eBiologi.com

5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Penjelasannya

Beberapa mahluk hidup mengalami metamorfosis dalam kehidupannya. Ada yang mengalami metamorfosis sempurna, ada pula yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang melalui 4 stadium dalam prosesnya, yaitu stadium telur, larva, pupa dan imago. Sementara metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya melalui 3 stadium saja dalam prosesnya yaitu stadium telur, larva atau nimfa, dan stadium imago, tanpa melalui stadium pupa.

Di artikel kali ini kami akan membahas salah satu dari 2 jenis metamorfosis tersebut, yaitu tentang contoh-contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna dialami oleh beberapa hewan dalam daur hidupnya. Yang menjadi ciri apakah suatu metamorfosis tergolong sempurna adalah ada tidaknya fase pupa atau kepompong yang dialami oleh hewan tersebut dalam siklus metamorfosisnya. Selain itu, ciri lainnya adalah apabila proses metamorfosis yang dialami telah merubah secara drastis bentuk dan fungsi organ pada tubuh hewan yang mengalami metamorfosis. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna berikut ini.

Contoh Metamorfosis Sempurna

1. Metamorfosis Kupu Kupu

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yang pertama adalah kupu-kupu. Ya kupu-kupu jelas mengalami metamorfosis sempurna karena ia mengalami fase pupa atau yang biasa kita sebut kepompong. Kepomping kupu kupu dapat kita temukan menggulung di daun, di tanah, atau di batang tanaman dalam keadaan inaktif. Fase pupa atau kepompong adalah fase peralihan antara stadium larva (ulat) ke stadium imago (kupu-kupu dewasa). Stadium pupa mengubah ulat yang sangat menjijikan dan menakutkan menjadi kupu-kupu yang indah dan berwarna warni. Secara sekilas, ilustrasi proses metamorfosis kupu-kupu dapat Anda lihat pada gambar di atas.


2. Metamorfosis Katak

Benarkah katak termasuk dalam contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna? Apakah katak mengalami fase pupa atau kepompong dalam daur hidupnya?

Katak memang termasuk hewan dengan metamorfosis sempurna meskipun ia tidak mengalami stadium pupa. Metamorfosis katak dikatakan sempurna karena dalam prosesnya terjadi perubahan besar pada organ dan fungsi organ antar setiap stadiumnya. Berudu atau bayi katak awalnya tidak memiliki kaki dan tangan, ia hanya mempunyai satu ekor yang digunakannya untuk berenang di air, untuk bernafas, iapun menggunakan insang yang terletak di bawah perutnya. Lama kelamaan, berudu akan tumbuh dan menyempurnakan fungsi organ di tubuhnya, ia memiliki 4 buah kaki, ekornya mulai menghilang, dan fungsi insang digantikan dengan paru-paru. Berudu yang awalnya hanya dapat hidup di air setelah dewasa dan menjadi katak ia akan dapat hidup di dua alam.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

3. Metamorfosis Lebah

Lebah juga termasuk contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Ia mengalami 4 stadium dalam proses metamorfosis yang dijalaninya. Fase telur, larva, pupa, dan imago pada lebah berlangsung selama 16 sd 23 hari tergantung jenis lebahnya. Untuk diketahui bahwa dalam kerajaan lebah kita dapat menemukan 3 kasta atau tingkatan lebah dalam satu sarang. Ada lebah pekerja yang tugasnya mencari makan dan bekerja membuat sarang, ada lebah prajurit yang tugasnya menjaga sarang dan ratunya dari serangan predator, dan ada ratu lebah yang tugasnya hanya bereproduksi (kawin) untuk menghasilkan keturunan baru. Selengkapnya tentang keunikan metamorfosis lebah bisa Anda temukan di artikel ini.

4. Metamorfosis Nyamuk

Contoh metamorfosis sempurna juga terjadi pada metamorfosis nyamuk. Ya serangga yang setiap malam mengganggu tidur kita ini ternyata mengalami stadium pupa dalam metamorfosisnya. Telur nyamuk menetas setelah 2 hari diletakan induknya. Ia menetas menjadi larva atau jentik nyamuk dan mengalami beberapa kali pergantian kulit (instar) selama 7 hari sebelum akhirnya menjadi pupa di permukaan air selama 12 hari. Setelah melewati fase pupa, nyamuk dewasa yang sudah memiliki sayap akan terbang mencari darah segar. Selengkapnya mengenai metamorfosis nyamuk, Anda bisa mengunjungi link ini.

5. Metamorfosis Lalat

Pernahkah Anda lihat kepompong lalat? Seperti apa bentuknya? Lalat juga termasuk contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Ia juga mengalami stadium pupa atau kepompong. Namun kepompong lalat biasanya akan diletakan pada tempat yang sangat tersembunyi oleh induknya hingga akhirnya ia menyempurnakan diri dan terlahir sebagai lalat dewasa.

Secara sederhana lamanya metamorfosis lalat berlangsung sekitar 1 bulan dengan rincian stadium telur berlangsung selama 1 hari, larva 2 hari, pupa 7 hari, dan stadium imago berlangsung 21 hari.

Demikianlah 5 contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna di alam sekitar kita. Semoga dengan penjelasan yang diberikan, Anda dapat terinspirasi dan dapat menemukan contoh-contoh metamorfosis sempurna pada hewan-hewan lainnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Penjelasannya"