eBiologi.com

Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian dan Contohnya

Berdasarkan asalnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non-hayati. Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang apa itu sumber daya alam hayati. Maka di kesempatan artikel kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan sumber daya alam non hayati beserta contoh dan pemanfaatannya.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya alam non hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari benda-benda mati. Sumber daya alam ini juga disebut dengan istilah sumber daya alam abiotik atau abiotic resource.

Sumber Daya Alam Non Hayati

Ada banyak contoh sumber daya alam non hayati yang kita telah manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. di antaranya adalah sumber daya fosil, sumber daya mineral, sinar matahari, angin, air, dan tanah. Nah, berikut ini akan dijelaskan contoh-contoh sumber daya alam non hayati tersebut beserta pemanfaatannya.

1. Sumber Daya Fosil

Yang pertama yaitu sumber daya fosil. Sumber daya ini juga sering disebut sumber energi fosil karena dalam pemanfaatannya ia memang lebih sering digunakan sebagai bahan baku energi.

Ada 3 jenis sumber daya fosil yang menjadi contoh sumber daya alam non hayati, yaitu minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

  1. Minyak bumi adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk cair saat ditambang. Minyak bumi diolah menjadi bahan bakar seperti bensin, solar, kerosin, oli, aspal, lilin, dan avtur (bahan bakar pesawat terbang).
  2. Gas alam adalah sumber daya alam yang ditemukan dalam bentuk gas saat ditambang. Gas alam diolah menjadi 2 bentuk yaitu LPG dan LNG. Baik LPG maupun LNG keduanya digunakan sebagai bahan bakar. Ketika memasak menggunakan kompor gas, kita menggunakan LPG yang ada di dalam tabung sebagai sumber energinya.
  3. Batu bara adalah sumber daya fosil yang ditemukan dalam bentuk padat saat ditambang. Batu bara digunakan sebagai bahan baku pembuatan energi listrik di pembangkit-pembangkit listrik tenaga uap. Listrik yang kita gunakan untuk menonton TV, mencas hp, dan menyalakan lampu setiap hari sebetulnya berasal dari sumber daya ini.

2. Sumber Daya Mineral

Contoh sumber daya alam non hayati selanjutnya adalah sumber daya mineral. Ada yang tahu apa itu sumber daya mineral? Ia adalah suatu bahan yang tersusun dari struktur kimia tertentu yang terdapat di bumi biasanya diperoleh dengan cara ditambang untuk kemudian diolah sebagai bahan baku peralatan hidup manusia. Contoh sumber daya alam mineral misalnya bijih besi, bijih emas, bijih timah, bijih nikel, bijih perak, dan batuan mulia seperti permata, batu safir, dan lain sebagainya.

3. Sumber Daya Sinar Matahari

Sinar matahari juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati karena berasal bukan dari mahluk hidup. Sinar matahari dimanfaatkan sebagai sumber energi utama bagi kehidupan. Mahluk hidup autotrof seperti tumbuhan menggunakan sumber daya ini untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan sumber energi yang bisa dimanfaatkan manusia dan hewan.

4. Sumber Daya Angin

Angin juga termasuk contoh sumber daya alam non hayati. Angin dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik. Di zaman dahulu, angin juga digunakan sebagai energi penggerak kapal laut yang menggunakan layar.

5. Sumber Daya Air

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa air adalah elemen penting yang sangat dibutuhkan manusia, hewan, dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan bagi manusia.

Nah, itulah pengertian dan contoh sumber daya alam non hayati yang terdapat di lingkungan kita. masih ada banyak contoh lain dari jenis sumber daya ini. Adakah yang bisa menyebutkannya di kolom komentar?

0 Response to "Sumber Daya Alam Non Hayati : Pengertian dan Contohnya"