eBiologi.com

Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia dan mahluk hidup lainnya menggunakan berbagai macam sumber daya yang tersedia di alam. Untuk makan misalnya, kita mengkonsumsi makanan yang dihasilkan dari tumbuhan dan hewan. Untuk dapat berkendara, kita membutuhkan bensin sebagai sumber energi yang dihasilkan dari proses penambangan minyak bumi.

Baik makanan maupun bensin semuanya adalah contoh sumber daya alam yang biasa kita gunakan. Selain kedua contoh tersebut, terdapat banyak sekali jenis sumber daya alam di sekitar lingkungan kita.

Pengertian dan Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Sebelum membahas tentang jenis dan contoh-contoh sumber daya alam, terlebih dahulu mari kita bahas tentang apa yang dimaksud dengan sumber daya alam itu.

Sumber Daya Alam

Berdasarkan ilustrasi di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sumber daya alam juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang bersumber dari alam dan bisa dimanfaatkan sebagai alat pemenuhan kebutuhan hidup manusia sehingga kualitas hidup mereka lebih baik.

Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan beberapa karakteristik, di antaranya berdasarkan sifat keterbaruan, asal, dan penggunaannya.

a. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Keterbaruannya

Berdasarkan keterbaruan atau kemampuannya untuk diperbaharui, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis jenis sumber daya alam tersebut antara lain (1) Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan (2) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.


1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui? Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah setiap sumber daya alam yang tidak akan habis meski digunakan secara terus-menerus, karena jenis sumber daya alam ini bisa diperbaharui, didaur ulang, atau dibuat kembali. Dalam istilah asing, sumber daya alami ini disebut renewable resources.

Ada banyak contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Apakah Anda bisa menyebutkannya? Ya, contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui antara lain tumbuhan, hewan, air, hasil hutan, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui secara lebih mengenai contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, Anda dapat mengunjungi link ini.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah setiap sumber daya alam yang akan habis setelah digunakan secara terus-menerus, karena keberadaannya terbatas dan tidak bisa diperbaharui, didaur ulang, atau dibuat kembali. Dalam istilah asing, sumber daya alami ini disebut non-renewable resources.

Ada banyak contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di sekitar lingkungan kita, misalnya bahan tambang seperti emas, perak, besi, tembaga, nikel, serta minyak bumi seperti bensin, solar, minyak tanah, dan gas alam. Untuk mengetahui secara lebih mengenai contoh-contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, Anda dapat mengunjungi link ini.
Baca Juga : Sumber Daya Alam Terestrial

b. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya, sumber daya alam juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis jenis sumber daya alam tersebut antara lain (1) Sumber daya hayati dan (2) Sumber daya alam non hayati.

1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam hayati? Sumber daya hayati adalah setiap sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup. Dalam istilah asing, sumber daya alam hayati disebut juga biotic resource. Contoh-contoh sumber daya alam hayati cukup banyak terdapat di sekitar kita,  misalnya susu, telur, bulu, daging yang berasal dari hewan; kayu, sayuran, buah, getah, umbi-umbian yang berasal dari hewan, serta beragam mikroorganisme yang sering dimanfaatkan dalam bioteknologi. Untuk mengetahui secara lebih mengenai contoh-contoh sumber daya alam hayati, Anda dapat mengunjungi link ini.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya non-hayati adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari mahluk hidup. Dalam istilah asing, sumber daya alam non-hayati disebut juga abiotic resource. Contoh-contoh sumber daya alam non-hayati  misalnya bahan tambang, udara, sinar matahari, batu akik, minyak bumi, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui secara lebih mengenai contoh-contoh sumber daya alam hayati, Anda dapat mengunjungi link ini.

c. Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Pemanfaatannya

Berdasarkan pemanfaatannya, sumber daya alam juga dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis jenis sumber daya alam tersebut antara lain (1) Sumber daya alam penghasil bahan baku dan (2) Sumber daya alam penghasil energi.

1. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Penghasil Bahan Baku

Sumber daya alam ini adalah sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan jenis barang lain yang nilai ekonomis dan fungsinya lebih baik. Contoh-contoh sumber daya alam penghasil bahan baku,  misalnya hasil perikanan, bahan tambang, hasil pertanian, dan hasil kehutanan.

2. Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam Penghasil Energi

Sumber daya alam penghasil energi adalah sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Contoh-contoh sumber daya alam jenis ini misalnya minyak bumi, gas alam, sinar matahari, angin, ombak, air terjun, batu bara, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah uraian mengenai pengertian dan jenis jenis sumber daya alam beserta contohnya. Semoga dapat dipahami dengan mudah dan dapat membantu pembelajaran biologi kita semua. Salam!

0 Response to "Sumber Daya Alam : Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya"