eBiologi.com

10 Contoh Rantai Makanan Di Sungai, Gambar dan Penjelasannya

Ekosistem sungai merupakan ekosistem perairan yang memiliki beberapa karakteristik khusus, di antaranya airnya terus mengalir dari hulu ke hilir, perubahan kondisi fisik dan kimia berlangsung terus menerus, serta memiliki tumbuhan dan hewan yang mampu beradaptasi dalam kondisi air yang mengalir.

Dalam ekosistem sungai, terdapat proses interaksi yang berlangsung antar komponen ekosistem. Salah satunya adalah interaksi makan dan dimakan antar komponen biotik dalam satu rantai makanan. Nah, di kesempatan artikel ini kami akan mengulas beberapa contoh rantai makanan di sungai tersebut lengkap dengan gambar-gambarnya. Silakan disimak!

Rantai Makanan Di Sungai

Sebelum membahas tentang apa saja rantai makanan yang berlangsung di ekosistem sungai, terlebih dahulu mari kita mengulas tentang apa itu rantai makanan.

Rantai Makanan Di Sungai

Rantai makanan merupakan proses perpindahan energi makanan yang terjadi dari sumber daya tumbuhan  ke organisme pada jenjang makan dengan tingkat trofik yang semakin tinggi. Rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dengan organisme autotrof seperti tumbuhan hijau sebagai awalannya.

Di ekosistem sungai, peran organisme autotrof tidak melulu diambil alih oleh tumbuhan hijau tingkat tinggi. Berbagai jenis alga dan fitoplankton juga bertindak sebagai organisme autotrof yang dapat menghasilkan makananya sendiri. Berikut ini contoh rantai makanan di sungai yang sering terjadi.

1. Energi matahari - alga – ikan sepat - burung bangau - buaya - pengurai

Contoh rantai makanan di sungai yang pertama, kita mulai dari alga yang memperoleh makananya sendiri dengan fotosintesis. Alga dimakan oleh ikan sepat, sementara ikan sepat dimakan oleh burung bangau. Burung bangau saat bergerombol kadang kali akan dimakan oleh buaya predator yang menjadi hewan dengan tingkat trofik tertinggi dalam rantai tersebut. Buaya tidak dipredasi oleh organisme lain, tetapi saat ia mati ia akan dimakan atau diuraikan oleh organisme detritivor. [Baca Juga : Rantai Makanan di Hutan]

2. Energi matahari - alga – ikan salmon - beruang - pengurai

Contoh rantai makanan di sungai berikut ini hanya terjadi di daerah dengan iklim sub tropis. Alga yang menjadi produsen dimakan oleh ikan salmon. Ikan salmon adalah ikan dengan gizi tinggi dan merupakan mangsa bagi para beruang. Beruang mengangkapi ikan salmon dengan tangannya sendiri dan memakannya. Dalam hal ini beruang bertindak sebagai karnivora dengan tingkat trofik tertinggi karena tidak ada organisme lain yang dapat mempredasinya.

3. Energi matahari - fitoplankton – keong mas – ikan mas - manusia – pengurai

Contoh selanjutnya yaitu fitoplankton yang menghasilkan energi makanan dengan fotosintesis dipredasi oleh keong mas. Keong mas saat bereproduksi telurnya menjadi makanan bagi ikan mas. Sementara ikan mas akan ditangkap manusia sebagai makanannya. Dalam hal ini, manusia-lah yang menjadi organisme tingkat trofik tertinggi dalam contoh rantai makanan di sungai tersebut.

4. Energi matahari - fitoplankton – yuyu – burung bangau - pengurai

Contoh terakhir dalam rantai makanan di sungai yaitu yuyu atau kepiting darat yang memakan fitoplankton. Yuyu ini kemudian dimakan oleh burung bangau. Sementara burung bangau dimakan oleh buaya. Buaya kembali bertindak sebagai predator tertinggi dalam rantai ini.

Nah, demikian beberapa contoh rantai makanan di sungai beserta penjelasan dan gambarnya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai rantai makanan dan proses interaksi antar komponen biotik dalam ekosistem. Semoga bermanfaat!

0 Response to "10 Contoh Rantai Makanan Di Sungai, Gambar dan Penjelasannya"