eBiologi.com

Sumber Daya Alam Terestrial : Pengertian dan Contohnya

Berdasarkan letak atau lokasinya, sumber daya alam dibedakan menjadi 2, yaitu sumber daya alam terestrial dan sumber daya alam aquatik. Sumber daya alam terestrial adalah sumber daya alam yang letaknya berada di daratan, sementara sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang letaknya berada di perairan atau lautan.

Di artikel kali ini kami akan membahas salah satu dari kedua jenis sumber daya alam tersebut, yaitu sumber daya alam terestrial secara lengkap mulai dari pengertian, contoh, hingga pemanfaatannya.

Sumber Daya Alam Terestrial

Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa sumber daya alam terestrial adalah sumber daya alam yang berada di daratan. Hutan, tanah, bahan tambang, energi fosil, serta panas bumi adalah beberapa contoh dari jenis sumber daya ini.


 Sumber Daya Alam Terestrial

a. Sumber Daya Hutan

Yang pertama sumber daya hutan. Hutan adalah sebuah contoh sumber daya alam terestrial yang memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati yang tinggi. Di hutan, kita dapat menemukan flora dan fauna dari jenis yang beragam. Flora atau tumbuhan digunakan sebagai penghasil oksigen, penghasil kayu-kayu industri, tanaman obat, dan sebagai sumber makanan bagi para hewan penghuni hutan.

b. Sumber Daya Tanah

Tanah juga termasuk contoh sumber daya alam terestrial karena jelas letaknya hanya berada di daratan. Tanah digunakan sebagai media bercocok tanam para petani untuk menghasilkan bahan pangan dan kebutuhan hidup lainnya yang berasal dari tumbuhan. Tanah yang subur ditunjang dengan iklim yang baik adalah sumber daya utama bagi suatu negara untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup masyarakatnya.

c. Sumber Daya Bahan Mineral

Sumber daya mineral adalah semua sumber daya alam yang berupa senyawa atau benda mineral. Sumber daya mineral terdapat di dalam tanah dan diperoleh melalui proses penambangan. Contoh bahan mineral antara lain bijih timah, bijih besi, bijih bauksit, bijih emas, dan lain sebagainya. Bahan mineral digunakan sebagai bahan baku pembuatan material-material penting seperti logam, kabel, dan lain sebagainya.

d. Sumber Daya Energi Fosil

Sumber daya alam terestrial juga mencakup sumber energi fosil yang terdapat di dalam tanah. Sumber energi fosil terbagi atas 3 bentuk fisik, yaitu padatan berupa batu bara, cair berupa minyak bumi, dan gas berupa gas alam. Ketiga bentuk fisik energi fosil tersebut adalah bahan baku energi yang selama ini kita gunakan sehari-hari.

e. Sumber Daya Panas Bumi

Panas bumi adalah sumber energi terbarukan yang masih belum banyak dimanfaatkan di Indonesia. Padahal manfaat dari sumber daya alam terestrial ini sebetulnya sangat besar. Panas bumi bisa menjadi alternatif kelangkaan sumber energi fosil yang jumlahnya semakin menipis.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai pengertian, contoh, dan pemanfaatan sumber daya alam terestrial. Semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang materi sumber daya alam di mata pelajaran IPA di sekolah. Salam!

0 Response to " Sumber Daya Alam Terestrial : Pengertian dan Contohnya"