eBiologi.com

Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika beserta Penjelasannya

Di alam sekitar kita, setiap hari terjadi suatu proses perubahan benda menjadi benda lainnya karena pengaruh faktor lingkungan. Perubahan benda sendiri dalam ilmu sains dapat digolongkan menjadi 2, yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Apa itu perubahan fisika? Dan apa itu perubahan kimia? Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu dari jenis perubahan tersebut, yaitu perubahan fisika, mulai dari pengertian hingga contoh dan penjelasannya. Silakan disimak!

Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika

Menurut Wikipedia, perubahan fisika adalah suatu perubahan pada benda karena pengaruh suhu dan sifat fisik lingkungan. Perubahan fisika dapat dikenali dengan beberapa ciri. Ciri-ciri perubahan fisika tersebut antara lain; perubahan tidak menghasilkan jenis zat baru, zat yang berubah bisa kembali ke bentuk semula, dan hanya diikuti perubahan sifat fisiknya saja.

Perubahan Fisika

Perubahan fisika sendiri berdasarkan faktor yang mempengaruhinya dibedakan menjadi 4 macam, yaitu perubahan fisika yang mengubah wujud zat, perubahan fisika yang mengubah ukuran zat, perubahan fisika yang mengubah volume zat, dan perubahan fisika yang mengubah bentuk zat. Berikut ini kami jelaskan masing-masing jenis perubahan fisika tersebut lengkap dengan contohnya.

1. Perubahan Fisika yang Mengubah Wujud Zat

Perubahan fisika yang mengubah wujud zat umumnya dipengaruhi oleh faktor suhu atau temperatur lingkungan. Perubahan fisika ini dapat digolongkan menjadi 6 jenis yang didasarkan pada wujud cair, padat, dan gas dari suatu benda. Keenam jenis perubahan wujud zat tersebut beserta contoh perubahan fisika yang terjadi antara lain

Contoh Perubahan Fisika
  1. Mencair adalah perubahan zat dari wujud padat ke wujud cair. Contohnya perubahan es yang mencair menjadi air.
  2. Membeku adalah perubahan zat dari wujud cair ke wujud padat. Contohnya perubahan air yang membeku menjadi es dan cairan logam yang membeku logam padat.
  3. Mengembun adalah perubahan zat dari wujud gas ke wujud cair. Contohnya perubahan uap air yang mengembun menjadi air di pagi hari.
  4. Menguap adalah perubahan zat dari wujud cair ke wujud gas. Contohnya perubahan air yang menjadi uap saat dipanaskan di atas kompor.
  5. Menyublim adalah perubahan zat dari wujud padat ke wujud gas. Contohnya perubahan kapur barus menjadi gas yang beraroma kamper.
  6. Deposisi adalah perubahan zat dari wujud gas ke wujud padat. Contohnya gas kapur barus yang dikristalisasi menjadi padat.

2. Perubahan Fisika yang Mengubah Ukuran Zat

Perubahan fisika yang mengubah ukuran zat umumnya dipengaruhi oleh faktor mekanis yang bersentuhan langsung dengan zat tersebut seperti karena dipotong, dipecah, digiling, dan dicincang. Contoh perubahan fisika ini adalah biji kopi yang ditumbuk menjadi serbuk kopi atau beras yang ditumbuk menjadi tepung beras.

3. Perubahan Fisika yang Mengubah Volume Zat

Perubahan fisika yang mengubah volume zat umumnya juga dipengaruhi oleh faktor suhu atau temperatur lingkungan. Perubahan volume suatu zat karena pengaruh suhu cenderung lebih sering disebut dengan istilah pemuaian. Contoh perubahan fisika ini misalnya pemuaian rel kereta api di musim kemarau karena faktor suhu udara yang panas.

4. Perubahan Fisika yang Mengubah Bentuk Zat

Perubahan fisika yang mengubah bentuk zat dapat terjadi jika zat atau benda tersebut dipukul, diremas, atau diubah menggunakan alat bantu mesin. Contoh perubahan fisika ini misalnya kayu yang diubah bentuknya menjadi kursi, meja, dan lemari atau tanah liat yang diubah menjadi hiasan seperti guci, vas bunga, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian perubahan fisika dan contoh contoh perubahan fisika lengkap dengan ciri-ciri dan jenisnya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Salam.

0 Response to "Pengertian dan Contoh Perubahan Fisika beserta Penjelasannya"