eBiologi.com

Sumber Daya Alam Hayati : Pengertian dan Contohnya

Selain dapat dibedakan berdasarkan sifat keterbaruannya, sumber daya alam juga dapat dibedakan berdasarkan asalnya. Ya, berdasarkan asalnya, sumber daya alam dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Apa itu sumber daya hayati dan sumber daya alam non hayati itu? Apa saja contohnya? Simak jawabannya berikut ini?

Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Secara bahasa, hayati berarti mahluk hidup. Oleh karenanya, sumber daya alam hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup. Dalam bahasa asing, sumber daya alam hayati disebut juga dengan biotic resource atau sumber daya alam biotik. Berdasarkan sifat keterbaruannya, sumber daya alam hayati juga termasuk ke dalam jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber Daya Alam Hayati

Contoh-contoh sumber daya alam hayati selalu kita manfaatkan setiap hari. Mereka cukup banyak terdapat di sekitar lingkungan kita.

1. Sumber Daya Hewan

Contoh yang pertama misalnya sumber daya hewan. Hewan menghasilkan berbagai macam produk yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kehidupannya. Produk-produk tersebut antara lain :
  • Daging, dihasilkan ikan, mamalia, dan hewan lainnya dan digunakan sebagai sumber protein hewani bagi manusia.
  • Susu, dihasilkan oleh hewan mamalia dan digunakan sebagai minuman bergizi bagi manusia. Contoh susu yang umum dikonsumsi misalnya susu sapi, susu kambing, dan susu kuda.
  • Telur, dihasilkan hewan-hewan ovipar seperti unggas (aves), reptil, dan ikan. Telur dikonsumsi manusia sebagai sumber protein hewani. Contohnya telur ayam, telur bebek, telur burung puyuh, dan telur angsa.
  • Kulit, dihasilkan oleh semua hewan dan digunakan sebagai bahan baku sandang bagi manusia. Contohnya kulit domba yang dibuat sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan lain sebagainya.
  • Bulu, dihasilkan oleh domba dan digunakan manusia sebagai bahan baku pembuatan jaket wol yang menghangatkan saat cuaca dingin.
  • Madu, dihasilkan oleh lebah dan digunakan sebagai bahan obat herbal.
  • Kotoran, dihasilkan semua hewan dan digunakan sebagai pupuk tanaman.

2. Sumber Daya Tumbuhan

Tumbuhan juga termasuk contoh sumber daya hayati karena ia juga merupakan jenis mahluk hidup. Tumbuhan menghasilkan beragam produk yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Produk-produk tersebut antara lain:
  • Sayur, dihasilkan tanaman sayuran dan digunakan manusia sebagai bahan pangan. Contohnya sawi, kangkung, bayam, dan daun singkong.
  • Buah, dihasilkan tanaman dan digunakan sebagai bahan pangan.
  • Kayu, dihasilkan tanaman kayu dan digunakan sebagai material pembuatan rumah.
  • Umbi, sebagai sumber bahan pangan karbohidrat. Contohnya singkong, ketela, dan kentang.
  • Bunga, sebagai sarana hobi, keindahan, dan penghormatan. Contohnya bunga mawar, melati, dan tulip.
  • Biji, sebagai sumber pangan. Contohnya padi, jagung, dan gandum.

3. Mikroorganisme

Beragam mikroorganisme yang terdapat di alam bisa dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia melalui penerapan bioteknologi. Bioteknologi adalah suatu teknologi yang memanfaatkan mikroorganisme sebagai agen perubahannya. Contoh bioteknologi sendiri terjadi dalam proses pembuatan tempe, cuka, keju, yogurt, dan minuman anggur. Pembuatan semua produk tersebut, dalam prosesnya ditambahkan mikroorganisme menguntungkan seperti jamur, kapang dan bakteri.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh sumber daya alam hayati yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat dalam pembelajaran biologi Anda di sekolah! Salam.

0 Response to "Sumber Daya Alam Hayati : Pengertian dan Contohnya"