eBiologi.com

Rantai Makanan Di Sawah, Contoh, dan Gambar Lengkapnya

Ekosistem sawah merupakan ekosistem buatan yang diperuntukan sebagai lahan budidaya tanaman padi. Karena termasuk ekosistem buatan, maka keanekaragaman hayati dari ekosistem ini terbilang cukup rendah. Jenis tumbuhan yang tumbuh di ekosistem ini didominasi oleh tanaman padi sehingga organisme di tingkat trofik selanjutnya juga termasuk organisme pemakan padi.

Rantai Makanan Di Sawah

Nah, terkait dengan ekosistem sawah, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang beberapa contoh rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem ini. Semoga dengan dilengkapi gambar, adik-adik semua dapat memahami contoh-contoh tersebut dengan mudah.
rantai makanan di sawah

1. Energi matahari – Padi – Burung pemakan biji – Ular sawah – Elang – Pengurai

Contoh yang pertama yaitu rantai makanan yang terjadi saat padi di ekosistem sawah sudah mulai berbuah. Energi matahari yang diserap tanaman padi untuk pertumbuhannya menghasilkan biji padi sebagai produk yang siap panen. Akan tetapi, sebagian biji padi tersebut kemudian dimakan oleh burung pemakan biji seperti burung emprit, burung jalak, dan lain sebagainya. Burung-burung ini –terutama anaknya yang baru menetas biasanya sebagian akan dimangsa oleh ular sawah. Nah, ular sawah kemudian dimakan oleh elang sebagai organisme tingkat trofik tertinggi dan jika elang mati, ia akan membusuk karena adanya detritivor.


2. Energi matahari – Rumput – Serangga – Tikus – Ular sawah – Pengurai

Contoh rantai makanan di sawah selanjutnya terjadi dengan rerumputan sebagai produsennya. Seperti diketahui, di sekitar galengan atau tanggul sawah biasanya akan kita jumpai rumput-rumput yang tumbuh liar. Rumput ini menyerap energi matahari dan mengubahnya sebagai bahan baku pertumbuhannya. Daun-daun rumput tersebut –terutama yang masih muda akan dimakan oleh serangga, sementara serangga akan dimakan oleh tikus. Tikus-tikus kemudian dimakan oleh ular sawah sebagai organisme tingkat trofik tertinggi hingga kemudian ia mati dan dibusukan oleh detritivor.

3. Energi matahari – Padi – Tikus – Elang – Pengurai.

Untuk rantai yang lebih pendek, tikus yang memakan padi akan langsung dimakan oleh burung elang. Burung elang ini bertindak sebagai organisme tingkat trofik tertinggi sehingga energi yang tersimpan ditubuhnya akan terurai saat ia mati dan dibusukan oleh organisme pengurai.

4. Energi matahari – Padi – Serangga – Katak – Ular sawah – Elang – Pengurai

Contoh rantai makanan di sawah selanjutnya yaitu tanaman padi yang dimakan oleh serangga, kemudian serangga di makan katak, katak dimakan ular sawah, ular sawah dimakan elang, dan elang mati membusuk dan diuraikan oleh detritivor.

5. Energi matahari – Padi – Keong mas – Katak – Ikan – Ular sawah – Pengurai

Contoh rantai makanan di sawah ini umumnya hanya terjadi saat musim tanam. Tanaman padi yang baru di tanam adalah makanan terbaik yang dipilih keong mas dewasa. Keongmas sendiri saat bertelur, telurnya sering dimakan oleh katak. Katak yang bermain di sekitar sungai merupakan mangsa empuk bagi ikan, sementara ikan adalah makanan terlezat bagi para ular sawah. Dalam hal ini, ular sawah menjadi organisme tingkat trofik tertinggi yang baru akan melanjutkan rantai makanan setelah mati dan membusuk.

Nah, itulah beberapa contoh rantai makanan di sawah lengkap dengan gambar yang dapat kami jelaskan. Jika rantai makanan-rantai makanan tersebut digabungkan, maka akan terciptalah pola baru yang disebut jaring-jaring makanan di ekosistem sawah. Semoga dapat dengan mudah dipahami dan menambah pengetahuan adik-adik semua. Salam.

0 Response to "Rantai Makanan Di Sawah, Contoh, dan Gambar Lengkapnya"