantai makanan adalah suatu bagan aliran energi yang terbentuk melalui interaksi makan dan dimakan antar komponen biotik dalam ekosistem. Rantai makanan mengalirkan energi biokimia dari satu organisme ke organisme berikutnya mengikuti jenjang tingkatan trofik tertentu. dalam rantai makanan, organisme produsen (autotrof) yang dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis adalah yang berperan sebagai organisme tingkat trofik terendah.

Dalam ekosistem hutan, ada banyak sekali contoh rantai makanan yang berlangsung setiap harinya. Berikut ini beberapa contoh dari rantai makanan tersebut.

1. Energi matahari - rumput - kelinci - serigala - pengurai

Contoh pertama yaitu rantai makanan yang terjadi pada rumput sebagai produsennya. Rumput menghasilkan energi dengan melakukan fotosintesis melalui bantuan cahaya matahari. Daun-daunan yang dihasilkan rumput mengandung energi sehingga dimakan oleh kelinci. Sebagai herbivora, kelinci kemudian dimakan oleh serigala. Dalam hal ini, serigala berperan sebagai predator teratas yang akan langsung berhubungan dengan organisme pengurai saat mati.

2. Energi matahari - tanaman - tikus - ular - elang - pengurai

Contoh rantai makanan di hutan berikut ini hampir mirip dengan contoh rantai makanan di sawah. Mula-mula, tanaman yang menghasilkan berbagai buah dari proses fotosintesis yang dilakukannya dimakan oleh tikus, tikus dimakan oleh ular, ular dimakan oleh elang, dan elang menjadi predator teratas. Dalam berbagai kondisi, elang tidak dikonsumsi oleh organisme lainnya sehingga ia sering disebut organisme tingkat trofik paling tinggi. [Baca Juga : Rantai Makanan di Laut]

3. Energi matahari - rumput - kambing - harimau – pengurai

Rantai makanan di hutan berikutnya terjadi saat rumput dimakan kambing liar sebagai herbivora, kambing dimakan harimau sebagai karnivora, dan harimau membusuk akan diuraikan oleh detritivor atau organisme pengurai. Adapun karena keberadaan harimau selaku organisme tingkat trofik tertinggi yang semakin langka, rantai makanan dengan pola ini sudah sangat jarang terjadi.

4. Energi matahari – tanaman buah - monyet – ular phiton – pengurai

Contoh terakhir dari rantai makanan di hutan melibatkan ular phiton sebagai organime tingkat trofik tertinggi. Rantai makanan ini dimulai oleh tanaman buah yang menghasilkan berbagai buah-buahan. Buah tersebut dimakan monyet atau tupai sebagai herbivora, lalu tupai dan monyet tersebut kemudian dimakan oleh ular phiton.

Nah, demikianlah beberapa contoh rantai makanan di hutan beserta gambar-gambarnya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang ekosistem dan interaksi antar komponen di dalamnya. Semoga bermanfaat. Salam!

0 Response to "12 Contoh Rantai Makanan di Hutan, Gambar, dan Penjelasannya"