eBiologi.com

4 Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Beberapa hewan di alam sekitar kita mengalami sebuah proses perubahan bentuk dalam siklus hidupnya. Proses perubahan yang biasa disebut dengan istilah metamorfosis ini terjadi baik pada serangga, seperti kupu kupu, lebah, belalang, laron, nyamuk, maupun pada amfibi seperti katak.

Adapun berdasarkan prosesnya, metamorfosis dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Kedua jenis metamorfosis ini dikatakan memiliki beberapa perbedaan. Apa saja perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna? Apa contoh dari hewan yang mengalami kedua jenis metamorfosis tersebut? Untuk tahu jawabannya, silakan simak pembahasan berikut!

Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna sedikitnya terletak pada 4 hal, yaitu jumlah stadium yang dilalui, ada tidaknya fase pupa, tingkat perubahan bentuk, hingga contoh-contohnya. Nah, selengkapnya tentang hal-hal yang membedakan kedua jenis metamorfosis tersebut akan kita bahas sebagai berikut.

1. Perbedaan Jumlah Stadium

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna yang pertama terletak pada jumlah stadium yang dilalui keduanya. Stadium yang dilewati pada proses metamorfosis sempurna umumnya berjumlah 4, yaitu stadium telur, stadium larva, stadium pupa, dan stadium imago. Sedangkan stadium yang dilewati pada proses metamorfosis tidak sempurna hanya berjumlah 3, yaitu stadium telur, stadium larva atau nimfa, serta stadium imago.

Perhatikan gambar di bawah ini dan coba bedakan proses metamorfosis kupu-kupu dengan proses metamorfosis belalang.

4 Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

2. Ada Tidaknya Stadium Pupa

Perbedaan selanjutnya antara proses metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna terletak pada ada tidaknya stadium pupa. Stadium pupa atau stadium kepompong adalah stadium yang dilalui oleh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Stadium pupa menjadi masa peralihan antara stadium larva menuju stadium imago (serangga dewasa) yang menjadikan organisme berada dalam masa inaktif.

Sementara itu, hewan yang tidak mengalami stadium pupa umumnya akan termasuk hewan dengan metamorfosis tidak sempurna.


3. Tingkat Perubahan Bentuk

Hal inilah yang menjadi inti dari perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Dalam metamorfosis sempurna, suatu organisme akan memiliki bentuk yang sangat berbeda antara satu stadium dengan stadium selanjutnya. Contohnya pada nyamuk. Nyamuk memiliki bentuk stadium telur, larva, pupa, dan imago yang sangat berbeda satu sama lain.

Hal yang sama juga berlaku pada metamorfosis katak. Ya, katak memang termasuk contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Apakah katak mengalami stadium pupa? Jawabannya tidak!

Katak termasuk mengalami metamorfosis sempurna karena mereka memiliki tingkat perubahan bentuk yang sangat drastis dari setiap fase metamorfosis yang dilaluinya. Perhatikan bentuk antara telur, beludru, dan katak dewasa pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

4 Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Lain halnya dengan metamorfosis sempurna, perubahan bentuk pada tubuh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna bisa dikatakan tidak terlalu drastis dan kentara. Anda bisa memperhatikan bentuk nimfa kecoa dan membandingkannya dengan kecoa dewasa, atau antara nimfa belalang dengan belalang dewasa. Kedua stadium tersebut tidak mengalami perubahan yang signifikan.

4. Perbedaan Contoh

Untuk memahami secara lebih jelas perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, berikut ini kami akan berikan beberapa contoh hewan yang mengalami kedua jenis metamorfosis tersebut. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna di antaranya kupu kupu, nyamuk, dan capung,  sementara  contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna diantaranya belalang, kecoa, jangkrik, dan tengeret.

Nah, demikianlah uraian yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Semoga dapat membantu Anda dalam memahami secara lebih baik tentang apa itu metamorfosis sempurna dan apa itu metamorfosis tidak sempurna. Semoga bermanfaat!

0 Response to "4 Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna"