eBiologi.com

23 Contoh Rantai Makanan dari Berbagai Ekosistem, Gambar, dan Penjelasannya

CONTOH RANTAI MAKANAN - Interaksi antar mahluk hidup yang terjadi dalam suatu ekosistem ada banyak sekali jenisnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah interaksi makan dan dimakan antar mahluk hidup yang biasa kita kenal dalam istilah rantai makanan. Dalam peristiwa makan dan dimakan tersebut, sejatinya telah terjadi suatu proses perpindahan energi antara jenjang organisme dari tingkat trofik yang rendah ke tingkat trofik yang tinggi. Oleh karena itu, dalam hal ini rantai makanan sering diartikan sebagai suatu proses perpindahan energi makanan yang bergerak secara linier dari organisme produsen ke konsumen teratas.

Nah, di artikel kali ini akan kita bahas secara lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan rantai makanan tersebut lengkap beserta contoh rantai makanan yang terjadi dalam beberapa ekosistem. Silakan disimak!

Contoh Rantai Makanan

Contoh rantai makanan sejatinya dapat dengan mudah kita temukan, bahkan di sekitar tempat tinggal kita. Misalnya, rumput yang tumbuh liar di pekarangan rumah yang dimakan oleh serangga, serangga tersebut dimakan oleh ayam, lalu ayam disembelih dan dimakan oleh kita sebagai konsumen akhir, dan seterusnya.

Contoh Rantai Makanan

Nah, kendati begitu, rantai makanan juga tidak hanya terjadi di sekitar pekarangan rumah kita. rantai makanan juga terjadi di semua ekosistem di bumi ini. Berikut ini contoh contoh rantai makanan dari berbagai ekosistem tersebut lengkap dengan gambarnya yang akan kita bahas satu persatu.


1. Rantai Makanan di Sawah

Yang pertama, mari kita bahas tentang contoh rantai makanan di ekosistem sawah. Sawah merupakan ekosistem buatan yang terdiri dari organisme yang nyaris homogen pada semua tingkat trofik. Dalam ekosistem ini, tanaman padi dan rerumputan menjadi organisme autotrof atau produsen yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, kedua organisme inilah yang menjadi tingkat trofik paling rendah dalam rantai makanan di sawah. Berikut ini contohnya.
  • Energi matahari – Padi – Burung pemakan biji – Ular sawah – Elang – Pengurai.
  • Energi matahari – Rumput – Serangga – Tikus – Ular sawah – Pengurai.
  • Energi matahari – Padi – Tikus – Elang – Pengurai.
  • Energi matahari – Padi – Serangga – Katak – Ular sawah – Elang – Pengurai.
  • Energi matahari – Padi – Keong mas – Katak – Ikan – Ular sawah – Pengurai.

2. Rantai Makanan di Ekosistem Laut

Laut adalah ekosistem perairan yang paling luas di dunia. Oleh karenanya, banyak sekali mahluk hidup yang menjadikan laut sebagai habitatnya. Saking banyak mahluk hidup yang tinggal di laut membuat di dalam ekosistem laut terdapat jaring-jaring makanan yang kompleks. Kendati begitu, dalam hal organisme yang menjadi produsen dalam ekosistem ini umumnya sama, yaitu alga dan fitoplankton. Nah, berikut ini contoh rantai makanan di laut yang telah kami susun.
  • Energi matahari - alga - ikan kecil - ikan besar - hiu - pengurai
  • Energi matahari - fitoplankton - ikan kecil - burung bangau - ular laut - pengurai
  • Energi matahari - fitoplankton - udang - ikan - singa laut - hiu - pengurai

Contoh Rantai Makanan di Laut

3. Rantai Makanan Di Sungai

Sungai disebut ekosistem perairan lotik atau ekosistem perairan yang mengalir. Di sungai, organisme yang berperan sebagai produsen umumnya adalah para algae yang dapat melakukan fotosintesis dengan bantuan cahaya matahari. Berikut ini beberapa contoh rantai makanan di sungai.
  • Energi matahari - alga - ikan - burung bangau - buaya - pengurai
  • Energi matahari - alga - ikan - beruang - pengurai

4. Rantai Makanan Di Hutan

Ekosistem hutan termasuk ekosistem alami yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Oleh karena itu, rantai makanan di ekosistem hutan juga tergolong sebagai rantai yang kompleks. Berikut ini contoh rantai makanan di ekosistem hutan yang dapat kami susun.
  • Energi matahari - rumput - kelinci - ular - elang - pengurai
  • Energi matahari - tanaman - tikus - ular - elang - pengurai
  • Energi matahari - rumput - kambing - harimau - pengurai

Contoh Rantai Makanan di Hutan

5. Rantai Makanan Di Danau

Danau termasuk ekosistem perairan yang terbentuk secara alami. Kendati begitu, adapula danau buatan yang biasanya disebut dengan istilah waduk. Contoh rantai makanan di danau berikut ini menggambarkan tentang peranan fitoplankton yang sangat besar dalam menunjang kehidupan organisme di ekosistem danau.
  • Energi matahari - fitoplankton - zooplankton - larva capung - ikan - burung bangau - pengurai
  • Energi matahari - fitoplankton - ikan - ular - burung elang - pengurai

6. Rantai Makanan Di Ekosistem Gurun

Suhu udara dan ketersediaan air yang sangat sedikit di ekosistem gurun membuat keterbatasan jumlah organisme yang dapat bertahan hidup di sana. Kendati begitu, beberapa tumbuhan xerofit atau tumbuhan yang dapat bertahan dengan ketersediaan air sedikit tetap dapat menjadi produsen bagi kelangsungan hidup organisme gurun. Beberapa contoh rantai makanan di ekosistem gurun berikut ini menggambarkan tentang peran penting tumbuhan xerofit tersebut.
  • Energi matahari - rumput - Cottontail kelinci - rubah kit - coyote - pengurai
  • Energi matahari - rumput - kelinci - ular - elang - pengurai

7. Rantai Makanan Di Ekosistem Kebun

Ekosistem kebun merupakan ekosistem buatan. Oleh karenanya, keanekaragaman mahluk hidup dalam ekosistem ini pun terbilang rendah. Beberapa contoh rantai makanan di kebun telah kami sajikan sebagai mana berikut.
  • Energi matahari - bunga - ulat - burung pipit - elang - pengurai
  • Energi matahari - sawi - ulat - burung - kucing - pengurai

8. Rantai Makanan Di Ekosistem Kolam

Sama seperti ekosistem kebun, ekosistem kolam juga termasuk ekosistem yang secara sengaja dibuat oleh manusia. Peran fitoplankon dan alga dalam rantai makanan di ekosistem ini sangatlah tinggi. Buktinya bisa kita lihat pada bagan berikut.
  • Energi matahari - pitoplankton - ikan - burung bangau - pengurai
  • Energi matahari - alga - ikan - ular - elang - pengurai

9. Rantai Makanan Di Ekosistem Rawa

Rawa adalah daerah yang secara musiman atau permanen selalu tergenang oleh air. Ekosistem rawa biasanya dapat kita temukan di daerah yang dekat dengan laut. Adapun contoh rantai makanan di ekosistem rawa beberapa di antaranya yaitu:
  • Energi matahari - ganggang - ikan - kucing - pengurai
  • Energi matahari - alga - ikan - burung bangau - pengurai

10. Rantai Makanan Di Ekosistem Savana

Savana atau ekosistem padang rumput adalah ekosistem yang umumnya terbentuk di daerah yang beriklim tropis atau subtropis dengan curah hujan antara 25 sd 30 cm per tahun. Karena dihuni oleh banyak rumput, maka ekosistem ini adalah tempat yang paling nyaman bagi para herbivora. Herbovora yang berkumpul di sana membuat karnivora berdatangan untuk memangsa mereka. berikut ini contoh dari rantai makanan yang terjadi secara siklus di ekosistem savana.
  • Energi matahari - rumput - zebra - singa - pengurai
  • Energi matahari - rumput - domba - serigala - pengurai

Nah, demikianlah beberapa contoh rantai makanan di beberapa ekosistem lengkap dengan gambarnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang proses interaksi yang berlangsung di dalam ekosistem. Semoga bermanfaat!

0 Response to "23 Contoh Rantai Makanan dari Berbagai Ekosistem, Gambar, dan Penjelasannya"