eBiologi.com

14 Contoh Rantai Makanan Di Laut, Gambar, dan Penjelasannya

Ekosistem laut merupakan ekosistem alami yang sangat luas. Saking luasnya, ekosistem ini dibagi menjadi beberapa sub ekosistem, baik berdasarkan kedalamannya maupun berdasarkan jaraknya dari tepi pantai. Karena saking luasnya pula, ekosistem laut memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terlebih bagi ekosistem laut yang masih belum tercemar. Nah, terkait dengan ekosistem laut dan keanekaragaman hayati, di kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan tentang contoh rantai makanan di laut sebagai tambahan pengetahuan bagi adik-adik semua. Silakan disimak!

Rantai Makanan Di Laut

Rantai makanan adalah suatu proses makan dan dimakan yang terjadi antara mahluk hidup secara linier mengikuti tingkat trofik tertentu. rantai makanan juga dapat diartikan sebagai suatu perpindahan energi secara biokimiawi antar mahluk hidup melalui sebuah interaksi makan dan dimakan.

Contoh Rantai Makanan Di Laut dan Gambarnya

Dalam ekosistem laut, terkandung banyak mahluk hidup yang saling memangsa. Adapun organisme yang bertindak sebagai produsen atau organisme yang hidup tanpa memangsa melainkan memperoleh makanan dengan cara membuatnya sendiri beberapa di antanya adalah alga dan fitoplanton. Nah, berikut ini contoh rantai makanan di laut dengan kedua organisme tersebut sebagai produsennya.

1. Energi matahari - alga - ikan kecil - ikan besar - hiu - pengurai

Contoh rantai makanan di laut berikut ini adalah contoh yang terjadi dalam ekosistem laut dalam. Alga yang hidup dengan memperoleh sedikit sinar matahari mampu memproduksi makanan untuk pertumbuhannya. Alga tersebut kemudian dimakan oleh ikan kecil, lalu ikan kecil dimakan oleh ikan besar. Tak berselang lama, ikan besar pun akan dimakan oleh ikan hiu yang menjadi organisme tingkat trofik tertinggi. Setelah hiu mati, ia akan membusuk dari diurai oleh detritivor laut. [Baca Juga : Contoh Rantai Makanan di Sawah]

2. Energi matahari - fitoplankton - ikan kecil - burung bangau - ular laut - pengurai

Contoh rantai makanan dilaut berikut ini adalah contoh yang terjadi di sekitar ekosistem estuari, hutan bakau, dan pesisir pantai. Dalam rantai makanan ini, fitoplankton-lah yang bertindak sebagai organisme autotrof. Fitoplankton mengubah energi matahari menjadi substrat organik yang digunakan untuk pertumbuhannya. Fitoplanton kemudian dimakan oleh ikan kecil, lalu ikan kecil dimakan oleh burung bangau. Burung bangau tidak bertindak sebagai organisme tingkat trofik tertinggi karena ia bisa saja dimangsa oleh ular laut.

3. Energi matahari - fitoplankton - udang - ikan - singa laut - hiu - pengurai

Contoh selanjutnya berikut ini juga terjadi di sekitar ekosistem laut dangkal. Fitoplanton berperan sebagai organisme produsen dimakan oleh udang, udang dimakan ikan, ikan dimakan singa laut, dan singa laut dimakan oleh hiu. Hiu berperan sebagai predator tingkat tinggi dan terurai setelah mati dan dibusukan oleh detritivor.

4. Energi matahari – alga – kepiting – burung pelikan – manusia

Contoh terakhir adalah rantai makanan yang diawali oleh alga sebagai organisme produsennya. Alga dimakan oleh kepiting, kepiting dimakan oleh burung pelikan, dan burung pelikan dimakan oleh manusia. Manusia dalam hal ini bertindak sebagai organisme tingkat trofik tertinggi.

Nah, itulah beberapa contoh rantai makanan di laut beserta keterangan dan gambarnya. Rantai-rantai makanan tersebut apabila digabungkan dan saling dikaitkan maka akan menjadi jaring-jaring makanan. Bisakah Anda saling menghubungkan semua rantai makanan di atas? Silakan dicoba!

0 Response to "14 Contoh Rantai Makanan Di Laut, Gambar, dan Penjelasannya"