eBiologi.com

5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Jika di artikel sebelumnya kita membahas tentang contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, di artikel kali ini kita akan membahas kebalikannya, yaitu beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna adalah suatu proses metamorfosis yang tidak melalui fase pupa (kepompong) sehingga bentuk tubuh hewan yang mengalaminya tidak berubah secara signifikan. Hewan-hewan mengalami proses metamorfosis tidak sempurna memiliki bentuk tubuh yang nyaris sama antara fase larva atau nimfa dengan fase imago. Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna antara lain belalang, jangkrik, kecoa, dan tengeret.

Contoh Metamorfosis Tidak Sempurna

1. Metamorfosis Belalang

Contoh metamorfosis tidak sempurna yang pertama bisa kita lihat pada proses metamorfosis belalang. Metamorfosis pada belalang melalui 3 fase, yaitu fase telur, fase nimfa, dan fase imago.

Fase telur berlangsung selama 1 sd 10 bulan tergantung jenis belalang dan kondisi lingkungannya. Di daerah sub tropis yang mengenal musim dingin, telur belalang bisa menetas dalam waktu yang cukup lama. Saat telur menetas, nimfa akan keluar dan mencari makan. Di awal fase nimfa, belalang tidak memiliki sayap sehingga tidak bisa terbang. Ia akan mengalami beberapa periode instar (ganti kulit) seraya sayap-sayapnya mulai tumbuh. Periode nimfa berlangsung selama 30 sd 40 hari hingga akhirnya dia menjadi belalang dewasa yang sudah bisa terbang dan bereproduksi.


2. Metamorfosis Jangkrik

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna berikutnya adalah jangkrik. Jangkrik membutuhkan waktu hingga 83 hari untuk menyelesaikan 1 siklus metamorfosisnya. Metamorfosis jangkrik sendiri melalui 3 tahapan, yaitu tahap telur, tahap nimfa, dan tahap jangkrik dewasa. Tahap telur berlangsung dalam 3 hari hingga menetas, tahap nimfa berlangsung 40 hari, sementara tahap imago hingga jangkrik siap kawin dan bereproduksi sekitar 40 hari.

Jangkrik saat ini banyak dibudidayakan karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jangkrik banyak dicari oleh para pehobi burung untuk dijadikan makanan bagi burung-burung kesayangannya.

3. Metamorfosis Kecoa

Kecoa juga termasuk contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Kecoa hanya mengalami 3 stadium dalap proses metamorfosis yang dilaluinya. Stadium pertama diawali dengan fase telur yang dikeluarkan induk betina dan diletakan di permukaan tanah. Telur kecoa umumnya akan lengket satu sama lain dan dilindungi oleh semacam kapsul bernama ootheca. Menetasnya telur kecoa membutuhkan waktu sekitar 1 sd 2 bulan.

Setelah menetas, metamorfosis dilanjut dengan stadium nimfa. Nimfa kecoa berupa kecoa kecil yang tidak bersayap. Ia akan mengalami sekitar 4 sd 7 kali instar seraya menumbuhkan sayapnya dalam waktu 60 hari hingga akhirnya menjadi kecoa dewasa yang dapat terbang dan kawin. Imago atau kecoa dewasa akan mati dengan sendirinya pada umur 20 hari setelah bertelur sebanyak 8 sd 20 kali.

Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

4. Metamorfosis Capung

Contoh metamorfosis tidak sempurna juga berlangsung pada daur hidup capung. Capung mengalami 3 tahapan metamorfosis, tahapan telur berlangsung selama 2 sd 7 hari, dilanjutkan dengan tahapan nimfa yang berlangsung di perairan selama 4 minggu sd 4 tahun tergantung jenis capungnya, dan tahapan capung dewasa yang sudah bersayap selama 2 sd 4 bulan. Selengkapnya tentang metamorfosis capung dapat Anda pahami di artikel ini.

5. Metamorfosis Tonggeret

Tahukah Anda apa itu tonggeret? Tonggeret adalah serangga yang biasanya akan kita temui di daerah kaki gunung. Ia hidup di pepohonan dan menimbulkan suara yang khas. Dalam bahasa Inggris, tonggeret disebut Cicada.

Tonggeret juga termasuk contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Ia hanya melewati fase telur, nimfa, dan imago tanpa melalui fase pupa.

Nah, itulah 5 contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna dan penjelasannya. Adakah di antara Anda yang dapat menyebutkan hewan-hewan lain yang melakukan metamorfosis tidak sempurna? Silakan tuliskan jawaban Anda di kolom komentar!

0 Response to "5 Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna"